Al Basyir Bogor, The Best Islamic Boarding School in Indonesia 

al-basyir

AL-BASYIR Islamic Boarding School mengembangkan konsep Pendidikan Islam yang tidak terikat oleh batas-batas negara, ras dan kesukuan. Konsep pendidikan AL-BASYIR-Islamic Boarding School mengedepankan kehidupan ibadah yang mencontoh kehidupan Rasulullah SAW sebagai RAHMATAN LIL-ALAMIN dengan landasan yang kuat pada 4 (empat) sifat Rasulullah SAW, yaitu:

1. Amanah – Trustworthy
2. Sidiq – Truthful
3. Fathonah – Smart / Intelligent
4. Tabligh – Delivering The Message

Untuk memenuhi konsep Pendidikan Islam sebagaimana diuraikan di atas maka dikembangkanlah kurikulum ALBASYIR-IIBS yang terpadu (integrated), menyeluruh (comprehensive) dan berkesinambungan (sustainable) pada tingkatan PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.

Ditunjang dengan fasilitas gedung supra-modern berbasiskan IT (Cyber-School) dan Total Quality Management (TQM) yang handal menjamin ketersediaan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan dan pelaksanaan pendidikan di tingkat makro sekolah maupun mikro pembelajaran.

VISI

Menjadi Sekolah yang Unggul dalam Bidang IMTAK, IPTEK, Tahfidz Quran, dan Bahasa dengan Berlandaskan Aqidah Ahlussunnah Wal-Jama’ah

MISI

  • Melakukan pembinaan pada siswa agar memiliki rasa cinta dan dekat dengan Al-Quran
  • Melakukan pembinaan pada siswa untuk menghafal Al-Quran 30 Juz
  • Menanamkan akhlakul karimah berlandaskan aqidah ahlussunnah wal jama’ah
  • Membina siswa menjadi muslim yang cerdas, berani, dan bertanggung jawab serta menjadi generasi yang bermanfaat untuk umat.
  • Membangun kemampuan akademik dan nonakademik untuk dapat bersaing tingkat lokal dan nasional.

Tentang Al-Basyir Islamic Boarding School

Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Selamat datang di AL-BASYIR ISLAMIC BOARDING SCHOOL Bogor, lembaga pendidikan yang bernuansa Islam dengan menekankan pembelajaran Al-Quran-Hadistdan berbagai mata pelajaran umum di sekolah SD, SMP, dan SMA.

Sungguh sangat membahagiakan kami Anda berkunjung di AL-BASYIR ISLAMIC BOARDING SCHOOL Bogor. Untuk mengetahui kami lebih lanjut, berikut ini sekilas yang dapat kami sampaikan. Pendirian SD, SMP, dan SMATahfizh Al-Basyirdiawali dari niat pimpinan Yayasan Al-Basyir Bogor untuk mendirikan sekolah yang berbasis agama dan ilmu pengetahuan sehingga para siswadiharapkan memiliki landasan kuat dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, pendidikan agama dan pendidikan umum mendapat porsi seimbang dalam pelaksanaannya.

Pendirian sekolah dan pondok diawali dari pembangunan gedung sekolah, majlis, pondok pesantren pada tahun 2005 dilanjutkan dengan pendirian Sekolah Dasar tahun 2006. Pada awal pendirian sekolah dasar, dalam penerimaan siswa baru, selain menerima siswa kelas I juga menerima siswa pindahan. Hasilnya adalah telah diterima kelas I sejumlah dua rombongan belajar dan kelas III, serta kelas IV masing-masing satu rombongan belajar. Dari awal pendirian sekolah dasar hingga tahun 2016 setiap kelas selalu dibatasi dua rombongan belajar, setiap rombongan belajar maksimal 24 siswa. Dengan suksesnya pendirian Sekolah Dasar muncullah animo baru dari orang tua siswa SD dan masyarakat pada umumnya agar Yayasan AL-BASYIR mendirikan SMP. Hal itu ditangkap oleh yayasan sebagai hal positif sekaligus alasan tepat pendirian SMPTahfizh Al-Basyirpada tahun 2011. Awal pendirian SMP, penerimaansiswa baru dibatasi dua rombongan belajar dan dua rombongan belajar terpenuhi. Selanjutnya pada tahun 2016 Yayasan AL-BASYIR mendirikan SMA ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Sejak tahun 2016 pembelajaran SMP-SMA Tahfizh Al Basyir di awal tahun ajaran baru, setiap siswa mengikuti program pembelajaran menghafal Al-Quran/Tahfizhul Quran selama 3 bulan dengan harapan maksimal siswa dapat menghafal Al-Quran 30 juz. Sedangkan untuk pembelajaran di kelas setiap siswa diwajibkan menggunakan laptop sebagai alat/media belajar sekaligus untuk menyimpan berbagai materi ajar baik pelajaran umum maupun pelajaran keagamaan/pesantren. Dengan demikian laptop menjadi alat/media pembelajaran yang dianggap penting.

Dalam upaya peningkatan kualitas siswa SD, SMP, SMA Tahfizh Al Basyir Bogor, diambilah sebuah pendidikan yang berorientasi pada mutu pelayanan terhadap siswa. Yaitu sebuah pelayanan prima dengan tujuan kepuasan siswa dan orang tua terhadapa pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan begitu diharapkan dapat menghasilkan siswa aktif, kreatif, inovatif, memiliki kecerdasan intelektual/Iptek, spiritual/Imtak, dan emosional yang baik. Untuk mencapai hal itu perlu didukung dengan penanaman aqidah-akhlakul karimah melalui pembinaan praktik-praktik ibadah (membaca dan menghafal Al-Quran, sholat, dsb.) dan mengikuti pembelajaran pelajaran umum di sekolah. Dari kegiatan tersebutdiharapkansiswa memiliki jatidiri yang baik serta kelak mereka dapat memecahkan persoalan-persoalan hidup yang dihadapi.

Kegiatan pembelajaran di pondok pesantren AL-BASYIR dilakukan secara profesional oleh para Ustadz-Ustadzah yang memiliki latar belakang pondok pesantren dengan metode pembelajaran Qiroati untuk pembacaan Al-Quran. Pembelajaran Al-Quran dilaksanakan setiap hari pada jam-jam tertentu yang tidak akan mengganggu pembelajaran umum di sekolah.

Pendampingan pembelajaran keagamaan Islam (membaca-menghafal Al-Quran), praktik sholat, dan lain sebagainya, diatur sedemikian rupa agar siswa dapat belajar secara baik. Adapun pengaturan pembimbing keagamaan sekaligus pembimbing kamar adalah sebagai berikut, setiap kamar siswa/santri akan dibimbing oleh satu orang Ustadz-Ustadzah.

Demikianlah sekilas tentang pendidikan ALBASYIR ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Islamic International Curriculum System Al-Basyir Islamic Boarding School dikembangkan secara terpadu (integrated), menyeluruh (comprehensive) dan berkesinambungan (sustainable) pada tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA dengan prinsip-prinsip dasar pendidikan sebagai berikut :

1. Ibadatullah = Worshiping to Allah

Proses pendidikan harus dilandasi niat ibadah dan terus-menerus meningkatkan kualitas ibadah sesuai dengan syariat dan tauladan Rasulullah SAW (QS 51:56)

2. Kholifatullah = Vicegerent of Allah

Pendidikan harus dapat mengantarkan murid-murid menjadi khalifah Allah di bumi (khalifah fi al-ardh), dengan menguasai ilmu, teknologi dan aset duniawiyah demi kepentingan ibadah dan hajat hidup orang banyak (QS 2:30)

3. Rahmatan lil Alamin = A Mercy of Univers

Proses dan hasil pendidikan harus bersifat universal, sehingga murid-murid bisa menjadi teladan baik dalam kepribadian, prestasi maupun kemanfaatan ilmunya (QS 21:107)

4. Ma’rifatullah= Acquaintance to Allah

Tujuan pendidikan harus bermuara pada mengenal Allah (ma’rifatullah) melalui pembelajaran terhadap ayat-ayat Qouliyah (Al-Qur’an dan Al-Hadits) dan ayat-ayat Kauniyah (alam semesta) (QS 65:12)

Empat prinsip dasar tersebut melekat dalam pengembangan 5 (lima) pilar pendidikan Al-Basyir Islamic Boarding School, yaitu :

1. Niat ibadah dalam belajar
2. Bersyukur atas apa yang telah dicapai
3. Kesungguhan dalam mencapai prestasi yang lebih tinggi
4. Menjadikan kemanfaatan dalam setiap capaian yang diraih
5. Pengenalan akan kebesaran Allah dalam setiap capaian pembelajaran

Lima pilar tersebut menjadi landasan pengembangan 5 (lima) dimensi pembelajaran mandiri (autonemous learning), yaitu :

1. Orientasi belajar yang kuat
2. Pengembangan nilai-nilai Individual yang unggul
3. Proses pengayaan berkesinambungan
4. Pembelajaran kolaboratif dan argumentatif
5. Pendalaman belajar yang terukur

Lima Pilar Pendidikan Al-Basyir

Prinsip-prinsip dasar tersebut melekat dalam pengembangan lima pilar pendidikan Al-Basyir Islamic Boarding School, yaitu :

1) Ad-Du’a = To pray

Doa, mencerminkan niat, arah, cita-cita dan harapan menjadi lebih baik. Doa haruslah berpijak pada 4 (empat) prinsip dasar pendidikan Bias Assalam. Doa merupakan manifestasi keunggulan diri yang disandarkan pada kekuasaan Allah yang didorong oleh motivasi berprestasi yang tinggi sehingga membentuk pribadi yang arif dalam memahami hasil dari setiap usaha.

2) Asy-Syukru = Thankfulness

Bersyukur, meliputi kesadaran akan potensi diri, potensi kebersamaan dalam masyarakat lokal maupun global, potensi alam dan teknologi yang kesemuanya bernilai positif. Pilar ini akan memunculkan motivasi berprestasi yang lebih tinggi dan siap untuk berkompetisi positif secara jujur dengan siapapun dan pada tingkatan apapun

3) Al-Injaz = Achievement

Berprestasi, rasa syukur akan sia-sia jika tidak ada tindakan nyata untuk merealisasikan harapan yang terkandung pada rasa syukur tersebut. Maka berprestasi merupakan amal nyata untuk menjadi lebih baik berdasarkan rumusan rasa syukur. Berprestasi merupakan manifestasi dari kemampuan mengkonstruksi diri sendiri yang diterapkan secara konstekstual pada tantangan nyata kehidupan dan upaya mencari solusi yang berlandaskan kaidah Islam melalui niat dan rasa syukur.

4) An-Naf’u = Beneficial, Useful

Bermanfaat, prestasi yang diraih tidak berarti apa-apa jika tidak dibagi kepada orang lain dalam bentuk kemanfaatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak. Bermanfaat merupakan upaya menerapkan standar mutu keimanan dan keislaman melalui penerapan hasil prestasi unggul yang berdampak pada peningkatan kualitas diri dan kualitas hidup orang banyak.

5) Al-Ibadah = worshiping

Beribadah, keempat pilar di atas harus dilandasi niat ibadah sebagai pokok pangkal tujuan kehidupan, sehingga dapat diperoleh ridho dan pahala dari Allah SWT. Ibadah merupakan konstruksi penerapan wawasan secara holistik, sibernetik dan afektif dari konsep keimanan, yang dapat diukur dari keberdayaan dan kebermanfaatannya pada masyarakat.

Alamat

Al-Basyir Islamic Boarding School

Jalan Kapten Dasuki Bakri RT. 02/06, Cibatok II, Cibungbulang, Bogor 16630

Tlp. 081319158960 / 085774612622 / 0817100099

Sumber : https://boardingschool.albasyir.sch.id/ 

***

Tafsir Al Qur’an :: Hadits Arba’in :: Minhajul Muslim :: 100 Motivasi Islam

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Baca juga : 

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.