alnita-006

Inilah Penyebab Dan Cara mengatasi Anak Balita Demam dengan Cepat

Inilah Penyebab Dan Cara mengatasi Anak Balita Demam dengan Cepat

Sebagai orang tua tentunya akan resah ketika si kecil mengalami sakit atau demam tinggi. Hal itu karena si kecil masih belum bisa berbicara tentang rasa sakit yang telah dirasakan, sehingga membuat dia rewel, sulit tidur dan membuat orang tua merasa kebingungan untuk mengatasinya. Terlebih bagi seseorang yang baru saja menjadi orang tua, akan merasa panik ketika si kecil mengalami demam tinggi.

Mungkin sebagian orang tua belum semuanya tahu apa sebenarnya yang menyebabkan demam terhadap anak dan bagaimana cara mengatasinya dengan cepat. Nah dalam artikel kali ini penulis akan mencoba memaparkan materi tersebut untuk anda semua. Hal itu dimaksudkan supaya anda sebagai orang tua yang memiliki balita sedang mengalami demam tidak lagi merasa kepanikan dan mampu mengatasinya dengan baik.

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klik www.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

Mungkin perlu diketahui terlebih dahulu pengertian demam adalah terjadinya peningkatan suhu badan secara berlebihan, artinya melebihi dari suhu normal. Normalnya suhu badan adalah sekitar 36 sampai dengan 38 derajat celsius. Jadi, jika anda mengetahui kondisi tubuh anak mulai tidak berada dalam derajat yang normal, segeralah atasi karena jika tidak akan berdampak tidak baik bagi si kecil.

Para orang tua pun juga harus mengetahui bahwa demam yang terjadi pada anak balita biasanya akan terjadi ketika suhu temperatur mencapai:

1. Jika termometer diletakan pada anus atau rektum temperatur suhunya melebihi batas normal yakni 38 derajat celsius.
2. Jika termometer diletakan pada bagian mulut temperatur suhunya melebihi 37 derajat celsius.
3. Jika termometer diletakan pada bagian ketiak temperatur suhunya melebihi dari 37 derajat celsius.

Oleh karena itulah, bagi orang tua harus menyediakan alat termometer untuk keperluan mengukur suhu si kecil ketika si kecil sedang rewel karena sakit. Hal itu amatlah penting karena dengan alat tersebut anda dapat langsung mengetahuinya.

PENYEBAB BALITA DEMAM

Terjadinya demam terhadap balita disebabkan karena temperatur tubuh yang mengalami peningkatan di atas batas normal yang telah disebabkan oleh thermostat yang terdapat pada tubuh manusia. Thermostat ini terletak pada salah satu bagian otak, yang disebut juga dengan hepotalimus. Fungsi dari hepatalumus ini adalah sebagai pengatur temperatur tubuh dan menjaga temperatur normal yakni dengan cara mengirimkan sinyal ke dalam tubuh.

Namun hepatalumus terkadang juga akan berperan mengatur temperatur suhu tubuh menjadi lebih tinggi, tentu hal tersebut dilakukan sebagai respon terhadap infeksi, penyakit dan juga penyebab lain. Para peneliti berpendapat, bahwa cara tubuh untuk melawan kuman atau bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi dan merasa membuat kuman tersebut tidak nyaman terhadap tubuh adalah dengan peningkatan temperatur tubuh.

Perlu orang tua ketahui bahwa demam ini bukan suatu penyakit tetapi merupakan suatu gejala. Jadi, penyebab demam ini sendiri disebabkan karena kondisi yang terlalu panas, infeksi, imunisasi, dan bisa juga disebabkan karena hal lain.

CARA MENGUKUR SUHU TUBUH TERHADAP ANAK BALITA

Tentu ada cara tersendiri mengukur suhu badan terhadap balita yang bisa orang tua lakukan sebelum membawanya ke dokter, cara tersebut di antaranya adalah:

1. Peganglah si kecil pada bagian pipi, perut, dan juga kening.

Mungkin ini sudah hal biasa yang dilakukan oleh ibu-ibu ketika mendapati si kecil terlihat tidak enak badan. Langkah yang paling pertama dilakukan adalah memegang pada bagian pipi, perut, dan juga kening untuk mengetahui panas atau tidak. Memang cara ini bisa mendeteksi tetapi tidak bisa mengetahui suhu temperatur tubuhnya berapa. Jadi hanya kira-kira saja.

2. Menggunakan termometer.

Nah cara ini lebih efektif lagi, karena dengan alat bantu tersebut para orang tua akan dapat mengetahui dengan jelas berapa suhu temperatur si kecil. Sehingga dengan demikian para orang tua bisa dengan cepat bertindak untuk mengatasi demam tersebut.

CARA MENGATASI DEMAM TERHADAP BALITA

Sebenarnya cara mengobati atau mengatasi demam pada balita ini terdapat dua alternatif yakni secara alami atau tradisional dan dengan menggunakan obat penurun panas. Nah jika para orang tua memilih cara alami maka berikut ini adalah caranya:

1. Gunakanlah daun dadap serep untuk meredakan panas atau demam.

Jika para orang tua merasa aman menggunakan cara alami dalam mengatasi si kecil yang sedang demam, maka bisa menggunakan daun dadap serep. Caranya ambilah beberapa lembar daun dadap serep, kemudian haluskan lalu balurkan pada bagian badan si kecil.

2. Dengan menggunakan bawang merah dan minyak goreng.

Caranya ibu bisa menghaluskan bawang merah, kemudian dicampur dengan minyak goreng, sedikit minyak kayu putih. Kemudian balurkan pada bagian badan si kecil.

3. Menggunakan air hangat untuk mengompres.

Ibu bisa melakukan pengompresan si kecil dengan menggunakan air hangat. Kompreskan pada bagian dahi, leher dan juga dada. Ketika kompres sudah mengering maka langsung angkat, jangan sampai kompres tersebut kering dalam badan balita. Ibu bisa melakukan kegiatan tersebut berulang-ulang dengan mencelupkan di air hangat.

Catatan penting bagi para orang tua, jika mengompres anak jangan menggunakan alkohol, karena dapat menimbulkan anak keracunan alkohol atau disebut dengan intoksikasi.

Namun jika si kecil mengalami demam yang dibarengi dengan kedinginan yang menggigil, maka cukup diselimuti dengan selimut tipis saja. Dengan begitu anak akan merasa nyaman.

4. Istirahat yang cukup.

Ketika anak balita anda mengalami demam, maka berikanlah istirahat yang cukup. Dengan beristirahat maka demam secara berangsur akan menurun. Berikanlah cairan ekstra seperti jus, air, dan juga susu sebagai asupan gizinya. Namun jika menolak maka berikanlah cairan yang diinginkan oleh anak.

CARA MENGATASI DEMAM DENGAN MENGGUNAKAN OBAT

Jika ibu tidak ingin ribet membuat ramuan tradisional untuk mengatasi demam, maka ibu juga bisa menggunakan obat penurun panas. Namun jangan berlebihan harus memerhatikan aturan pakai dan dosis yang diperlukan. Sebagai panduannya maka berikut ini adalah cara mengatasi panas atau demam pada balita.

Agar kondisi anak lebih baik maka ibu bisa memberikan obat penurun panas. Ibu bisa memberikannya setiap empat jam sekali atau enam hari sekali. Obat yang bisa ibu berikan adalah parasetamol. Ikuti dan baca labelnya yang disesuaikan dengan umur dan berat badan si kecil. Sebelum ibu memberikan obat pada anak untuk menurunkan demam, sebaiknya konsultasikan pada dokter supaya aman dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan membahayakan si kecil. (sayangianak)

4 thoughts on “Inilah Penyebab Dan Cara mengatasi Anak Balita Demam dengan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Hello. Add your message here.