Inilah 11 Motor Suzuki Terbaru, Suzuki Bandit Salah Satunya!

gsx-r150-metallic-triton-blue-motogp-e1510022048198

Suzuki GSX-R150

Suzuki merangsek agresif melakukan penetrasi produk tahun ini. Tak kurang 11 motor bakal dirilis. Jenisnya pun beragam, mulai dari skutik hingga sport. Langkah ini jadi bagian dari strategi besar mereka untuk meningkatkan market share di 2018.

“Ada 11 yang baru. Peluncurannya semester ini ada, depan juga ada,” jelas Yohan Yahya, Sales and Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, kemarin (8/3). Dibanding merek lain, Honda dan Yamaha, Suzuki hingga akhir kuartal 1 2018 ini, memang belum meluncurkan satupun model barunya.

Baca juga : Suzuki Bandit 150 Dipastikan Segera Meluncur di Indonesia

Terkait jenis motornya, Yohan mengakui pihaknya memberikan portfolio yang lebih tebal dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini mereka merilis motor jenis skuter otomatik dan sport. “Yang benar-benar model baru, skutik,” imbuh Yohan.

Prediksi kami pun sulit dikunci. Tak mudah menebak model skutik apa yang akan dirilisnya. Apalagi Yohan hanya menjabarkan, kapasitasnya berkisar 110 cc. “Kami lihat market skutik paling besar ada di kelas 110 cc, di bawah 125 lah. Kita mau fokus ke situ dulu,” jelas Yohan.

Saat ini Suzuki hanya memiliki Nex dan Adress di motor skuter. Keduanya menggunakan basis mesin yang sama, dengan diferensiasi desain dan harga. Nex dijual dengan harga Rp 12 jutaan dan menjadikannya skutik termurah di tanah air. Sementara Address Rp 15 jutaan sebagai pesaing Honda Vario 110.

Melihat lini yang ada pada kompetitor, Suzuki masih punya peluang untuk bersaing di kelas skutik bergaya retro. Honda dan Yamaha sudah berkompetisi dengan Scoopy dan Fino. Bahkan kedua brand itu punya juga pendekatan lain, Honda Beat Street yang bergaya casual dan Yamaha X-Ride dengan gaya off roader.

Walau Yohan Yahya menyebutnya baru, namun tak menutup kemungkinan model yang dirilis adalah generasi terbaru dari skutik yang sudah ada. Misalnya saja Nex teranyar, yang siap menyaingi kedigdayaan Honda Beat dan Yamaha Mio.

Selain motor kompak untuk berkomuter, Yohan Yahya juga membocorkan salah satu model yang hendak mereka rilis dari segmen sport. “Bandit? Semester dua,” jawabnya singkat ketika kami konfirmasikan. Inilah model yang tengah santer di lini masa. Naked bike dengan tampilan agresif dan dulu sempat beredar ini, bakal disajikan dalam format baru.

Kabarnya Suzuki Bandit berbagi banyak hal dengan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Melihat bahwa unit pacu daya 150 cc DOHC berpendingin cairan ini sudah digunakan juga oleh Suzuki Satria 150, tak heran jika nantinya Bandit gunakan mesin yang sama. Jika Bandit jadi, ia bersaing dengan Yamaha Byson yang tubuhnya sama-sama kekar.

Harga Suzuki Bandit terbaru bisa saja berkisar di level GSX-150 series untuk membuatnya menarik. Jika saat ini GSX-S150 dijual Rp 24 jutaan dan GSX-R150 Rp 29 jutaan, tak heran dan tak mengejutkan ketika Bandit dibanderol di rentang harga segitu.

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.