Standar Gaji Fresh Graduates Indonesia

grad

Sebagian besar sarjana S1 yang sudah berjibaku kuliah selama 4 hingga 5 tahun, tentu berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang maknyuss selepas melakukan acara wisuda.

Bisa diterima bekerja pada perusahaan yang mapan membuat sarjana S1 yang baru lulus agak pede untuk segera melamar kekasihnya menuju pelaminan.

Calon mertua juga lebih senang jika mantunya bekerja di perusahaan yang bonafid, dan bukan berkarir di perusahaan abal-abal.

Jadi berapa standar gaji fresh graduates di tanah air? Mari kita ulik dalam sajian renyah pagi ini.

Berikut adalah data GAJI AWAL untuk para fresh graduates lulusan sarjana S1 di beberapa perusahaan bonafid di Indonesia.

Data berikut bisa dijadikan sebagai acuan atau benchmark bagi perusahaan lain dalam menetapkan gaji awal kepada para karyawannya yang baru lulus S1 (fresh grads).

Standar gaji ini adalah take home pay, sehingga sudah memperhitungkan bonus dan tunjangan. Data dikumpulkan dari beragam sumber baik secara langsung ataupun tidak langsung (data sekunder).

Berikut data Gaji AWAL untuk Fresh Graduates Sarjana S1 Indonesia 2018 :

1. Bank BCA : Rp 6 juta
2. Bank Mandiri : Rp 6 juta
3. Indofood : Rp 6.5 juta
4. Nestle : Rp 6.5 juta
5. Aqua Danone : Rp 6.5 juta
6. Toyota Astra : Rp 7 juta
7. PLN : Rp 7 juta
8. Unilever : Rp 8 juta
9. Citibank : Rp 8 juta
10. OJK : Rp 9 juta
11. Bank Indonesia : Rp 9 juta
12. Pertamina : Rp 10 juta
13. Telkomsel : Rp 10 juta
14. ……..
15. ……..
16. ……..
17. ……..
18. PT. Rindu Order : Rp 750 ribu/bulan 🙂 🙂

Ada beberapa catatan yang layak ditabalkan berkaitan dengan data diatas. Mari kita bedah satu demi satu.

Fresh Grad Salary Note # 1 : First Salary is Very Crucial for Your Career

Dalam ilmu manajemen karir, ada satu rule yang menyebut : tempat kerja pertama Anda akan sangat menentukan perjalanan karir Anda hingga puluhan tahun ke depan.

Misal setelah lulus S1, Anda pertama kali diterima kerja di Unilever, Telkomsel atau OJK. Maka masa depan Anda hingga 20 tahun ke depan akan bisa ditebak : kemungkinan besar cerah.

Perjalanan karir Anda hingga 15 hingga 20 tahun ke depan akan mudah ditebak jika Anda bisa memulai karir pertama kali di perusahaan-perusahaan bonafid seperti yang ada diatas.

Sebaliknya jika tempat kerja Anda pertama kali adalah below average companies (perusahaan sekelas PT. Rindu Order atau PT. Maju Mundur), maka masa depan Anda hingga 15 tahun ke depan juga relatif mudah ditebak : agak muram.

Kecuali kelak Anda bisa resign dan pindah kerja ke perusahaan yang lebih bonafid. Atau resign dan bikin usaha sendiri.

Kalau usaha sendirinya berhasil, Anda akan sukses. Namun kalau gagal, maka Anda bisa bangkrut, dan cicilan Honda Vario yang belum lunas akan makin sulit dilunasi 🙂 🙂

Pelajarannya : seseorang harus berjuang sekuat tenaga agar KARIR PERTAMA dia harus berada pada bonafide companies (setidaknya yang setara company diatas).

Sebab langkah AWAL ini akan amat menentukan perjalanan karir dia hingga puluhan tahun ke depan.

Fresh Grad Salary Note # 2 : Big is Getting Bigger

Data gaji fresh grad diatas pada akhirnya akan menciptakan siklus ajaib seperti ini : perusahaan yang makmur dan kaya akan makin makmur dan kaya.

Alur siklusnya seperti ini.

Perusahaan yang makmur bisa memberikan gaji awal yang maknyuss kepada para fresh grads >> Karena gajinya tajir, maka para fresh grads ini akan mampu menunjukkan motivasi, kinerja dan produktivitas yang tinggi >> Dan karena produktivitas mereka tinggi, maka kinerja perusahaan akan makin gemilang >> Dan karena kinerjanya cemerlang, perusahaan akan mampu memberikan bonus dan gaji makin tinggi kepada pegawainya, termasuk para pegawai baru yang fresh >> kembali ke siklus awal.

Sementara siklus perusahaan below average seperti PT. Rindu Order adalah sebaliknya.

Mereka hanya bisa memberikan gaji awal yang rendah kepada para gresh grads, sehingga motivasi kerja dan produktivitas karyawan baru ini relatif biasa-biasa saja. Akibatnya kinerja perusahaan menjadi cenderung stagnan. Dan karena kinerja stagnan, maka perusahaan tidak bisa memberikan gaji yang tinggi kepada para karyawan barunya.

Siklus perusahaan bonafid akan bisa membuat mereka makin tajir dan makmur kinerjanya. Sementara jebakan siklus di average companies bisa membuat mereka gagal menjadi great companies.

Riset dalam ilmu remunerasi menunjukkan perusahaan harus berani terlebih dulu memberikan paket gaji yang kompetitif, untuk mampu meningkatkan kinerja SDM dan kinerja bisnis.

Sejumlah perusahaan punya filosofi, kamu kerja bagus dulu, nanti akan kami beri gaji yang bagus. Ini kebalik dan salah.

Yang benar berdasar science : berikan gaji bagus dulu, pada gilirannya hal ini pasti akan memberikan dampak positif bagi kinerja bisnis dalam jangka panjang.

Fresh Grad Salary Note # 3 : Feel of Unfairness

Salah satu sisi kelam dari perbandingan data gaji di perusahaan bonafid vs average companies ini adalah : beban pekerjaan di kedua jenis perusahaan itu acapkali sama dan tidak berbeda sama sekali.

Saya sering melihat kompleksitas dan beban pekerjaan para karyawan fresh grads di average companies sama besarnya dengan rekan mereka yang bekerja di bonafide companies.

Tak jarang beban kerja fresh grad pada average companies malah lebih kompleks dan membutuhkan tenaga yang lebih ekstra (karena misal sistem bisnis di perusahannya belum stabil dan tidak pakai teknologi otomatisasi).

Dan yang juga menarik dicatat : acapkali tak ada perbedaan SKILLS mencolok antara fresh grad yang bekerja di bonafide companies vs average companies.

Kebutuhan beban pekerjaan di semua perusahaan (baik bonafide dan average) relatif sama, sehingga tak membutuhkan perbedaan skills yang signifikan.

Dengan kata lain, para fresh grad yang bekerja di average companies ini sebenarnya punya kapabilitas yang sebanding untuk juga bekerja di bonafide companies.

Sayangnya, mereka dulu tak lolos saat tes masuk ke bonafide companies.

Maka saya acap bilang : yang sulit dan membedakan bonafide vs average companies itu hanya saat tes seleksi masuk.

Sebab saat sudah kerja, nyaris tak ada bedanya beban tugas antara kerja di bonafide vs average companies. Semua relatif sama pekerjaannya.

KARENA itu, jadi terasa agak kelam, melihat bahwa meski beban kerja mereka SAMA, namun gaji awal fresh grad di perusahaan bonafid jauh lebih tinggi dibanding average companies.

DEMIKIANLAH tiga catatan yang layak diulik dari fenomena data Gaji Awal Fresh Grad di berbagai perusahaan ternama di tanah air.

Kepada para lulusan fresh grad S1 yang merasa gajinya masih belum sesuai standard, tetaplah berjuang. Sebab diujung sana, mungkin masih tersembunyi sekeping harapan untuk masa depan yang lebih mapan.

Salam sukses penuh keberkahan.

Oleh : Yodhia Antariksa (strategimanajemen.net)

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Viva Cosmetic
Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.