alnita-006

Suzuki GSX R150 : Review, Harga dan Video

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=WgO-ThDmRxw

Spesifikasi GSX R150

  • Kapasitas 147.3 cc
  • Tenaga Maksimal 18.9
  • Opsi start Electric
  • Panel Instrumen Digital
  • Indikator Bbm Digital
  • Jenis Transmisi Manual

suzuki-gsx-r150-color-219176

Kelebihan GSX R150

  • Performa mesinnya luar biasa Fitur Easy Start System sebagai pembeda
  • Nyaman untuk ditunggangi
  • Easy start system belum dimiliki kompetitor
  • Performa mesin dan raungan knalpotnya mantap

Kekurangan GSX R150

  • Estetika desain masih diperdebatkan Belum dilengkapi sistem keselamatan ABS
  • Desain kurang agresif
  • Sistem pencahayaan belum sepenuhnya LED
  • Belum memiliki mode berkendara

Harga GSX R150

  • Varian SHUTTERED KEY SYSTEM , Rp28,9 Juta 147.3 cc, 18.9 , Electric, Bensin
  • Varian STANDARD , Rp29,9 Juta , 147.3 cc, 18.9 , Electric, Bensin

Warna GSX R150

GSX R150 tersedia dalam 5 warna yang berbeda – Solid Black, Titan Black, Brilliant White, Metallic Triton Blue and Stronger Red

Overview

Di ajang GIIAS 2017, Suzuki memamerkan versi balap dari GSX-R150. Versi khusus lintasan tertutup ini tak menggunakan spion, lampu depan dan dengan knalpot khusus balap. Motor GSX-R150 hadir setelah lama Suzuki absen di kelas motor sport 150 cc. Motor ini bersaing dengan kompetitor lain seperti Yamaha R15 dan Honda CBR150R.

Suzuki GSX-R150 diperkenalkan pertama kalinya ke mata dunia yaitu pada ajang IIMS 2016, yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Kuda besi ini diklaim banyak mengadaptasi teknologi dari Suzuki GSX-RR (Motor balap Team Suzuki Ecstar yang berlaga di MotoGP).

suzuki-gsx-r150-slant-rear-view-full-image-237519

Huruf R pada namanya, ikut mempertegas DNA balapnya.Pasalnya menurut Suzuki, huruf R merupakan singkatan dari Racing (balapan). Maka wajar saja di balapan Suzuki Asian Challange 2017, motor berkapasitas mesin 147,3 cc ini langsung menggantikan keberadaan Suzuki Satria F150.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua, Suzuki GSX-RR merupakan pencapaian tertinggi atas pengembangan teknologi dan engineering Suzuki GSX untuk menjuarai ajang balap paling bergengsi, yaitu MotoGP.

Suzuki mengadaptasi teknologi yang terdapat pada GSX-RR dan kemudian mengaplikasikan kepada model produk lain yang dikembangkan pada saat ini, yaitu GSX-R 150,” ujar Group Manager Asean Marketing Group Motorcycle Suzuki Motorcycle Corporation, Kazumasa Watanabe saat peluncuran motor tersebut.

Dari sisi desain, motor produksi Indonesia ini memang menimbulkan pro dan kontra.Banyak yang menyebutnya berpenampilan layaknya motor dari masa lalu. Biarpun begitu, tidak sedikit pula yang memujinya. Di dalamnya tersemat beberapa fitur modern seperti lampu depan LED, instrument cluster LCD, dan Easy Start System.

 

Fitur terakhir tersebut, diklaim menjadi salah satu terobosan baru dalam hal teknologi sepeda motor di Indonesia. Easy Start System memungkinkan pengendara menghidupkan mesin, tanpa mengeluarkan kunci motor dari kantong celananya. Teknologi ini juga akhirnya diganjar sebagai salah satu inovasi penting di bidang otomtoif roda dua.

Mesinnya menggunakan basis dari Suzuki Satria F150. Hanya saja di modifikasi dan disesuaikan lagi sampai menghasilkan performa yang lebih hebat dari sebelumnya. Mesin satu silinder itu sanggup memuntahkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm, dan tenaga maksimal 18,9hp pada 10.500 rpm. Kemampuan ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.Suzuki kemudia nmengawinkan mesin unggul tersebut dengan transmisi 6-percepatan.

Harga Suzuki GSX-R150 kembali normal setelah promonya berakhir pada akhir September 2017. Dari yang tadinya Rp 27,9 juta (OTR Jakarta) menjadi Rp 29,9 juta (OTR Jakarta).

suzuki-gsx-r150-exhaust-view-349408

Dalam rangka mendongkrak penjualan motor berbobot 131 kg ini, Suzuki menggandeng beberapa brand ambassador. Diantaranya adalah Hamish Daud (aktor) dan Andindya Putri (Putri Indonesia 2015). Suzuki juga melakukan acara peluncuran motor di lima kota besar seperti Surabaya, Semarang, Bandung, Makassar, dan Bekasi. Hal ini dilakukan agar Suzuki GSX-R150 semakin dekat dengan masyarakat.

Suzuki pun mengklaim sedang menambah layanan purnajualnya.Sebanyak 200 bengkel mitra baru dihadirkan untuk menjamin ketersediaan sparepart dan pelayanan servis motor barunya. Jangkauan daerahnya mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, sampai dengan Papua.

Dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Suzuki GSX-R150. Motor ini juga siap dipasarkan keberbagai negara. Terutama untuk memenuhi kebutuhan motor sport 150 cc di negara-negara tetangga yang tergabung dalam The Association of South East Asian Nation (ASEAN).

suzuki-gsx-r150-front-brake-543799

Fitur Unggulan

Suzuki GSX-R150 dibekali oleh tiga fitur unggulan, yaitu lampu depan LED, instrument cluster LCD, dan Easy Start System. Fitur lampu depan LED sebenarnya sudah menjadi langkah baik, namun mengapa hanya lampu depan saja? Lampu sein dan lampu rem belakang belum ikut dilengkapi dengan LED. Kemudian fitur instrument cluster LCD, yang kehadirannya memang membuat motor ini tampak semakin modern.

Terakhir adalah fitur easy start system. Fitur ini bisa dikatakan menjadi yang paling diandalkan oleh Suzuki. Meski kehadirannya tidak mempengaruhi rasa berkendara sama sekali, namun setidaknya kompetitor belum punya. Memungkinkan pengendara tidak perlu mengeluarkan kunci dari kantong celana, untuk mengaktifkan mesin.

Caranya cukup tunggangi motor. Lalu tekan tuas yang berada di ujung bodi motor, sampai lampu indikator menyala. Kemudian putar tuas ke kanan sampai posisi on. Terakhir, tekan tombol starter yang ada di setang motor. Anda akan disambut langsung oleh raungan mesin dan knalpotnya.

Desain

Selain perdebatan terkait estetika, Suzuki GSX-R150 pada dasarnya merupakan motor yang nyaman. Desainnya dibuat untuk mengikuti posisi badan pengendara.Kami sudah mencobanya sendiri ketika melakukan test ride di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Selayaknya sebuah motor sport, posisi badan tentunya harus membungkuk untuk mengendarainya.

Bentuk tangkinya yang menyempit di pangkal paha, membuat kaki pengendara mampu mengapit motor dengan mudah. Kemudian posisi pijakan kaki yang agak kebelakang, membuat sensasi balapnya semakin terasa.Terakhir bobotnya pun terasa sangat ringan saat dipakai berkendara. Menurut data resminya, kuda besi ini memiliki berat 131 kg yang memang lebih ringan dari kompetitornya.

Menggunakan ban depan berukuran 90/80-17 tubeless, dan ban belakang berukuran 130/70-17 tubeless. Efeknya ban depan yang lebih tipis mampu menghadirkan manuver yang lebih baik. Terutama ketika digunakan dengan kondisi jalan macet, layaknya keseharian di perkotaan.

Agar Suzuki GSX-R150 lebihbergaya, tersedia pula pilihan aksesori yang bisa dipasangkan.Totalnya terdapat 10 aksesori original. Dijual di berbagai diler Suzuki di Indonesia. Aksesori penunjang penampilan itu mulai dari seat tail, tank dan fuelid pad, rim decal, body sticker, turn signal, cover protector radiator, windshield sticker, alarm system danusb charger, serta winglet.

Panjang: 2.020 mm Lebar: 700 mm Tinggi: 1.075 mm JarakSumbuRoda: 1.300 mm TinggiJok: 785 mm Berat: 131 kg

Mesin & Konsumsi BBM

Performa Mesin Sangat menyenangkan, itulah rasa yang kami peroleh ketika berkendara dengan Suzuki GSX-R150. Motor ini begitu ringan, dan mudah dikendalikan. Performa mesinnya mantap. Mampu memuntahkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 18,9hp pada 10.500 rpm. Lontaran tenaganya sanggup mengejutkan kami, terutama di putaran menengah sampai atas. Jika tidak percaya, putar sendiri pedal gas motor bermesin 147,3 cc DOHC 4-valve dengan pendingin cairan ini. Lakukan sesi test ride bersamanya, rasakan sendiri sensasinya.

Meski mengadopsi mesin Suzuki Satria F150, namun terdapat banyak perbedaan detail yang membuat rasa berkendara dengan Suzuki GSX-R150 lebih menyenangkan. Perbedaannya adalah karena rasio gigit ransmisinya beda, dimodifikasi agar mampu memberi rasa berkendara yang lebih sporty. Kemudian lubang injektor untuk Suzuki GSX-R150 lebih banyak, mencapai sepuluh lubang. Sementara Satria F150 hanya delapan lubang. Terakhir penyesuaian juga dilakukan lewat mapping engine control module (ECM).

Sumber : oto.com, youtube.com

Artikel Pilihan :

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.