Inilah Yamaha R15 2018, Segarkan Tampilan dengan Warna Baru

Motor sport bermesin 150cc tercanggih, Yamaha R15, kini tampil baru. Bermodal pilihan warna dan grafis anyar serta shock absorber depan berkelir emas, ia siap menjawab tantangan Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150R. Meski mengalami ubahan, namun harga R15 tetap sama, Rp 35,2 juta.

Yamaha R15 teranyar, meluncur tanpa perkenalan resmi. Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hanya mengupdate informasi produk pada laman resmi mereka. Tak ada siaran pers maupun pengumuman khusus yang dirilis. Ini cukup membuat kami heran. Sebab, motor ini salah satu andalan Yamaha di kelas sport fairing.

Warna racing black Yamaha R15 2018
Racing Black

Sedikit mengulas ke belakang, penjualan R15 di 2017 memang tergerus oleh kompetitor. Bukan saja karena kedatangan pesaing baru yang murah meriah, Suzuki GSX-R150, namun juga penetrasi Honda yang terus menekankan produk CBR150R-nya. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang mencerminkan penjualan pertahun, menjabarkan Yamaha tak beranjak dari posisi kedua. Produk itu terjual sebanyak 39.604 unit dalam tempo 12 bulan. Sementara Honda sukses mendagangkan 72 ribu unit lebih, CBR150R. Suzuki GSX-R150 yang memiliki fitur keren, keyless remote, laku 28.990 unit.

 

Yamaha R15 2018
Racing Blue

Kini, modal baru disiapkan. Paket warna menarik diperkenalkan. Jika sebelumnya ada warna biru-silver, hitam matte dan merah matte, kini R15 disajikan dalam skema biru-hitam (racing blue), hitam metalik (racing black), dan kuning-hitam (racing yellow). Ya, warna kuning menyala menggantikan merah. Yang keren, warna kuningnya ternyata sangat mentereng, mirip tunggangan Valentino Rossi saat memenangkan MotoGP musim 2005. Paket warna biru juga tampil lebih agresif. Padanan warna hitam, nampaknya sukses membuat karakter R15 lebih garang di kelir ini.

Yamah R15 2018 new color
Racing Yellow

Jika diperhatikan, warna shock absorber depan baru juga digunakan. Suspensi teleskopik berjenis upside down itu kini berwarna emas. Sangat keren dan mewah, soalnya warna shock emas sering diidentikkan dengan merek suspensi ternama, Ohlins. Ini tentu membuat calon pembeli R15 mudah jatuh hati, karena suspensi KYB bawaan ternyata sudah cukup keren tanpa perlu diganti atau dimodifikasi kelirnya. Sayangnya, warna shock depan ini tak diadopsi juga oleh varian R15 Movistar Livery yang dijual lebih mahal Rp 600 ribu.

Suspensi R15 2018

Secara spesifikasi, kami tak temukan perubahan pada R15 2018. Baik dimensi, maupun kemampuan mesinnya. Cukup dimaklumi, soalnya kiprah model generasi ini memang baru 2 tahunan. Belum saatnya melakukan ubahan signifikan yang menyentuh sektor substansial. Apalagi mesin R15 sudah terbilang paling canggih di kelasnya, berkapasitas mesin lebih besar dari rival dan imbuhan pengatur variasi timing (variable valve actuation-VVA).

R15 sport bike fairing termurah yang dijual Yamaha Indonesia. Selain R15, masih ada R25, R6, R1 hingga R1M, versi adaptasi jalan raya yang paling mendekati tunggangan Rossi di ajang MotoGP.

Sumber : oto.com

Hello. Add your message here.