Sebelum 30 Tahun! Miliki 4 Jenis Investasi Ini Kalau Pengin Hidupmu Makmur

emas-batangan-1-03-12-2015-10-38-21

Kini banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih para kawula muda untuk membuat kekayaannya semakin beranak pinak. Ditambah lagi juga tersedia pelbagai instrumen investasi yang memudahkan orang untuk mulai terjun salah satunya adalah dengan modal yang kecil.

Nah, tahu gak sih kamu kalau investasi itu merupakan salah satu cara untuk menjamin masa depanmu lho. Apalagi kalau kamu memilih untuk investasi jangka panjang.

Contohnya, orang terkaya nomor dua di dunia, Warren Buffett yang sukses jadi miliarder berkat investasi jangka panjang yang ia geluti. Karena itu, pentingnya kamu memiliki beberapa jenis investasi adalah agar di masa tua nanti hidupmu makmur.

Lagipula investasi itu bukan hanya dilakukan oleh orang yang udah matang secara finansial aja kok. Anak muda juga bisa menanam modal untuk masa depannya.

Terlebih lagi nih ya, di usia 20 hingga menjelang 40 tahun itu adalah usia-usia produktif seseorang. Jadi, kamu lagi semangat-semangatnya bekerja. Sayangnya, gak sedikit orang yang justru menghambur-hamburkan uang untuk hal yang gak berguna.

Ya, sebenarnya sih gak ada salahnya juga bersenang-senang. Asalkan gak keterusan aja. Jangan sampai demi kesenangan semata, bikin kamu kesusahan sendiri. Jadi, hidup bukan hanya mikirin saat ini aja, tapi masa depan juga sangat penting.

Karena itu, yuk mulai terjun ke investasi mumpung masih muda dan produktif. Berikut empat pilihan jenis investasi yang bisa kamu pilih:

1. Emas batangan


Emas batangan (Ilustrasi).

Investasi emas batangan menjadi salah satu instrumen yang sangat menjanjikan dan gak memberatkan. Kenapa?

Pasalnya, kini dengan uang gak sampai Rp 10 ribu kamu udah bisa memiliki investasi emas batangan seberat 0.01 gram lho. Caranya?

Apalagi kalau bukan dengan membuka tabungan emas yang ada di Pegadaian. Ya, tabungan emas merupakan salah satu program besutan Pegadaian agar masyarakat menengah ke bawah bisa terjun ke investasi.

Kenapa investasi emas itu harus dimiliki para kawula muda? Pasalnya, investasi emas itu minim dengan risiko dan terbilang stabil karena jenis investasi ini tidak akan tergerus inflasi layaknya mata uang kertas.

Gak cuma itu, harga emas setiap tahunnya juga akan naik. Jadi, udah pasti uangmu akan terus bertambah.

2. Reksadana


Reksadana (Ilustrasi).

Selain emas batangan, kini reksadana juga menjadi salah satu investasi yang banyak dilirik orang. Pasalnya, jenis investasi yang satu ini gak membutuhkan modal gede.

Ya, dengan modal hanya Rp 100 ribu aja, kamu udah bisa terjun ke investasi reksadana. Selain itu, keuntungan yang didapatkan pun juga sangat menggiurkan lho.

Reksadana juga sangat cocok untuk kamu para investor pemula, karena reksadanatermasuk jenis investasi yang minim risiko dan terbilang aman. Kenapa?

Pasalnya, uang yang kamu investasikan akan dikelola oleh manajer investasi yang memang sudah ahli di bidangnya. So,kamu hanya perlu duduk manis di rumah dan menunggu saldo rekeningmu terus bertambah.

3. Saham


Saham (Ilustrasi).

Sebenarnya jenis investasi yang satu ini bisa kamu lakukan lewat reksadana. Tapi kalau kamu ingin terjun langsung bermain investasi saham ya silahkan saja.

Ya, emang sih bisa dibilang investasi saham itu dapat memberikan return tinggi. Tapi perlu diingat kalau jenis investasi ini sangat berisiko terutama buat kamu yang belum tahu cara kerjanya. Yang ada bukannya untung malah buntung.

Meski begitu, kamu gak perlu khawatir. Pasalnya menurut Parto Kawito, selaku Direktur PT Infovesta Utama, kini udah tersedia banyak sekali sekuritas kecil yang menawarkan investasi saham dengan modal kecil yaitu Rp 500 ribu.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara bermain saham, di sarankan untuk tidak investasi dengan modal gede. Parto menyarankan agar kamu menginvestasikan 5 persen saja dari kekayaanmu. Setelah kamu mengerti cara bermain saham, baru deh dinaikkan jumlah investasinya secara berkala.

4. Properti


Bisnis Properti (Ilustrasi).

Kamu tentu sudah tahu kalau investasi properti itu sangatlah menguntungkan. Pasalnya harga tanah setiap tahun akan naik. Hal itulah mengapa banyak orang yang tertarik untuk terjun ke investasi properti.

Sayangnya, banyak dari mereka yang mengurungkan niat karena kepentok modal. Ya, emang diakui jenis investasi yang satu ini membutuhkan modal yang gak sedikit.

Tapi bukan berarti kamu gak bisa lho investasi properti. Pasalnya, kamu kini udah bisa investasi properti dengan modal kecil yaitu lewat skema crowdfunding atau pembelian kolektif. Jadi, kamu patungan buat beli properti atau istilah kerennya itu sebagai pemegang saham.

Tapi, untuk terjun ke jenis investasi ini ada minimum investasi yaitu 1 persen dari harga properti. Kalau harga propertinya sebesar Rp 1 miliar, ya berarti kamu perlu menyiapkan uang minimal Rp 10 juta.

Nah, itu dia empat jenis investasi yang harus kamu miliki sebelum usia 30 tahun. Karena itu, saat ada rezeki nomplok, sebaiknya jangan dihabiskan untuk foya-foya aja. Sisihkan sebagian uangmu untuk investasi.

Selain itu, perlu diingat kalau investasi yang menguntungkan itu adalah investasi jangka panjang. Jadi, intinya hanya satu, sabar hingga investasimu semakin bertambah dengan begitu pundi-pundi rupiah akan mengalir terus ke rekeningmu.

Penulis : Dewi Puri (moneysmart.id)

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.