Wuling Baru Ini Bakal Bikin Pembeli Mitsubishi Xpander Menyesal

baojun-530

Wuling Baojun 530

Mitsubishi Xpander boleh berbangga hati sukses kalahkan penjualan Toyota Avanza. Pada Februari 2018 Xpander terjual 7.400 unit mengalahkan Toyota Avanza yang 6.773 unit. Selain fitur, desain menjadi senjata utama Xpander menyenggol calon pembeli Avanza dan Xenia.

baojun 530

Tapi sekarang, Xpander tak bisa jumawa lagi. Karena Wuling Motors belum lama ini menampilkan mobil baru bernama Baojun 530. Memang, mobil ini berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) bukan Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Xpander. Tapi tak mengapa, toh Mitsubishi mengaku Xpander MPV yang ‘setengah’ SUV.

Apa yang membuat Xpander wajib khawatir? Lihat saja desain muka mobil Cina ini. Tampangnya punya sejumlah kemiripan dengan Xpander, khususnya bagian lampu utama. Diposisikan agak ke bawah, tepatnya di bagian bemper lengkap dengan bezel dan ornamen krom. Tempat yang biasa ditempati lampu utama, dihuni oleh lampu Day-time Running Light (DRL) yang bentuknya terinspirasi lubang angin jet tempur. Persis seperti Xpander. Tapi, SUV Wuling ini tampil lebih keren karena Xpander tak punya DRL dan lampu utama Baojun 530 memakai model proyektor.

baojun 530 tampak depan

Hebatnya, wajah Baojun 530 tak sepenuhnya meniru Xpander. Bagian grille bersayap, misalnya, sekilas menyerupai bahasa desain KODO milik Mazda. Sedangkan dari bagian samping, pilar-C mirip Toyota Fortuner sehingga memberi kesan atap yang melayang (floating roof). Intinya, bolehlah kalau mobil ini disebut seolah memadukan unsur desain terbaik dari beberapa mobil modern.

Wuling menyediakan dua pilihan mesin bagi Baojun 530, 1,8 liter atau 1,5 liter turbo. Ya turbo! Tak cuma itu, mobil ini tersedia dalam pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis DCT (dual-clutch transmission). Wow! Masih banyak lagi daftar kecanggihan mobil ini, seperti fitur stabilitas berkendara (ESP), smart-entry dengan tombol start-stop, electric sunroof, Harman Infinity sound system, electric parking brake sampai fitur keselamatan yang lengkap.

baojun 530 tampak belakang

Mengapa Xpander dan merek lain di kelasnya wajib memperhitungkan mobil ini. Sebab di Cina, mobil ini dijual dengan harga Rp 160 juta sampai Rp 253 juta. Kalau dipasarkan di Indonesia, harga mobil ini ya paling berkisar di harga segitu. Confero dan Cortez, dua mobil Wuling yang lebih dahulu dipasarkan di sini, dijual dengan harga yang tak berselisih jauh dari harga aslinya di Cina. Kalau benar, dengan harga Xpander, Anda bisa mendapatkan SUV sungguhan dengan fitur yang lebih berlimpah.

Melihat seluruh keunggulan mobil ini, seandainya Wuling Indonesia memasukkannya ke lineup mereka, kira-kira ribuan pembeli Mitsubishi Xpander bakal menyesal tidak ya? Mengingat, seharusnya pelayanan purnajual Wuling pun tak perlu diragukan lagi. Karena jaringan diler resmi 3S (Sales, Service dan Sparepart) Wuling mulai banyak dan tersebar ke beberapa kota di Indonesia.

Sumber : oto.com

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.