SPACE AVAILABLE

Mengumpulkan Bekal Terbaik

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Bijaksana, menggolongkan kita sebagai ahli syukur, yang senantiasa bisa menemukan hikmah dari setiap peristiwa dan mensyukurinya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan.” (QS. Al Anbiyaa [21] : 47)

Saudaraku, sesungguhnya setiap apa yang kita lakukan, pasti akan mendapatkan balasannya kelak di akhirat. Amal perbuatan kita akan dihitung, ditimbang dan diberi balasannya. Ini adalah kebenaran, dan wajib kita meyakininya.

Keyakinan pada hari perhitungan ini akan melahirkan sikap yang luar biasa dalam diri kita. Tentu tidak ada yang ingin merasakan kesengsaraan hidup di akhirat, sehingga kita akan sekuat tenaga menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan buruk dan perbuatan yang menyalahi petunjul Alloh dan tuntunan Rosululloh Saw. Kita akan berupaya sekuat tenaga untuk hanya melakukan perbuatan yang diridhoi Alloh dan sesuai petunjuk Rosululloh Saw.

Kebaikan sekecil apapun akan kembali kepada kita, dan keburukan sekecil apapun akan kembali kepada kita. Kitalah yang mengundang kebaikan bagi diri kita sendiri, dan kita pula yang mengundang petaka untuk datang kepada diri kita. Na’udzubillahi mindzalik. Jadi, kita tidak akan celaka oleh perbuatan orang lain, kita akan celaka oleh perbuatan diri kita sendiri. Sebagai contoh, seorang mujahid yang gugur di medan jihad, tidak bisa meraih syahid disebabkan niat yang salah di dalam hatinya. Oleh karena itu, yang paling berbahaya dalam hidup kita adalah kezholiman yang diri kita sendiri.

Kita senantiasa memohon kepada Alloh Swt. agar dilimpahi hidayah sehingga kita terampil mengendalikan diri untuk hanya melakukan perbuatan yang Alloh ridhoi. Karena inilah sebaik-baiknya bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak. Inilah sebaik-baiknya amal yang akan ditimbang di pengadilan Alloh Swt. Hidup di dunia ini sebentar saja, maka sungguh merugi diri kita ini jika memikul bekal-bekal yang buruk dan sia-sia, sudah berat memikulnya, ditambah nanti hanya mendatangkan kerugian bagi diri kita sendiri.

Maka, beruntunglah orang-orang yang bisa memanfaatkan hidup yang singkat di dunia ini untuk mengumpulkan bekal yang baik-baik saja. Bekal-bekal yang Alloh ridhoi saja. Karena inilah yang akan kembali kepada kita kelak di akhirat berupa keselamatan dan kebahagiaan di surga yang penuh kenikmatan. Semoga kita termasuk orang-orang yang demikian. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Baca juga : 

4 thoughts on “Mengumpulkan Bekal Terbaik

  1. A formidable share, I simply given this onto a colleague who was doing just a little analysis on this. And he in reality bought me breakfast as a result of I discovered it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! However yeah Thnkx for spending the time to debate this, I feel strongly about it and love studying extra on this topic. If possible, as you develop into expertise, would you mind updating your blog with more particulars? It’s extremely helpful for me. Large thumb up for this blog publish!

  2. There are some attention-grabbing cut-off dates in this article however I don’t know if I see all of them heart to heart. There may be some validity however I will take maintain opinion until I look into it further. Good article , thanks and we would like extra! Added to FeedBurner as well

  3. Youre so cool! I dont suppose Ive read anything like this before. So nice to find any individual with some authentic ideas on this subject. realy thank you for beginning this up. this website is something that is wanted on the internet, someone with a little originality. useful job for bringing one thing new to the internet!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Hello. Add your message here.