alnita-006

Video : Toyota C-HR Sudah Dijual di Malaysia, Indonesia Kapan?

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=hu4ap1EFdTE

Negara tetangga sudah mulai diinvasi Toyota C-HR. Crossover 5-seater berpenampilan bak coupe itu, merupakan kompetitor langsung Honda HR-V. Menurut pemberitaan situs Paultan, dipastikan Thailand bakal meluncurkan C-HR dalam waktu dekat dan pemesanan sudah dibuka sejak tahun lalu. Sedang Malaysia sudah mulai membagikan kunci ke 50 konsumen pertama yang membeli C-HR. Singapura malah sudah meluncurkan C-HR awal tahun ini, meski yang dijual versi 1.2 turbo.

“Sejak sesi pratinjau tahun lalu, ketertarikan pada Toyota C-HR sudah sangat tinggi. Sekarang kami sudah menerima 1.500 pemesanan dan karena model ini unik, kami ingin menyerahkan secara langsung kendaraan kepada 50 konsumen pertama,” ujar Ravindran Kurusamy, President of UMW Toyota Motor. C-HR diperkenalkan di Malaysia pada Juli tahun lalu dan November diperkenalkan kembali dengan spesifikasi final.

Ini menarik, melihat C-HR di Malaysia adalah buatan Thailand. Sementara Thailand sendiri belum meluncurkannya. Ya, C-HR ditelurkan di pabrik Gateway Toyota Motor Thailand di kawasan Chachoengsao. Hasilnya diekspor ke lebih dari 100 negara, termasuk Malaysia. Menurut rumor, Indonesia masuk daftar yang bakal mengimpor utuh (CBU) C-HR dari Thailand.

Lalu kapan C-HR diluncurkan di Indonesia? Pihak Toyota Astra Motor (TAM) masih belum memberi kepastian soal itu. Namun kami prediksi ajang pamer otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 bakal jadi momen yang pas. Pasalnya, TAM tidak ikut pameran otomotif lain, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Memang tak menutup kemungkinan sebelum GIIAS bisa diluncurkan. Tapi momen GIIAS terasa pas. Apalagi belum lama ini, TAM sudah meluncurkan dua produk baru, Rush dan Yaris.

Dari pabrik di Thailand lahir C-HR dengan mesin 1,8 liter naturally aspirated dan hybrid. Mesin berkode 2ZR-FE 1,8 liter Dual VVT-i punya tenaga 140 PS dan torsi puncak 171 Nm. Ada pilihan transmisi manual dan CVT dengan 7-speed virtual. Sedang versi hybrid menggendong mesin 2ZR-FXE dengan Atkinson-cycle. Mesin 1,8 liter berdaya 98 PS dan torsi 142 Nm disokong oleh motor elektrik 72 Hp dan torsi 163 Nm. Secara performa dan efisiensi, versi hybrid lebih unggul ketimbang versi naturally aspirated.

Kalau benar Indonesia mengimpor utuh dari Thailand, C-HR bisa langsung berhadapan dengan Honda HR-V 1.8. Penasaran dengan kebolehan Toyota C-HR? Ah, sayang kita masih harus sabar menanti.

Sumber : oto.com

Artikel Pilihan :

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.