SLEEKR ACCOUNTING AND HR

Yamaha Lexi : Review, Harga dan Video

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=C1G-2DEt_9I 

Yamaha Lexi, Adik Yamaha NMax ini hadir dalam dua varian yaitu S dan Standar. Seperti diberitakan sebelumnya, Lexi memiliki mesin 125 cc dengan imbuhan teknologi VVA plus Bluecore, dan memiliki banderol tidak lebih dari Rp 20 juta. Mesinnya berkapasitas 124,7cc, dengan tenaga maksimum 11,89 ps. Yang menarik, untuk pertama kalinya ada Yamaha dengan mesin 125 cc dilengkapi VVA. Selain itu, Lexi juga punya kemampuan Idling Start Stop untuk menghemat BBM, untuk semua tipe. Ada juga lampu depan yang sudah LED, speedometer digital, hingga shock belakang model tabung (untuk tipe S). Posisi Lexi yang merupakan entry level Yamaha Maxi, diharapkan mereka yang menggunakan skuter semacam Mio atau Honda Beat, bisa berpindah ke keluarga Yamaha Maxi melalui Lexi, kalau NMax dirasa terlalu mahal.

lexi

Spesifikasi Lexi

  • Kapasitas 124.7 cc
  • Tenaga Maksimal 11.7
  • Opsi start Electric Start
  • Panel Instrumen Digital
  • Indikator Bbm Digital

Kelebihan Lexi

  • Performa Mesin Mantap
  • Fitur Berlimpah
  • Posisi Duduk Rileks

Kekurangan Lexi

  • Jok Tingggi
  • Bagasi Sempit
  • Tangki Bensin Kecil

Harga Lexi

  • Varian S , 124.7 cc, 11.7 , Electric Start, Bensin
  • Varian STANDARD , Rp20 Juta , 124.7 cc, 11.7 , Electric Start, Bensin

Warna Lexi

Lexi tersedia dalam 2 warna yang berbeda – Red and Blue

Overview

Lexi 125 VVA disebut-sebut sebagai Yamaha Nmax paket hemat. Pabrikan garputala memang mematok harga lebih murah, sekitar Rp 20 jutaan. Meski demikian, Lexi punya banyak kelebihan layaknya sang kakak. Sebutlah bodi yang bongsor, handlebar tinggi nan lebar serta pijakan kaki agak menjorok ke depan. Semua itu menjadikan posisi berkendaranya rileks.

Bahkan di beberapa sisi, Lexi 125 VVA lebih unggul dari Nmax. Fiturnya berlimpah: stop & start system (SSS), hazard, panel instrumen digital, lampu depan LED, power charger, keyless dan suspensi belakang jenis tabung. Dua fitur terakhir cuma ada di varian S atau tertinggi. Deknya juga datar, sehingga bisa dipakai meletakkan berbagai barang bawaan.

Soal mesin, kapasitas skutik anyar ini memang lebih kecil. Jantung mekanisnya cuma 125 cc. Walau begitu teknologi yang tersemat di dalamnya sama dengan Nmax, sudah dilengkapi variable valve actuation (VVA). Mesinnya sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Performa ini di atas kertas sukses mengalahkan kemampuan depot daya kompetitor, Honda Vario 125.

Toh tak ada gading yang tak retak. Lexi 125 VVA juga punya kekurangan. Joknya tinggi, memaksa pemilik postur badan 170 cm terpaksa jinjit saat menungganginya. Kapasitas bagasinya juga tidak sebesar bodi bongsornya, hanya 12,8 liter. Tangki bensinnya pun kecil cuma sanggup memuat 4,2 liter, persis Mio, Fino, X-Ride dan motor 125 cc Yamaha lain.

Meski sudah diperkenalkan sejak Januari lalu, sampai sekarang Yamaha belum membuka keran pemesanan. Skutik ini rencananya baru dijual April 2018, seiring dimulainya proses produksi.

Fitur

Keunggulan Lexi 125 VVA ada di fiturnya yang lumayan komplit. Yamaha memberinya fitur segudang yang bahkan lebih banyak dari Nmax. Sebut saja stop & start system (SSS), hazard, panel instrumen digital, lampu depan LED, power charger, keyless dan suspensi belakang jenis tabung. Hanya saja dua fitur terakhir, khusus disediakan untuk varian S.

Sebagai skutik bongsor, Lexi juga punya kekurangan. Ternyata bagasi di bawah joknya cuma sanggup memuat kapasitas 12,8 liter. Kemampuan ini bahkan tidak lebih baik dari skutik Yamaha lain yang bodinya lebih kecil, Soul GT. Kompartemen depannya pun sempit, tidak bisa memuat botol minum.

Desain

Skutik ini tersedia dalam enam pilihan warna, terbagi dua varian. Lexi 125 VVA varian standar: red, matte grey dan white. Varian S : bronze, matte grey dan matte blue. Semua opsi mempunyai tema elegan layaknya produk Maxi Yamaha lain.

Tubuh bongsor Lexi memiliki dimensi panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.135 mm dan jarak sumbu rodanya 1.350 mm. Ground clearance Lexi cukup tinggi, 133 mm, maka bodi bawahnya tidak mudah mentok saat melewati berbagai medan jalan. Kaki-kakinya juga besar dan kekar, ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban itu sudah tubeless.

Kekurangannya, tinggi jok mencapai 785 mm. Lebih tinggi dari skutik-skutik Yamaha lain yang diklaim nyaman untuk perempuan: Fino (745 mm), Mio S (750 mm). Bahkan jok Lexi ini lebih tinggi dari Nmax 765 mm. Efeknya, kaki pengendara dengan postur 170 cm harus jinjit saat menungganginya.

Biaya BBM Selama Kepemilikan

Lexi dibekali mesin berkapasitas 125 cc yang sudah dilengkapi VVA. Jantung mekanis ini bisa memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Performa ini di atas kertas sukses mengalahkan kemampuan depot daya kompetitor, Honda Vario 125.

Dalam video presentasi Yamaha, kemampuan akselerasi Lexi bisa disamakan dengan Nmax yang bermesin 155 cc. Hal ini lantaran bobot Lexi lebih ringan. Soal keiritan, pabrikan garputala memang tidak menyebutkan angka. Hanya saja Lexi mendapat fitur stop & start system (SSS) yang mampu otomatis menonaktifkan mesin saat motor berhenti lebih dari lima detik.

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.