Mutiara Hadits : Bersabar Ketika Tertimpa Musibah

islamic-art-2000

Dari Aisyah (moga Allah meridhoinya) yaitu istri Nabi SAW, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Tidaklah suatu musibah yang menimpa seorang muslim bahkan duri yang melukainya sekalipun melainkan Allah akan menghapus (kesalahannya).”

(Shahih Bukhari, no. 5640, lafaz darinya dan Shahih Muslim, no. 50-2572)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  • Hadits ini menyuruh agar bersabar ketika tertimpa musibah. Hendaklah bagi setiap muslim agar bersabar walaupun hal tersebut berat baginya.
  • Musibah yang menimpa seorang muslim di Dunia, bisa jadi kaena dosa yang telah dikerjakannya, bisa jadi untuk menaikkan derajatnya dan mengahapus kesalannya. Untuk itu hendaknya dia ridho terhadap apa yang Allah SWT tetapkan padanya berupa musibah, Dialah yang Maha tahu atas kebaikan di dunia dan akhirat.

Perawi hadits

Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq. Nabi SAW menikahinya sebelum hijrah dan menggaulinya di Madinah ketika usianya 9 (sembilan) tahun. Dan ketika Rasulullah SAW wafat, usianya 18 (delapan belas) tahun.

Ia paling ahli dalam fikih dan paling ‘alim serta paling bagus pendapatnya. Ia juga adalah suri tauladan dalam kedermawanan dan bersedekah. Banyak sekali meriwayatkan hadits dari Rasulullah SAW, dan musnadnya mencapai 2210 hadits. Aisyah meninggal di Madinah pada malam selasa, tanggal 17 Ramadhan atau Syawal tahun 57 H. atau tahun 58 H. Abu Hurairah menshalatkannya dan dimakamkan di perkuburan Baqi’.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.