Honda CB150 Verza Mirip CB150R Exmotion, Ini Perbedaannya!

cbr-verza2

Akhir tahun 2017, Honda memperkenalkan salah satu line-up terbarunya di segmen naked sport, CB150R ExMotion di Thailand. Hal itu memicu pecinta sepeda motor di Tanah Air untuk berspekulasi terkait peluncuran produk yang sama.

Desas-desus mengabarkan bahwa ExMotion akan menggantikan salah satu line-up naked sport AHM, yaitu CB150R, Verza, dan Mega Pro. Sempat terdengar kabar pada awal tahun 2018 bahwa Honda akan mengeluarkan produk baru di kelas 150 cc, warganet mulai menebak-nebak motor apakah yang akan didepak.

Baca juga : Harga Mobil Terbaru Langsung Dari Pabriknya, 35 Brand Mobil di Indonesia

Kemarin (20/2) di JIExpo Kemayoran, AHM akhirnya membuka kain hitam yang menutup produk terbarunya, CB150 Verza. Sekilas, motor ini mirip dengan ExMotion. Namun, semakin dilihat, begitu banyak perbedaan antara keluarga CB150 ini.

Meskipun sama-sama memiliki lampu bulat, CB150 Verza belum secanggih ExMotion yang sudah menggunakan teknologi full LED light. Sedangkan pada generasi kedua Verza, Bohlam masih menjadi sumber penerangan dan sein. Panelmeter Verza memang sudah mengaplikasi sistem digital namun memiliki penampilan yang sangat berbeda dengan ExMotion.

Pada rangka dan kaki-kaki, keduanya sama sekali tidak memiliki kesamaan. ExMotion ditopang oleh suspensi upside-down yang berpadu dengan ban 110/70 R17 dan di bagian belakang terdapat ban 150/60 R17.

Verza masih menggunakan kaki-kaki generasi sebelumnya, yaitu suspensi teleskopik di depan dan diimbangi dual shock. Ban yang menopang motor ini masih berukuran 80/100 R17 di depan dan berpadu dengan velg 17 inch berbalut ban 100/90. Pada seri cast wheel, Honda menyematkan ban tubeless.

Jika ExMotion sudah menggunakan rangka Inner pivot type Diamond, Verza memakai diamond steel. ExMotion menggunakan mesin PGM-FI DOHC 4 katup 1-silinder 149cc dengan pendingin cairan. Mesin itu sudah EURO VI dengan rasio kompresi 11,3:1. Sedangkan Verza mengusung mesin Euro-3 1 silinder 4 tak SOHC yang mampu menghasilkan rasio kompresi 9,5:1.

Yang paling berbeda adalah ExMotion hanya dipasarkan di Thailand, sedangkan Indonesia hanya mendapat CB15 Verza. Harga keduanya pun terpaut jauh. Jika Verza gen 2 dipasrkan seharga Rp 19 jutaan, ExMotion harus ditebus dengan uang sejumlah Rp 39 jutaan belum termasuk biaya mendatangkan motor itu ke Indonesia. Dengan berbagai perbedaan tersebut, paling tidak, calon pemilik Honda CB150 Verza bisa meracik ulang tunggangannya sampai menyerupai CB150R ExMotion.

Sumber : otosia.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Baca juga : 

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.