40 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia

pantai-iboih-2

Bicara tentang keindahan Indonesia, asyiknya dimulai dari Sabang. Lokasinya di Pulau Weh, Provinsi Aceh, di ujung utara Sumatera. Berbagai destinasi menarik, terutama wisata bahari bisa ditemukan sekitar sini.

Mulai dari Pantai Iboih yang populer di kalangan turis lokal hingga mancanegara, Pulau Rubiah, Pantai Sumur Tiga, dan lain sebagainya. Selain pantai ada pula Air Terjun Pria Laot, pemandian air panas, serta Danau Aneuk Laot. Komplit!

Sebelum pulang, jangan lupa mampir dulu ke Tugu 0 Km yang menjadi titik paling barat di Indonesia. Selain bisa berfoto, traveler dapat membawa pulang Sertifikat 0 Km Indonesia, yang menjadi bukti bahwa pernah berkunjung ke sisi paling barat Indonesia. Selengkapnya…

musium-tsunami

Banda Aceh yang merupakan ibu kota Provinsi Aceh ini menyimpan potensi pariwisata yang besar. Dimulai dari wisata religi, ada Masjid Baiturrahman yang tak hanya megah tapi juga menyimpan sebuah kisah ajaib. Kala tsunami menerjang Aceh 2004 silam, masjid ini masih berdiri tegak dan menjadi tempat berlindung warga.

Selain masjid, ada lagi objek wisata untuk mengenang tragedi tsunami di Banda Aceh yaitu Museum Tsunami. Museum dirancang oleh Ridwan Kamil, sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami, sekaligus sebagai pusat pendidikan.

Kemudian masih banyak lagi objek wisata menarik yang sayang dilewatkan. Misalnya PLTD Apung yang merupakan kapal generator listrik milik PLN di Banda Aceh, makam Sultan Iskandar Muda, serta aneka pantai cantik seperti Ulee Lheue. Selengkapnya…

3. Toba

lake-toba-delights-1000x592

Pesona Toba telah mendunia. Inilah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, yang terletak di Sumatera Utara. Luasnya mencapai 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer Wah!

Sejarah menuliskan, Danau Toba terlahir dari kedahsyatan letusan Gunung Toba yang telah meluluhlantakkan dunia puluhan ribu tahun silam. Danau ini masih eksis hingga sekarang, dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Saat berkunjung ke sana, traveler bisa bersantai sambil menikmati keindahannya dari berbagai sisi. Kalau mau berlayar di danau sekaligus mampir ke Pulau Samosir pun bisa, tersedia perahu yang akan mengantar wisatawan.

Toba jadi prioritas pembangunan pariwisata oleh pemerintah. Jadi traveler makin dimudahkan seperti adanya Bandara Silangit yang sangat memangkas waktu perjalanan.

4. Nias

pantai-sorake

Nias bagaikan sekeping surga di Indonesia. Pulau yang masuk di wilayah Sumatera Utara ini menyimpan potensi pariwisata alam menakjubkan. Mulai dari wisata alam, sejarah hingga budaya.

Untuk wisata alam, banyak pantai keren seperti Pantai Sorake, Pantai Lagundri, Pantai Pasir Berbisik, Pantai Toyolawa dan masih banyak lagi. Tak hanya pemandangannya indah, ombaknya pun menantang buat surfing.

Untuk budaya, ada tradisi lompat batu di Desa Bawomataluo, Nias Selatan. Museum Pusaka Nias juga bakalan menarik perhatian traveler dengan kurang lebih enam ribu koleksi benda bersejarah. Di sana turis bisa mengenal sejarah kehidupan Nias dari waktu ke waktu.

5. Painan

bukit-langkisau

Ingin liburan yang damai dengan pemandangan alam indah yang tersaji, asyiknya pergi ke Painan. Kota ini berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Di Painan dan sekitarnya, beragam objek wisata menarik telah menanti.

Bukit Langkisau misalnya, dari puncaknya terlihat pemandangan pesisir Painan yang memesona. Kemudian ada jembatan akar yang umurnya mencapai 100 tahun. Jembatan unik tersebut terbuat dari akar dua pohon beringin yang saling berhadapan dan terpisah oleh Sungai Bayang.

Satu lagi yang tak kalah keren, ada Mandeh yang dijuluki Raja Ampat dari Sumatera Barat. Mandeh merupakan teluk yang dikelilingi oleh pulau karang yang hijau serta pantai seperti di Raja Ampat. Lautnya pun memiliki visibilitas yang cukup baik bagi traveler yang mau snorkeling maupun diving.

6. Mentawai

mentawai

Terletak di bagian barat Indonesia, Kepulauan Mentawai menjadi salah satu destinasi utama bagi para turis di seluruh dunia yang berkunjung ke Sumatera Barat. Ini karena Mentawai memiliki keindahan alam laut yang mempesona.

Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung adalah untuk berselancar. Para peselancar dunia menganggap ombak di Mentawai sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Kepulauan Mentawai memiliki empat pulau besar, yakni Pulau Siberut (terbesar), Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan serta beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya.

7. Anambas

anambas

Apabila Indonesia Timur memiliki Raja Ampat, di bagian barat Indonesia juga terdapat Kepualuan Anambas yang tidak kalah cantik. Bahkan, CNN Travel pun menobatkan Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia mengalahkan beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Terletak di Laut China Selatan, antara Kalimantan, Malaysia Timur dan Barat, Kepulauan Anambas termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau. Tidak heran jika Anambas menjadi destinasi favorit pecinta aktivitas bawah laut seperti snorkeling, diving dan scuba diving.

Kepulauan Anambas hanya mempunyai bandara kecil dan dapat ditempuh oleh pesawat-pesawat kecil dari Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Bandara Hang Nadim (Batam), dan Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru). Sarana transportasi di sekitar Kepulauan Anambas dapat menggunakan speed boat.

8. Belitung

belitung2

Belitung banyak memiliki keindahan alam yang sudah bukan menjadi rahasia lagi. Salah satu faktornya adalah film Laskar Pelangi yang populer dan banyak menampilkan latar spot-spot wisata Belitung.

Banyaknya pulau di sekitar Belitung membuatnya menjadi pilihan tujuan wisata air. Banyak pantai-pantai indah dimana traveler bisa island hoppig atau melakukan kegiatan olahraga air seperti snorkeling, memancing hingga berlayar.

Yang paling asyik dilakukan saat ke Belitung adalah berwisata ala film Laskar Pelangi. Traveler bisa mengunjungi beberapa tempat seperti ke Kota Tanjung Pandan, Pantai Tanjung Tinggi hingga Replika SD Gantong. Seru!

9. Bengkulu

bengkulu

Provinsi yang terkenal dengan Bunga Raflesia ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya pantai, di Bengkulu traveler juga bisa berwisata sejarah.

Jika ingin pergi mengunjungi pantai, kunjungilah Pantai Panjang yang mirip dengan Gold Coast di Australia. Jika ingin wisata sejarah, bisa berkunjung ke Benteng Marlborough atau Rumah Pengasingan Bung Karno.

Traveler juga dapat menikmati berbagai kuliner seafood seperti Ikan Bakar dengan bumbu yang khas. Ada juga Lontong Tunjang yang tidak kalah nikmat.

10. Pahawang

pahawang

Mulai beberapa tahun yang lalu, Pahawang mulai populer menjadi destinasi wisata di Selatan Sumatera. Letaknya berada di Provinsi Lampung dengan luas 1.804 hektar.

Pulau Pahawang terbagi dua, yaitu Pulau Pahawang besar dan Pahawang Kecil. Air yang jernih dan pasir putih bersih bisa ditemukan disini. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti diving, snorkeling, watersport hingga berkunjung di pulau-pulau sekitarnya.

Ke Pulau Pahawang, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasir Timbul. Yaitu hamparan pasir putih yang menghubungkan antara Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar. Cantik!

11. Kepulauan Seribu

kepulauan-seribu

Terletak di Utara Jakarta, ada Kepulauan Seribu yang tentunya sudah tidak asing di telinga traveler ibukota. Karena jaraknya yang dekat dari pusat Jakarta, menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi favorit traveler pecinta pantai.

Traver pun bisa mampir ke Pulau Kelor atau Onrust untuk wisata sejarah. Jika ingin seru-seruan, ada Pulau Tidung hingga Pari dan lainnya yang bisa dikunjungi. Apabila ingin bulan madu atau berduaan dengan pasangan, ada Pulau Macan dan Pulau Pantara.

Pemerintah sendiri telah menetapkan Kepulauan Seribu sebagai satu dari 10 destinasi prioritas yang akan dikembangkan. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, traveler cukup naik perahu motor dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Karang sekitar dua jam.

12. Tanjung Lesung

tanjung-lesung

Tidak jauh berbeda dengan Kepulauan Seribu, kawasan Tanjung Lesung di Banteng juga dijadikan oleh pemerintah sebagai satu dari 10 destinasi prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Traveler bisa mampir ke Tanjung Lesung Beach Resort. Siapa pun boleh berkunjung dan menikmati keindahan pantai di dalamnya. Namun, sebelumnya perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 25 ribu untuk weekdays, dan Rp 40 ribu untuk weekend atau hari libur, dan gratis bagi pengunjung resort dan balita.

Untuk mencapainya, Anda perlu terlebih dulu sampai di Serang. Dari Serang Anda bisa memilih mau lewat Anyer atau Pandeglang, sebelum akhirnya tiba di Labuan. Dari Labuan masih melewati Pasar Panimbang, dan tiba lah Anda di Tanjung Lesung. Butuh waktu sekitar sekitar 4-5 jam perjalanan darat dari Jakarta.

13. Cirebon

cirebon_komplek_keraton_kanoman

Dikenal sebagai Kota Udang, Cirebon punya banyak destinasi menarik yang bisa traveler kunjungi. Mulai dari destinasi wisata sejarah, religi sampai kuliner, semua ada di Cirebon.

Bagi traveler pecinta sejarah, bisa mampir ke Keraton Kanoman atau Gua Sunyaragi. Jika ingin wisata religi, bisa singgah ke Makam Sunan Gunung Jati. Sedangkan untuk kuliner, tentunya wajib coba nasi jamblang atau empal gentong.

Cirebon pun berjarak cukup dekat dari ibukota Jakarta. Yaitu sekitar 3 jam perjalanan dengan kereta atau mobil pribadi lewat jalan tol.

14. Karimunjawa

karimunjawa2

Untuk urusan pulau dan laut indah, nama Kepulauan Karimunjawa di Jepara tentu tidak kalah dengan di daerah Timur Indonesia. Traveler pun bisa island hopping sambil snorkeling atau diving.

Untuk kamu yang mau island hopping, ada Pulau Menjangan Kecil dan Besar yang bisa jadi rekomendasi. Jika ingin mencari spot foto, bisa mampir ke Pantai Tanjung Gelam yang punya ikon pohon kelapa miring.

Kepulauan Karimunjawa pun bisa diakses dengan menaiki ferry dari Jepara dengan waktu sekitar enam jam. Jika ingin lebih cepat, bisa nak speedboat dari Semarang dengan waktu tempuh 2,5 jam saja.

15. Bromo

Bromo Volcano Sunset Landscape Indonesia Hd Background Nature Wallpapers

Rasanya tidak lengkap menyebut destinasi terbaik 2016 tanpa menyertakan nama Bromo. Masuk ke dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tak sedikit wisatawan nusantara hingga asing yang berkunjung untuk mengagumi keindahannya.

Melihat dahsyatnya sunrise dengan latar Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Pananjakan, sampi foto seru di Bukit Teletubbies dan padang gurun Bromo. Bagi yang gemar petualangan, bisa seru-seruan bareng naik jeep.

Sejumlah event seru pun rutin diadakan di Bromo. Contohnya seperti perayaan budaya Yadnya Kasada hingga perhelatan Jazz Gunung, sejumlah event yang tidak boleh dilewatkan.

16. Magelang

magelang2

Magelang, salah satu kota di Jawa Tengah ini memiliki Candi Borobudur. Candi Buddha paling terkenal dan terbesar sedunia, sekaligus masuk dalam daftar 10 Destinasi Prioritas pemerintah. Artinya, Candi Borobudur akan dikelola lebih maksimal demi memanjakan wisatawan.

Selain itu, Magelang memiliki banyak destinasi wisata lain yang mungkin belum banyak diketahui wisatawan. Ada Gereja Ayam dengan arsitektur yang unik, Hutan Pinus Kragilan yang Instagramable, Gunung Andong dan Punthuk Setumbu.

17. Kulonprogo

kalibiru

Kulonprogo adalah salah satu kabupaten di DI Yogyakarta. Bagi kamu yang mau liburan ke Yogyakarta, cukup sekitar 1 jam naik kendaraan menuju ke Kulonprogo. Jangan pandang sebelah mata, Kulonprogo punya deretan tempat wisata ciamik.

Datanglah ke Kalibiru untuk memandangi lanskap cantik dari ketinggian 450 mdpl serta bermain flying fox. Dakilah Puncak Suroloyo, untuk memotret panorama lautan awan. Soal kuliner, cicipi Kopi Sulingan yang nikmat dan mampir ke Kalibawang untuk mencicipi durian yang menggoyang lidah.

18. Jember

jember

Salah satu kabupaten di Jawa Timur, Jember tak bisa dipandang sebelah mata pariwisatanya. Jember terkenal dengan Pantai Papuma, yang memiliki hamparan pasir putih dan bebatuan karang. Di pantai ini traveler pun dapat menyaksikan sunrise dan sunset.

Selain itu, masih ada Pantai Watu Ulo dan Payangan yang asyik untuk surfing dan bersantai. Satu tempat paling asyik untuk foto-foto di Jember adalah di Kursi Raksasa Cafe Gumitir. Seperti namanya, inilah kursi raksasa yang unik setinggi 4 meter!

19. Banyuwangi

banyuwangi

Sunrise Of Java, begitu julukan untuk Banyuwangi yang berada di paling ujung Jawa Timur dan berhadap-hadapan Bali. Bicara destinasi wisata, Banyuwangi boleh berbusung dada. Sebab memiliki fenomena api biru di Kawah Ijen, yang mana cuma terdapat dua di dunia, satu lagi di Islandia.

Banyuwangi punya dua taman nasional yakni Taman Nasional Alas Purwo dan Meru Betiri. Di Alas Purwo silakan kunjungi Pantai G-Land yang terkenal sebagai tempat surfing profesional dan Sadengan yang disebut Afrikanya Pulau Jawa. Di Meru Betiri, beranjaklah ke Teluk Hijau yang pantainya sungguh cantik dan perairannya biru jernih. Masih soal pantai, jangan lupa datangi Pantai Pulau Merah. Banyuwangi juga punya banyak event pariwisata tiap tahun lho!

20. Singkawang

singkawang

Singkawang di Kalimantan Barat punya atraksi yang bikin bulu kuduk bergidik. Adalah atraksi Pawai Tatung, yang berlangsung 15 hari setelah Imlek alias penutupan dari rangkaian acara Tahun Baru Imlek. Tempat pawainya berada di Pasar Tengah.

Saat pawai Tatung, para pesertanaya akan membawa berbagai senjata tajam, dari pisau, golok, pedang sampai gir motor. Sejurus kemudian, mereka akan menusuk atau menebas benda-benda tajam itu ke diri mereka sendiri. Dengan kekuatan sakti mandraguna, mereka tidak akan merasakan sakit. Tatung sendiri bertujuan untuk mengusir kemalangan.

21. Tanjung Puting

tanjung-puting

Tanjung Puting di Kalimantan Tengah adalah salah satu destinasi terbaik 2016. Wisatawan bisa puas melihat orangutan yang hidup bebas dan bertingkah lucu.

Tanjung Puting luasnya mencapai 415.040 hektar. Di area yang luas itu ada Camp Leakey, kawasan konservasi orangutan yang biasanya menjadi tujuan utama para traveler.

Selain Camp Laeakey, ada pula Camp Tanjung Harapan dan Camp Pondok Tangguy. Di sana, traveler dapat melihat dari dekat kehidupan sehari-hari orangutan dari yang kecil hingga yang dewasa. Informasi lengkap mengenai orangutan juga bisa didapatkan selama liburan di sana.

22. Derawan

derawan-island

Derawan berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Cara ke sana bisa melalui Tanjung Batu di Berau atau Tarakan di Kalimantan Utara, yang sama-sama naik boat.

Kepulauan ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Ada empat pulau yang biasanya menjadi unggulan wisata di sini, yaitu Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki serta Derawan.

Dari keempat pulau tersebut hanya Pulau Maratua dan Pulau Derawan yang berpenghuni. Di Pulau Kakaban terdapat danau yang dihuni oleh ubur-ubur tidak menyengat. Sedangkan di Pulau Sangalaki terdapat penangkaran penyu. Derawan memang destinasi yang juara.

23. Mandalika

mandalika

Lombok dianugerahi deretan pantai cantik yang istimewa. Salah satunya kawasan Mandalika di bagian selatan Lombok.

Kawasan ini terdiri dari beberapa pantai yaitu Gerupuk, Pantai Tanjung Aan, Pantai Serenting, Pantai Seger dan Pantai Kuta. Deretan pantai ini adalah kawasan yang sedang gencar dipromosikan untuk kawasan khusus pariwisata Indonesia.

Bukan hanya pemandangannya yang cantik, tapi juga cerita Putri Mandalika yang melegenda. Putri Mandalika terkenal sangat cantik dan bijaksana, namun dia mengorbankan diri supaya tidak ada pertumpahan darah di negerinya. Setiap tahun ada Festival Bau Nyale di Pantai Seger, untuk berburu cacing yang dipercaya penjelmaan Putri Mandalika.

24. Kepulauan Talaud

kepulauan-talaud

Kepulauan Talaud berada di Sulawesi utara. Talaud memiliki Pulau Intata yang berada di garis utara terdepan Indonesia. Pulau ini tak berpenghuni lho!

Di Pulau ini ada sebuah festival unik yang jadi salah satu daya tarik Intata, Festival Mane’e. Acara festivalnya unik, karena masyarakat sekitar pulau akan berkumpul di sini untuk menangkap ikan dengan menggunakan janur. Iya betul, dengan daun kelapa, bukan pancing apalagi jaring.

Selain festival, pulau yang memang tak boleh dihuni ini punya pantai berpasir putih yang terlalu cantik. Bayangkan saja, pasir putihnya hampir tak ternoda sampah. Butirannya pun lembut, sama sekali tak sakit jika diinjak dengan kaki telanjang. Inilah juaranya destinasi petualangan.

25. Tomohon

tomohon

Satu lagi keindahan dari Sulawesi Utara adalah Tomohon. Dijuluki sebagai Kota Bunga, Tomohon memiliki festival Bunga yang bertaraf Internasional.

Di festival ini negara-negara seperti AS, Filipina, Jepang bahkan Korea Utara ikut bergabung memeriahkan acara ini. Provinsi lain pun tak mau kalah untuk unjuk gigi di sini.

Serangkaian bunga disusun di atas kendaraan hias denga bentuk yang beraneka ragam. Di atas kendaraan pawai akan ada Finalis Ratu Bunga. Mereka akan berdiri dan melambaikan tangan ke arah pengunjung. Kalau liburan ke Tomohon jangan lupa mampir untuk beli bunga ya!

26. Wakatobi

wakatobi

Jangan puas hanya ke Bali, melangkah lebih jauh dan datangi Wakatobi. Berada di Sulawesi Tenggara, Wakatobi memiliki pantai yang indah dan bersih.

Yang lebih terkenal adalah alam bawah lautnya yang begitu kaya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini menghabiskan waktu untuk berada di air. Taman lautnya salah satu yang terkenal di Indonesia lho!

27. Sombori

sombori

Raja Ampat kini punya saingan. Salah satunya adalah Sombori di Sulawesi Tengah. Perairan jernih dan gugusan bukit karang jadi andalan dari destinasi tersebut. Sungguhan mirip Raja Ampat di Papua.

Berada di Kabupaten Morowali, Sombori menawarkan alam bahari khas Indonesia. Pasir putih, perairan biru nan jernih, dan tentu, alam bawah laut yang luar biasa. Sombori mulai masuk radar wisatawan tahun ini.

28. Buton

buton

Kota penuh sejarah ini bernama Buton. Bahkan di sini terdapat benteng terbesar di Indonesia. Jika kamu pecinta sejarah dan budaya, sudah pasti betah berada di kota ini.

Adat dan tradisi masih kuat melekat di keseharian masyarakat setempat. Jangan lewatkan festival budayanya, sudah pasti tak lepas dari kamera untuk mengabadikan keindahannya.

29. Takabonerate

takabonerate

Satu lagi kawasan taman laut di Indonesia yang tak bisa dipandang sebelah mata adalah Takabonerate. Dari daratan, kawasan ini seperti area pesisir kebanyakan. Barisan pantai cantik dengan pemandangan indah.

Namun gunakan perlengkapan diving dan siap-siap terkesima dengan taman lautnya. Takabonerate memiliki biota laut yang begitu kaya, bahkan bisa dibilang lebih eksotis dari tempat lain yang ada di Indonesia.

30. Toraja

toraja

Tak ada yang akan menolak jika diajak ke Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Alamnya, kebudayaannya, dan tradisinya sama-sama menarik.

Bangunan khas Toraja yang bernama Kete Kesu menonjolkan keindahan dari budaya setempat. Belum lagi sejarah dan tradisi yang begitu cantik dan menggoda untuk digali. Serta tak lupa, kulinernya pun menggoyang lidah. Lengkap!

31. Morotai

morotai

Morotai masuk dalam daftar 40 Destinasi Terbaik 2016 karena keindahannya yang memukau. Pantai berpasir putih yang menawan, laut biru jernih yang terhampar. Perpaduan sempurna sebagai lokasi liburan.

Pulau Dodola Besar dan Dodola kecil jadi idola wisatawan. Di sini traveler bisa bermain air, snorkeling, hingga diving. Tak cukup itu, ada Pulau Zum-Zum, dan juga Pulau Kolorai.

Morotai masuk dalam 10 kawasan prioritas pariwisata. Ada banyak spot diving yang bisa diselami traveler. Bangkai kapal  peninggalan Perang Dunia II jadi suguhan utama yang bisa traveler lihat. Keren!

32. Ternate

ternate

Ternate jadi destinasi yang sangat menarik selama tahun 2016. Ternate merupakan salah satu kota yang dilintasi momen Gerhana Matahari Total langka pada 9 Maret 2016 silam.

Di Ternate, ada banyak destinasi wisata menarik. Buat yang suka wisata sejarah bisa berkunjung ke Istana Kesultanan Ternate. Untuk wisata pantainya ada Pantai Falajawa, Akerica, hingga Sulamadaha yang sebening kaca.

Jangan lewatkan juga pesona Danau Tolire yang siap membius traveler dengan keindahannya. Meski cantik, namun danau ini diselimuti kisah kutukan cinta terlarang. Kalau penasaran, liburan saja ke Ternate.

33. Ende

ende

Ende adalah kota sejuk di NTT yang perlu traveler lirik sebagai destinasi liburan berikutnya. Di kota kecil ini, kamu bisa menapaktilasi jejak Bung Karno. Bung Karno muda tercatat pernah dibuang di kota ini.

Ada Rumah Pengasingan Bung Karno, serta Monumen Renungan Bung Karno. Konon setelah merenung di tempat ini, Bung Karno mendapat ilham tentang Pancasila, yang kini menjadi dasar negara Indonesia.

Jangan lupakan juga Danau Kelimutu, danau cantik dengan 3 warna yang berbeda. Jangan lewatkan momen melihat matahari terbit yang magis di danau ini.

34. Komodo

komodo

Pulau Komodo memang jadi destinasi terbaik untuk dikunjungi di tahun 2016. Kesempatan melihat hewan purba yang sudah ada sejak ribuan tahun silam sayang untuk dilewatkan.

Panorama indah Pulau Padar juga jangan sampai terlewat. Meski untuk melihatnya, traveler perlu berpeluh-peluh trekking terlebih dahulu, namun semuanya sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.

Pantai Pink yang menggoda juga pasti akan menarik perhatian traveler. Foto-foto di pantai berwarna unik ini pastinya akan jadi koleksi berharga di akun Instagram kamu.

35. Wae Rebo

wae-rebo

Desa Wae Rebo di pedalaman Flores juga jadi favorit traveler sepanjang 2016. Berkunjung ke desa sederhana ini, kalian bisa belajar banyak soal arti kehidupan, dan juga bagaimana hidup harmoni bersama alam.

Bagi yang suka fotografi, Wae Rebo sangatlah fotogenik. Difoto dari sudut mana saja, Wae Rebo pasti akan sangat menarik. Apalagi saat momen sunrise, pasti akan menakjubkan.

Berinteraksi dengan warga lokal Wae Rebo juga pastinya akan jadi pengalaman tersendiri. Apalagi dengan anak-anaknya yang masih polos, senyuman mereka yang tulus pasti akan menghangatkan hati traveler.

36. Alor

alor

Satu lagi destinasi juara di Indonesia adalah Alor di Nusa Tenggara Timur. Alor mash jarang dijamah wisatawan, padahal keindahan alamnya luar biasa. Alor punya banyak pantai bening seperti Ling’al, Mulut Kumbang, Sabanjar dan Bakel.

Alor juga punya perbukitan dengan rerumputan khas Indonesia Timur yang menambah cantik pemandangan. Alam bawah lautnya seperti di Pulau Kepa dan Pulau Pantar bukan main alamnya.

Traveler yang suka diving bisa berjumpa paus, lumba-lumba serta mola-mola yang langka. Alor adalah wajah Indonesia yang kamu harus tahu.

37. Raja Ampat

raja-ampat-2

Raja Ampat sejak beberapa tahun belakangan adalah destinasi primadona. Kawasan di bagian kepala burung Pulau Papua bagian barat ini menawarkan keindahan yang memukau dunia.

Satu persatu spot-spot di Raja Ampat menghebohkan para traveler dengan pemandangan indahnya. Setelah Wayag, kini giliran Pianemu menggoda wisatawan seluruh dunia untuk datang.

Alam bawah lautnya juara dengan fauna mulai dari hiu paus, hiu karpet dan manta yang menawan. Hingga beberapa tahun ke depan, Raja Ampat akan terus mengejutkan semua orang.

38. Sentani

sentani

Sentani adalah danau besar dan cantik di Kabupaten Jayapura dengan aneka pulau-pulau yang berpenghuni. Sentani adalah tempat yang sempurna untuk mengenal kebudayaan suku-suku di Papua.

Wisatawan datang ke Festival Danau Sentani yang digelar setiap tahun yang ramai dengan aneka tarian, arak-arakan dan pawai perahu. Aneka kuliner sedap seperti papeda juga bertebaran.

Jangan lupa untuk mendatangi desa-desa yang ada di sekitar Danau Sentani. Mereka membuat kerajinan kulit kayu yang unik dan terkenal sampai mancanegara.

39. Wamena

wamena

Wamena adalah ibukota Kabupaten Jayawijaya. Sudah sejak lama wisatawan mancanegara rela jauh-jauh datang ke sini untuk satu hal: Festival Lembah Baliem. Festival ini sudah mendunia, namun wisatawan Nusantara masih kalah jumlah dibandingkan para wisman untuk mengunjunginya.

Dalam Festival Lembah Baliem, para suku pegunungan tengah berkumpul. Mereka bergantian menampilkan tari perang dengan baju tradisional dan muka penuh riasan. Ada juga beraneka atraksi lain, pasar cinderamata dan lain-lain.

Wamena ibarat jantung budaya Papua. Syukurlah, pemerintah sudah memperbaiki Bandara Wamena menjadi lebih keren dan memberikan kesan pertama yang memukau traveler saat mendarat di sini.

40. Carstenz

carstenz

Inilah puncak petualangan di Indonesia, Puncak Carstensz di jantung Papua adalah jawara destinasi petualangan. Inilah puncak tertinggi di Indonesia yang berselimut salju di ketinggian 4.884 mdpl.

Para petualang sejati bisa naik dari Desa Ugimba dan berjalan kaki seminggu sampai ke puncaknya. Jalur cepat adalah lewat jalur tambang PT Freeport Indonesia, namun kurang bagus untuk aklimatisasi tubuh pendaki.

Jelajahi hutan-hutannya yang perawan dan kamu bisa berjumpa kanguru pohon atau anjing dingo. Para warga Suku Moni sudah biasa menjadi porter mengantar para wisman ke puncaknya. Giliran kalian yang ditantang untuk menaklukan satu daru 7 puncak dunia ini. (traveldetik)

***

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.