Mutiara Hadits : Berpuasa, Berkurban dan Sholat ‘Ied (Hari Raya) Berjama’ah

masjid-qolsharif-di-kazan-republik-tatarstan-rusia

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Nabi SAW bersabda : “Puasa kalian adalah pada hari kalian berpuasa. Dan berbuka kalian, ialah pada hari kalian berbuka. Dan hari penyembelihan kalian, ialah hari ketika kalian (semua) menyembelih”

(Jami’ Tirmidzi, no. 697 yang lafaz darinya, Sunan Abi Daud, no. 2324, Sunan Ibnu Majah, no. 1660. Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini Hasan Ghorib. Dishahihkan oleh al-Albani)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Hadits ini menunjukkan bahwa seorang muslim berpuasa bersama orang-orang yang berada di negaranya, berbuka bersama mereka begitu juga berkurban dan sholat hari raya bersama mereka. Tidak boleh puasa dengan pendapat pribadi, sholat sendiri dan berkurban tanpa orang-orang islam disekitarnya, tujuan untuk menyatukan persaudaraan dan menjauhi segala perselisihan dan perbedaan.
  2. Hadits ini mencakup beberapa pelajaran Islam: yaitu mengumpulkan orang-orang dan menyatukannya dalam barisan, begitu juga menjauhkan dari segala yang menyebabkan perselisihan dalam berpendapat pribadi, terkhusus dalam permasalahan ibadah yang sifatnya berjama’ah seperti berpuasa (Ramadhan), berkurban dan sholat hari raya. Tidak ada gunanya pendapat pribadi walau pun benar dalam fakta yang dilihat oleh sekilas pandangan.

Perawi hadits

Abu Hurairah adalah Abdurrahman bin Shakhr Al Dausi Al-Yamani perawi hadits di dalam Islam. Diberi panggilan Abu Hurairah, karena ia suka bermain-main dengan seekor kucing. Ia mengembala kambing untuk keluarganya.

Masuk Islam tahun ke 7 H. sewaktu terjadi peristiwa penaklukan perkampungan Yahudi Khaibar. Menyertai Nabi SAW selama empat tahun. Ia menemani kemana pun beliau pergi dan dimanapun beliau singgah.

Ia bersungguh-sungguh dan intens dalam meriwayatkan hadits. Memelihara ilmu ilmu yang sangat banyak dari Nabi SAW. Ia adalah sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits dari beliau.

Ia meriwayatkan dari Nabi SAW sebanyak 5374 hadits dan termasuk ahli fiqihnya penduduk Madinah. Wafat di Madinah tahun 57 H. dan dimakamkan di perkuburan Baqi’.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Baca juga : 

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.