Mutiara Hadits : Hukum Shalat Witir

islamic-2000

Dari Jabir RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Barang siapa yang merasa tidak akan sanggup bangun pada akhir malam, hendaklah ia menyegerakan shalat witir pada permulaan malam, siapa yang mersa sanggup bangun pada akhir malam, berwitirlah pada akhir malam, karena shalat pada akhir malam itu dihadiri (para malaikat), dan itulah yang paling utama. (Shahih Muslim, no. 162-755)

Beberapa faedah hadits ini adalah

  1. Di dalam hadits ini terdapat dalil yang kuat bahwa mengakhirkan shalat witir di akhir waktu malam lebih utama bagi siapa yang yakin akan bangun pada akhir malam. Dan bagi siapa yang tidak yakin akan bangun di akhir malam maka ia mensegerakannya pada awalnya lebih utama.
  2. Jika ada seorang shalat pada awal malam kemudian shalat witir kemudian ia shalat pada akhir malam atas kehendaknya dua raka’at dua raka’at tanpa mengulangi shalat witir.
  3. Waktu shalat witir tidak termasuk kecuali setelah shalat Isya’, waktunya panjang hingga terbitnya fajar. Diambil dari ucapan Nabi SAW: “Shalat witirlah kalian sebelum datang waktu subuh pada kalian” (Shahih Muslim, no. 160-754, dan ucapan Nabi SAW juga : “Jika terbit waktu fajar, maka telah hilang semua shalat malam dan witir, maka shalat witirah kalian sebelum terbitnya fajar” (Jami’ Tirmidzi, no. 469. Dishahihkan oleh Albani)

Perawi hadits

Jabir bin Abdullah Al Anshari, seorang sahabat yang mulia. Berbai’at kepada Nabi SAW di malam ‘Aqabah bersama ayahnya. Ia juga termasuk sahabat yang ikut dalam bai’at ‘Ridhwan’ (bai’at yang dilaksanakan di bawah pohon ‘Ridhwan’ untuk membela Utsman).

Ia termasuk sahabat yang banyak meriwayatkan hadits. Hadits yang diriwayatkannya ada 1540 hadits.

Ia wafat pada tahun 73 H. dan ada pendapat yang mengatakan bahwa ia meninggal dunia sebelum tahun itu.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.