SPACE AVAILABLE

Membandingkan Harga Suzuki Ertiga dengan Xpander, Avanza, Mobilio dan Grand Livina

all-new-ertiga-plain4

Harga, jadi faktor penentu pertama ketika masyarakat ingin membeli mobil impiannya. Maklum, banderol mobil tidaklah murah dan membutuhkan alokasi khusus dalam hitungan finansial tiap pembeli. Apalagi yang sudah berkeluarga. Harga Suzuki Ertiga generasi kedua, baru saja dirilis, hari ini (9/5).

Unik memang trik Suzuki, meluncurkan Ertiga di Indonesian International Motor Show (IIMS), April lalu, membuka pemesanan pada konsumen, namun tak merilis harganya. Biarkan jadi misteri, begitu alasannya. Namun kini setelah harga terkuak, banderolnya membuat kami ingin membandingkannya dengan para kompetitor: Toyota Avanza, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina dan Mitsubishi Xpander. Berikut ulasannya. (Kami mengeliminir Daihatsu Xenia karena membatasi perbandingan pada Low MPV 1.500 cc)

Siapa Termurah?

Siapa sangka mobil Low MPV 1.500 cc (1,5L) termurah, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Ya, tipe termurah dari kedua mobil ini memiliki harga sama, Rp 193 juta. Adalah Suzuki Ertiga GA dan Honda Mobilio S, menjadi mobil keluarga paling murah. Tentunya hanya pilihan transmisi manual yang jadi penyalurnya. Meski kapasitas mesin dari kedua mobil sebanding, namun tenaga yang diproduksi cukup berbeda. Ertiga dengan mesin baru mampu menghasilkan hanya 104 PS, sementara, Mobilio 118 PS.

Strategi Ertiga memasang harga jadi yang termurah bersama Mobilio, tentu sebuah langkah tepat. Kalimat Low MPV termurah jadi bisa diembannya, namun tanpa perlu terlihat terlalu murahan. Maklum, brand Suzuki sudah besar di tanah air. Nominal tipe termurah, biasanya membuat masyarakat mudah dirayu untuk melirik mobilnya. Walaupun pada akhirnya, yang dibeli tipe tengah atau bahkan termewah.

Sekadar informasi, Xpander termurah (tipe GLX) saat ini Rp 197,1 juta, Avanza 1,5 L termurah (G M/T) Rp 221,1 juta, sedangkan Nissan Grand Livina paling terjangkau, dibanderol Rp 220,7 juta.

Siapa Termahal?

Mobil Low MPV termahal bermesin 1,5 liter saat ini Nissan Grand Livina, Rp 272,6 juta. Tepatnya tipe HWS Autech CVT. Model kendaraan angkut keluarga termahal kedua, Mitsubishi Xpander 253,4 juta untuk tipe Ultimate.

Bagaimana dengan model lain? Suzuki Ertiga terbaru, tipe termewahnya, GX-ESP AT dikemas dalam harga Rp 238,5 juta. Honda Mobilio paling mewah yang diformat dengan aksesori sporty, tipe RS, dijual Rp 247 juta. Sementara Toyota Avanza Veloz 1.5 AT, dijual di Jakarta dengan nominal Rp 239,3 juta.

Sebagai kendaraan keluarga termahal, tentu aneka fitur tambahan sudah dimiliki Nissan Grand Livina HWS Autech CVT. Entertainment 2 DIN Touchscreen system dengan layar yang lebar, lalu layar tambahan untuk keluarga di bagian plafon.

Sumber : oto.com

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.