6 Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android yang Makin Loyo

smartphone

Merasa ada perubahan dengan kecepatan smartphone Android kamu? Jangan panik, menurunnya performa smartphone Android tidak selalu disimpulkan rusak. Android merupakan sistem operasi modern, sehingga lebih kompleks, butuh perlakuan dan perawatan ekstra. Nah, berikut ini adalah tips meningkatkan performa kecepatan smartphone Android yang lamban.

1. Pasang Aplikasi Versi Ringan (Lite)

Beberapa aplikasi versi ringan yang bisa Anda pergunakan seperti Facebook Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, Line Lite.

2. Menghentikan Proses Aplikasi di Belakang Layar

Berikut ini beberapa saran aplikasi task killer yang dapat kamu coba, Task Manager – Free, Super Task Killer – Free, Go Cleaner & Task Manager – Free, Task Manager – Free, Simple Task Killer – Free.

3. Matikan Fitur Auto-rotate

Fitur auto-rotate ini memungkinkan kita untuk mendapatkan orientasi layar sesuai dengan posisi perangkat secara otomatis. Biasanya pengguna Android selalu mengaktifkan fitur ini, tetapi dampaknya justru membuat perangkat bekerja lebih keras.

4. Kurangi Jumlah Widget di Home Screen

Anda harus tahu bahwa Widget itu bukan aplikasi vital, tapi hanya elemen tambahan pendukung aplikasi yang bisa kita hapus tanpa mempengaruhi aplikasi tersebut. Saat diaktifkan widget berjalan terus di belakang layar, sehingga mengkonsumsi banyak resource RAM. Hasilnya perangkat terasa lebih lambat. Untuk itu kurangi atau hindari menggunakan widget secara berlebihan.

5. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Live wallpaper memang cantik, tapi karena fitur ini terus bergerak sehingga membuat CPU perangkat terus bekerja tanpa henti. Selain itu live wallpaper juga boros baterai.

6. Gunakan Launcher yang Sederhana

Launcher bawaan biasanya dirancang untuk memberikan performa terbaik pada perangkat. Hanya saja beberapa orang tak menyukai desainnya yang monoton. Solusinya, pasanglah aplikasi launcher dari pihak ketiga, namun pastikan launcher tersebut memiliki kapasitas berkas yang rendah dan tidak membebani perangkat secara berlebihan.

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.