Tahaffudzul Qur’an Semarang, Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia untuk Anak-anak  

santri-mengaji5

Santri sedang membaca Al Qur’an, ilustrasi 

Kalau ada yang bertanya apakah ada pondok pesantren tahfidz Qur’an untuk anak-anak? Jawabannya adalah ADA yaitu di pondok pesantren Tahaffudzul qur’an yang letaknya di kampung Suromenggalan Jalan Pemuda Semarang. Pondok pesantren ini amat special karena memang khusus untuk membina anak-anak usia sekolah dasar 6-14 tahun yang memang punya semangat yang besar untuk menghafal al qur’an atau menjadi al Hafiz. Di sini karna pondok pensantren yang khusus menangani anak-anak sehingga dalam pengembangan fasilitasnya pun berbeda dengan pondok pesantren di kauman yang santrinya adalah santri dewasa. Yaitu kekhasannya adalah adanya jembatan yang menghubungkan dua area asrama yang memang letaknya berseberangan dengan dipisahkan jalan kampung Suromenggalan.

Jalan ini menghubungkan asrama satri yang keduanya bertingkat sehingga memudahkan para ustad atau para santri sehingga bisa berpindah dari satu asrama ke asrama berikutnya untuk menerima sorogan atau setoran dari para santri. Nah, kapan sebenarnya waktu belajar para santri anak ini? Jawabanya adalah bakda ashar, bakda maghrib dan bakda shubuh. Mengapa? Karena waktu pagi hingga siang para santri ini tetap menempuh pendidikan sekolah dasar umum. Beberapa santri misalnya bersekolah di SD Badan wakaf yang memang letaknya satu kampung dengan lokasi pesantren Tahaffuzul Qur’an. Beberapa santri yang lain memilih untuk bersekolah di SD Bangunharjo dan beberapa SD negeri lainnya.

Persyaratan untuk menjadi santri dalam pondok pesantren Tahaffudzul Qur’an sangat mudah yaitu hanya perlu mengisi formulir dan identitas. Kalau ditanya biayanya? Maka jawabannya adalah GRATIS alias sama sekali tidak dipungut biaya. Hal ini karena Gus Reza selaku pengurus Pembina dari pondok pesantren ini yang masih keturunan langsung (generasi ketiga dari pendiri pondok pesantren yaitu KH Abdullah Umar). Beliau berkeyakinan bahwa jalan membina para hafiz tentunya akan diberikan kemudahan oleh Allah dan tentunya akan banyak orang yang peduli karena sudah menjadi janji Allah bahwa yang mengutamakan agama-Ku maka akan dicukupkan segala kebutuhannya untuk itu beliau berani menggratiskan seluruh fasilitas yang diperoleh santri ini.

Nah, kalau ditanya fasilitasnya apa saja? Maka jawabannya adalah makan gratis, asrama pondok dan seragam. Karena santrinya adalah siswa sekolah dasar maka pola pembelajarannya serius tapi juga tentu canda agar anak-anak ini tidak bosan dan juga ada libur sekolah yang biasanya menjadi libur para santri ini. Biasanya para santri yang berasal dari luar kota semarang menggunakan kesempatan ini untuk kembali pulang berkumpul bersama orang tuanya sebelum kemudian melanjutkan proses penghafalan kembali di pondok pesantren tahaffudzul qur’an. Sistem pembelajaran al Qur’annya sama seperti pondok pesantren lainnya di kauman yaitu dengan sistem sorogan atau setoran.

Nah, siapa saja yang menjadi Pembina dari pondok pesantren ini antara lain ada Gus Hakim, ust. Amin, ust. Hilmin dan Pak Asro’i. fasilitas dua asrama yang keduanya merupakan bangunan bertingkat terdapat 11 kamar dan juga ada 5 kamar mandi dan masing-masing kamar santri juga dilengkapi dengan lemari santri, jadi barang-barang santri bisa rapi tersimpan dengan aman. Jangan khawatir soal makanan sebab di sini disediakan makanan 3 kali sehari oleh pihak pondok kembali lagi di sini GRATIS dan bebas biaya masuk tahun ajaran baru ini. Jumlah santri yang dikelola saat ini ada 20 santri anak-anak yang keseluruhannya di bawah kepengurusan pondok pesantren Tahaffuzul Qur’an dengan sekretariat di daerah Kendal, Semarang.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan datang di kampung Suromenggalan atau bisa melalui akses belakang masjid agung semarang. Lebih dekatnya sih dengan SD Badan Wakaf Sultan Agung 1-3 jadi jangan khawatir jika Anda memiliki anak yang niat besar untuk menjadi penghafal al qur’an tetapi juga bisa bersekolah umum maka Tahaffazul qur’an lah tempatnya. #masjidagungsemarang

Artikel ini bermanfaat? Ayo bagikan sebagai sedekah… 

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.