Karena Keburukan Diri Sendiri

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah dalam ketaatan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Alloh, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri..” (QS. An Nisaa [4] : 79)

Saudaraku, apa yang paling mengancam diri kita di dunia ini? Tiada lain adalah keburukan diri kita sendiri. Orang sering berpikir takut kalau-kalau orang lain menyakitinya, menghinanya, meremehkannya, mengkhianatinya. Sehingga pikirannya terus fokus pada orang lain. Padahal keburukan tidak akan datang jika kita tidak berbuat buruk.

Setiap keburukan yang kita lakukan, itu adalah ibarat ranjau. Namun, kita lupa dimana saja kita sudah memasang ranjau-ranjau tersebut. Sehingga ranjau-ranjau itu mencelakai diri kita sendiri.

Seperti saat longsor terjadi, penyebabnya adalah ulah manusia sendiri yang tamak menebangi hutan sehingga akar-akar tercerabut dari tanahnya menyebabkan tanah menjadi labil. Atau seperti banjir, adalah karena ulah manusia sendiri yang menyepelekan fungsi sungai atau selokan dan malah memenuhinya dengan sampah.

Maka, yang terpenting bagi kita dalam hidup ini adalah sibuk memperbaiki diri, menjauhkan perangai buruk, menjauhi kemaksiatan, menjauhi sikap merendahkan dan meremehkan orang lain. Sibuk membersihkan hati, meluruskan ibadah, dan memelihara akhlak mulia.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mendapatkan bimbingan petunjuk Alloh Swt. sehingga terhindar dari perilaku yang buruk yang bisa menyebabkan datangnya keburukan pada diri kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

3 thoughts on “Karena Keburukan Diri Sendiri

  1. An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a bit evaluation on this. And he in truth bought me breakfast as a result of I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the deal with! But yeah Thnkx for spending the time to debate this, I feel strongly about it and love studying extra on this topic. If attainable, as you become experience, would you thoughts updating your weblog with more details? It is extremely useful for me. Huge thumb up for this weblog put up!

  2. I’m very happy to read this. This is the kind of manual that needs to be given and not the random misinformation that is at the other blogs. Appreciate your sharing this best doc.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.