Inilah Honda Forza, Pesaing Berat Yamaha Xmax 

Skutik bongsor Honda Forza resmi diperkenalkan di Eropa. Motor ini dibekali mesin 279 cc, sekaligus menjadi lawan Yamaha Xmax 300. Layaknya rival, Forza dibekali sejumlah keistimewaan untuk meruntuhkan dominasi skutik garputala.

forza 300

Kelebihan Forza mulai dari fitur pengaturan windscreen elektrik. Cukup tekan tombol di stang kiri, maka windscreen bergerak otomatis untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengendara. “Didesain untuk melindungi dari angin dan menjadikan senyap. Stabilitas dan kenyamanan di kecepatan tinggi dapat diraih dengan menurunkan windscreen ke posisi yang lebih rendah,” seperti dikutip dari rilis resmi Honda Europe, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Inilah Detail Spesifikasi Motor Suzuki Bandit yang Akan Segera Meluncur  di Indonesia 

 

Bagasi di bawah jok, mampu memuat dua helm full face. Kompartemen luas itu juga bisa disekat. Di bagian dashboard pun tersedia dua tempat penyimpanan yang tertutup, bisa dipakai meletakkan berbagai barang bawaan: botol minum, smartphone dan lain-lain. Ada pula socket 12V untuk mengisi daya smartphone atau sumber tenaga bagi peranti navigasi.

lampu Forza

Forza sudah menerapkan sistem keyless, sehingga lebih mudah untuk mengaktifkan motor dan aman dari maling. Soal sistem pencahayaan sudah semuanya LED. Panel instrumen pun semakin canggih. Penunjuk kecepatan dan putaran mesin memang masih analog. Walau begitu, di tengah-tengah ada layar digital yang bisa memberi banyak informasi. Sebut saja odometer, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, waktu, sensor baterai dan lain-lain.

Ada pula teknologi baru Honda Selectable Torque Control (HSTC). Pertama kali diterapkan di skuter Honda. Berfungsi mendeteksi perbedaan kecepatan roda depan dan belakang, menghitung gejala slip dan mengatur torsi mesin via sistem injeksi untuk memastikan roda belakang tetap mencengkeram ke aspal. HSTC bisa dinonaktifkan melalui tombol di kiri stang.

honda forza

Mesinnya menggendong 279 cc SOHC satu silinder berpendingin cairan. Honda mengklaim jantung mekanis ini bisa memberikan rasa berkendara yang menyenangkan di putaran bawah, menengah dan tinggi, ditambah lagi dengan konsumsi bahan bakar yang irit 30,8 Kpl. Secara statistik sanggup memuntahkan torsi puncak 27,2 Nm pada 5.750 rpm dan tenaga maksimal 25,15 PS pada 7.000 rpm.

Berapa harga Honda Forza 300? Belum ada pemberitahuan resmi. Satu yang pasti, skutik ini dipasarkan di Benua Biru tidak lama lagi. Apakah Indonesia juga kebagian unit? Kalau masuk ke tanah air, mungkin kapasitas mesinnya akan direduksi menjadi 250 cc seperti Xmax. Hal ini dilakukan agar harga jualnya kompetitif, lantaran motor 250 cc ke atas pasti kena pajak barang mewah.

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.