MotoGP 2018 : Jadwal, Pembalap, dan Regulasi Baru

motogp-rider

Musim MotoGP 2018 siap dimulai. Pada 18 Maret, bendera start berkibar dan menandakan musim ini resmi dilombakan. OTO.com merangkum berbagai hal baru yang bisa ditemukan musim ini. Bukan hanya trek anyar, namun juga ada pembalap-pembalap yang perdana berlaga hingga peraturan yang belum pernah diketuk palu sebelumnya.

Untuk diketahui, musim ini merupakan pertarungan terpanjang yang dilakoni dalam satu musimnya. Bukan cuma itu, jumlah pembalap yang berlaga pun paling banyak sepanjang sejarah.

Pembalap Baru

Ada 24 pembalap yang mengendarai motor prototipe racikan masing-masing pabrikan. Nama yang sudah kita kenal seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez tentu masih menghias lini. Namun ada lima nama baru yang mendebut di kelas para raja.

Franco Morbidelli baru saja lulus dari kelas Moto2 setelah juara musim lalu. Ia berlaga bersama tim Marc VDS Racing bersama ‘anak baru’ juga, Tom Luthi. Takaaki Nakagami juga debut musim ini, menunggangi motor tim LCR Honda. Rider baru keempat, Xavier Simeon yang menunggangi Ducati bersama Avintia Racing. Sedangkan yang paling fenomenal, pembalap Malaysia pertama di kelas MotoGP, Hafizh Syahrin yang menunggangi Yamaha bersama Tech3.

Trek Baru

Seperti sudah diketahui, ada trek baru yang siap jadi ajang balap musim ini. Adalah Buriram International Circuit, Thailand. Ladang adu kebut ini, sudah disiapkan beberapa tahun terakhir untuk menjadi wahana perlombaan MotoGP. Sirkuit itu siap menampung 300 ribu penonton di hari balapan.

Penambahan sirkuit, membuat total perlombaan menjadi 19 balapan. Jumlah terbanyak dalam satu musim yang pernah digelar oleh FIM Road Racing World Championship. Konon penambahan trek baru, membuat beberapa seri dipangkas lap-nya. Sesi balap pembuka tetap dilangsungkan di Qatar dan pamungkas dihelat seperti biasa, Valencia.

Regulasi Baru

Untuk pertama kalinya juga di musim 2018, nada gelar berupa trophy bagi tim Satelit. Gelar pertama, Best Private Rider lalu Best Private Team. Hal ini membuat total trophy yang diperebutkan tiap musim ada lima setelah Best Rider MotoGP, Best Team and Constructor serta Rookie of The Year. Bukan cuma itu, FIM juga mengakomodir lebih banyak peliputan pada tim disertai aplikasi sponsor untuk memperkuat finansial tim sekunder.

Tujuh balap di musim 2018, diperpendek jumlah lapnya. Menurut penyelenggara, hal ini diputuskan untuk menyeragamkan durasi balap di semua sirkuit. Laga balap yang dipangkas lapnya antara lain: Austin, Le Mans, Barcelona, Brno dan Misano (masing-masings satu lap) lalu Valencia (tiga lap).

Airbag, peranti yang bisa meningkatkan perlindungan bagi rider saat kecelakaan, sebelumnya opsional bagi mereka. Namun di musim 2018 secara resmi FIM mewajibkan perangkat ini untuk digunakan. Perlindungan yang dimaksud, airbag dalam racing suit (kostum balap).

Daftar Tim dan Pembalap MotoGP 2018

Alma Pramac Racing

Danillo Petruci

Jack Miller

Angel Nieto Team

Karel Abraham

Alvaro Bautista

Aprilia Racing Team Gresini

Aleix Espargaro

Scott Redding

Ducati Team

Andrea Dovizioso

Jorge Lorenzo

EG 0,0 Marc VDS

Thomas Luthi

Franco Morbidelli

LCR Honda

Takaaki Nakagami

Cal Crutchlow

Monster Yamaha Tech3

Johann Zarco

Hafizh Syahrin

Movistar Yamaha MotoGP

Maverick Viñales

Valentino Rossi

Reale Avintia Racing

Xavier Simeon

Tito Rabat

Red Bull KTM Factory Racing

Bradley Smith

Pol Espargaro

Repsol Honda Team

Dani Pedrosa

Marc Marquez

Team Suzuki Ecstar

Andrea Iannone

Alex Rins

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Viva Cosmetic
Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.