Mutiara Hadits : Tidak Kelaparan Bagi yang Menyimpan Kurma

kurma

Dari Aisyah (semoga Allah meridhoinya) yang berkata bahwa Nabi SAW bersabda : Tidak akan kelaparan penghuni rumah yang memiliki tanggal kurma. (Shahih Muslim no.152-2046)  

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Hadits ini menganjurkan kepada manusia agar menyimpan kurma di rumahnya untuk keluarganya sebagai bahan makanan.
  2. Hadits ini menunjukkan bahwa tidak ada istilah kelaparan bagi penghuni rumah yang menyimpan kurma di rumahnya.
  3. Sebahagian ulama berkata ; jika kondisi manusia berubah dan makanan pokok mereka bukan kurma, maka tidak bisa diterapkan padanya hadist ini, dikarenakan Rasulullah SAW telah mengabarkan bahwasannya penduduk madinah akan merasakan kelaparan apabila tidak memiliki kurma dirumah mereka, karena mereka menjadikan kurma sebagai bahan makanan pokok mereka, begitu ungkapan mereka. Akan tetapi jiwa ini tidak akan tenang pendapat tersebut mengabaikan semua keistimewaan kurma dan menganggapnya seperti bahan makanan lainnya didunia ini. Allahu A’lam.

Perawi Hadits

Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq. Nabi SAW menikahinya sebelum hijrah dan menggaulinya di Madinah ketika usianya 9 (sembilan) tahun. Dan ketika Rasulullah SAW wafat, usianya 18 (delapan belas) tahun. Ia paling ahli dalam fikih dan paling ‘alim serta paling bagus pendapatnya. Ia juga adalah suri tauladan dalam kedermawanan dan bersedekah. Banyak sekali meriwayatkan hadits dari Rasulullah SAW, dan musnadnya mencapai 2210 hadits. Aisyah meninggal di Madinah pada malam selasa, tanggal 17 Ramadhan atau Syawal tahun 57 H. atau tahun 58 H. Abu Hurairah menshalatkannya dan dimakamkan di perkuburan Baqi’.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.