10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

ugm2

Sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan 100 Besar Universitas di Indonesia.

Menurut Kemeristekdikti, mutu pendidikan itu dinilai dari empat komponen, yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan; kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat, jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian,” ujar Menristekdikti Mohamad Nasir dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti, Senin (21/8/2017)

Pengelompokan/klasterisasi, kata Nasir, dilakukan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, salah satunya kesehatan organisasi.

Menurut dia, dengan klasterisasi, maka Kemenristekdikti bisa menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi ini juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya,” imbuh Nasir.

Berikut Daftar 10 Universitas Negeri Terbaik Versi Kemenristekdikti:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Universitas Indonesia
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Brawijaya
  9. Universitas Hasanuddin
  10. Universitas Negeri Yogyakarta

Sumber : tirto.id

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Baca juga : 

Viva Cosmetic
Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.