SLEEKR ACCOUNTING AND HR

Ternyata Iri Bisa Bikin Kamu Miskin, Ini Alasannya

Rasa iri adalah dosa yang sangat berbahaya. Selain dapat mempengaruhi kejernihan berpikir seseorang, rasa iri dapat mengubah sosok yang ceria menjadi sosok yang selalu cemburu dan berprasangka buruk pada orang lain. Namun, efek yang paling merugikan dari sifat iri adalah dampaknya terhadap keuangan seseorang.

Seperti dikutip CekAja dari Wisebread, beginilah cara sifat iri membuat seseorang terpuruk secara ekonomi:

Iri membuat perilakumu buruk

Orang sukses, siapapun itu, apakah mereka pengusaha terkenal, rekan bisnis atau saudaramu sendiri, mereka memiliki sikap yang sama yakni perilaku yang positif. Selain itu, manusia-manusia positif ini punya nilai lebih lain seperti sikap yang proaktif, enerjik dan selalu menyelesaikan pekerjaannya.

Namun, perilaku positiflah yang membuat mereka dapat melihat peluang dalam hidup, bahkan mengubah peluang kecil menjadi kesuksesan besar. Sebaliknya, iri adalah emosi yang tidak baik. Iri bisa membuat orang melihat segala sesuatu dengan buruk.

Orang yang dikuasai rasa iri terlihat dari kebiasaannya mengeluh dan selalu melihat ke atas. Mereka akan sering membandingkan diri dengan orang lain yang lebih dari dia tanpa sedikitpun berusaha untuk mencapainya.

Iri bisa menghambat kariermu

Di dunia kerja, ada saja orang yang selalu protes pada promosi yang didapatkan orang lain. Mereka, yang dikuasai perasaan cemburu ini, selalu melihat karier orang lain sebagai keberuntungan, sikap pilih kasih atasan dan alasan-alasan negatif lainnya tanpa melihat apa yang terjadi di belakang layar.

Rasa iri bisa menghalangi kamu menjadi karyawan yang baik karena fokusmu ada pada prestasi orang lain dan apa yang orang lain kerjakan dan bukan pada apa yang sudah kamu lakukan. Akhirnya, kinerjamu justru semakin melorot dan kesempatan untuk mendpatkan promosi hilang selamanya.

Iri mendorong orang pada gaya hidup negatif

Sedihnya, sebagian besar orang yang dikuasai rasa iri dan cemburu sangat dekat dengan alkohol dan obat-obatan. Mereka cenderung melarikan diri dari kenyataan dengan barang-barang yang tidak baik bagi kesehatan. Atau ada orang yang melarikan diri dari kenyataan dengan makan berlebihan.

Dengan makan mereka mendapatkan kepuasan dan dapat lupa sejenak dari rasa marah yang menguasainya. Padahal, hal-hal tersebut dapat merusak kesehatan. Hingga titik tertentu, orang akan sakit dan mengeluarkan uang banyak untuk biaya kesehatan.

Cemburu membuat kamu meragukan kemampuan diri

Kenapa saya tidak bisa memiliki mobil? kenapa saya tidak bisa membeli rumah, kenapa saya tidak bisa memiliki gaji sebesar mereka? Bila kamu mulai hidup dikuasai rasa cemburu seperti itu, lama kelamaan kamu akan meragukan kemampuan diri sendiri. Kamu pun bisa ragu pada semua hal yang kamu kerjakan dan tidak percaya lagi pada keputusan yang kamu buat.

Sumber : cekaja.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.