Harga Datsun Cross Mulai Rp 161,4 juta, Apa Kelebihannya?

datsun-go-cross-red

Datsun Cross

Datsun Cross memang diperkenalkan di Indonesia pada Januari 2018. Meski demikian, harga resmi mobil ini, ketika itu belum diungkap secara pasti. Datsun hanya menyebut harga versi crossover dari Low Cost Green Car (LCGC) Datsun Go+ Panca ini, berkisar Rp 163 sampai Rp 175 juta.

Hari ini (8/3), Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito mengumumkan secara langsung harga resmi Datsun Cross. Tipe bertransmisi manual dijual Rp 161.490.000 dan tipe bertransmisi CVT (Continuous Variable Transmission) bisa ditebus dengan mahar Rp 172.990.000. “On the road Jakarta,” ujar Koito di sela acara media test drive di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. Harga ini lebih murah Rp 2-3 juta dari kisaran harga awal.

Banderolnya memang jauh di atas Datsun lainnya, seperti city car Datsun Go maupun MPV (Multi Purpose Vehicle) Datsun Go+. Ini karena Datsun Cross tak termasuk dalam skema LCGC (Low Cost Green Car). Untungnya, Datsun menjawab ketimpangan ini dengan peningkatan kualitas. Mulai dari desain eksterior yang jauh lebih menarik dibanding Datsun lainnya, sampai fitur keselamatan standar yang sekarang sudah tersemat.

Lihat saja lampu depannya yang dibekali LED signature lamp alias lampu senja LED. Fitur yang kalau dinyalakan menjadi identitas khas Cross, sehingga mudah dikenali di jalanan saat malam hari. Cross juga dilengkapi fitur keselamatan dual airbag, rem ABS (Anti-lock Braking System) hingga VDC (Vehicle Dynamic Control). Fitur yang terakhir, berfungsi untuk menjaga laju mobil agar lebih mudah diarahkan di tikungan. Intervensi komputer mengatur traksi di setiap roda agar dapat meminimalkan gejala oversteer maupun understeer ketika menikung. Fitur yang lumayan canggih untuk ukuran Datsun. Cross menjadi Datsun pertama di Indonesia yang memilikinya.

Ada satu lagi yang pertama kali diperkenalkan Datsun lewat Cross, transmisi otomatis jenis CVT. Dua model Datsun lainnya hanya dijual dalam pilihan transmisi manual. Transmisi CVT Cross secara umum sama dengan yang dipakai pada Nissan March generasi terbaru yang belum masuk Indonesia. Ada penyesuaian tentunya.

Masih ada banyak lagi kelebihan lainnya yang dimiliki Cross dibanding Datsun Go dan Go+. Seperti tersedianya sistem multimedia layar sentuh yang dapat terkoneksi dengan smartphone, misalnya. Namun bagaimana rasa berkendara mobil ini? Apakah Datsun yang lebih mahal harganya dari Wuling Confero tipe tertinggi ini lebih layak dimiliki? Baca hasil pengujian lengkap kami di artikel berikutnya.

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Inilah Kosmetik Terbaik Pilihan Wanita Indonesia, Harga Mulai Rp1.400 Selengkapnya...
Hello. Add your message here.