Cahaya Rancamaya Bogor, The Best Islamic Boarding School in Indonesia 

cahaya-rancamaya

Dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia dan pertolongan Nya, kami telah mendirikan YAYASAN KHAZANAH CAHAYA IMAN (YKCI) dan telah memulai kegiatannya dengan mendirikan Islamic Boarding School di Rancamaya – Ciawi Bogor.

Kegiatan – kegiatan YKCI ini didasarkan pada keyakinan kami sebagai muslim yang berkewajiban untuk mendorong umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya untuk memiliki dan mengembangkan pendidikan yang berstandard international yang dilandasi keyakinan pada ajaran Islam sebagai agama pembawa rahmat, kesejahteraan dan kedamaian di seluruh alam (rahmatan lil aalaamien).

Adalah tantangan bagi kita semua untuk mengubah posisi kita dari konsumen ilmu yang dihasilkan negara – negara maju non muslim menjadi produsen ilmu dan teknologi untuk seluruh dunia sehingga kita setara dengan bangsa-bangsa lain yang maju di dunia. Cita – cita ini adalah perjalanan panjang dan memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari kita semua termasuk anak cucu kita tetapi marilah kita mulai dengan keyakinan “BI IDZNILLAH ,FA IDZA AZAMTA FA TAWAKKAL ALAA LLAH” (Kita hanya bisa memerangi musuh kita bersama yaitu kebodohan dan kemiskinan dengan Pendidikan keimanan kepada Alloh SWT).

Dengan ini kami mengajak dan menghimbau seluruh Cendekiawan Muslim dan Dermawan untuk ikut serta mengembangkan kegiatan – kegiatan kita dengan semangat fastabikul khoirot, berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Yayasan ini milik kita semua dan untuk kita semua. Marilah kita bersama sama menyebarkan pemahaman Islam sebagai agama pembawa kebebasan, kemerdekaan, perdamaian, keadilan sosial dan kemakmuran untuk seluruh umat manusia.

VISI, MISI dan TUJUAN Sekolah SMP SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School

1. VISI

Terwujudnya generasi emas yang memiliki pribadi dengan keilmuan yang tinggi, berakhlak mulia, berakal cerdas, berwawasan global, serta memiliki prinsip diri yang sesuai dengan nilai – nilai agama islam dan nilai budaya serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.

2. MISI

  1. Meningkatkan kualitas pemahaman dan profesionalitas guru mengenai pendidikan sesuai dengan perkembangan yang ada.
  2. Menyiapkan siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan sistem pembelajaran yang berkualitas dan penerapan teknologi yang diimbangi dengan pendidikan karakter sesuai dengan nilai – nilai ajaran agama Islam.
  3. Mengembangkan sikap cinta dan toleransi terhadap sesama manusia, bangsa, dan negara,serta agama pada diri peserta
    didik.
  4. Menumbuhkembangkan peran serta masyarakat khususnya orang tua dalam aktivitas pendidik

3. TUJUAN

  1. Menerapkan sistem pendidikan yang berorientasi pada transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan diimbangi dengan karakter yang sesuai dengan ajaran agama.
  2. Mengembangkan sistem bimbingan yang berorientasi pada terciptanya manusia yang berakhlak mulia dan berkarakter.
  3. Mengembangkan sistem pendidikan dan bimbingan dengan terus beradaptasi pada perubahan lingkungan yang dinamis.
  4. Mengoptimalkan layanan bimbingan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Memfasilitasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.
  6. Mengembangkan dan meningkatkan sistem mutu sekolah sesuai standar yang diakui secara global.
  7. Mendorong dan memfasilitasi para siswa dalam berbagai kompetisi akademik dan non-akademik baik tingkat nasional maupun internasional.
  8. Memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu untuk mengimbangi persaingan dalam skala lokal maupun global.
  9. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu mengoperasikan sarana teknologi informasi dan komunikasi modern.

Sistem Pendidikan

  1. Kurikulum NasionalSecara umum, kurikulum yang diterapkan di Sekolah Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School mengacu pada kurikulum nasional yang ditambah dengan Bahasa Lokal, Bahasa Arab, Al-Qur’an dan Tahfidz. Dengan pendekatan active learning, kurikulum yang ada dikembangkan menjadi sebuah pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Para peserta didik menjadi subjek dalam pembelajaran, sedangkan guru menjadi inspirator dan motivator. Ditambah dengan penguatan dalam bahasa Inggris dan Bahasa Arab melalui pengajaran sistem tri bahasa (trilingual system) dan program intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  2. Bahasa Arab dan Bahasa InggrisBahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar para siswa memiliki dasar kuat untuk belajar agama mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan/sains
  3. Pendidikan Agama IslamDisamping pelajaran Bahasa Arab di sekolah Cahaya Rancamaya juga diajarkan pengetahuan tentang Agama Islam yang lain seperti Tarih Islam, Al-Qur’an dan Hadist serta program Tahfidz.
  4. Trilingual and Science Book in EnglishSekolah Sekolah Cahaya Rancamaya menerapkan system pengajaran dengan menggunakan tribahasa, bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Inggris. Hal ini dilakukan agar para lulusannya siap menghadapi tantangan di pendidikan yang lebih tinggi dan ketika mereka terjun ke masyarakat. Khusus untuk pelajaran sains semua buku dalam bahasa Inggris dengan pengantar Bahasa Inggris dalam proses belajar di kelas sehingga diharapkan lulusan Sekolah Cahaya Rancamaya bisa melanjutkan pendidikan diluar dengan tidak mengalami kendala terutama dari segi bahasa. Teman yang paling dekat dan setia adalah buku. Melalui buku kita bias berwisata intelektual. Melalui buku pula kita bias menguasai suatu zaman. Buku adalah jendela dunia. Begitu penting arti sebuah buku. Oleh karena itu, Sekolah Cahaya Rancamaya menyediakan referensi buku-buku bacaan untuk para siswanya yang berkualitas. Untuk buku pelajaran yang digunakan berstandar internasional yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional.
  5. Study Abroad ProgramSetiap siswa Sekolah Cahaya Rancamaya mempunyai kesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikannya di luar baik untuk tingkat SMA maupun universitas. Program ini ada dua kategori yaitu dengan beasiswa dan reguler.
  6. SCR-IS Go InternationalSCR-IS akan mengirimkan duta – dutanya melalui para siswa untuk dapat berkompetisi. Disamping kompetisi juga diselenggarakan program pertukaran pelajaran ke luar dengan mengirimkan siswa untuk belajar di luar selama 3 bulan dengan harapan para siswa dapat mengenal lebih dekat tentang sistem pendidikan diluar negeri dan mempunyai wawasan yang global bertaraf internasional.
  7. ScholarshipSekolah menerima siswa baru dengan jalur yaitu jalur beasiswa dan regular. Untuk jalur bea siswa diberikan kepada siswa – siswa yang berprestasi dan lebih diutamakan bagi yang tidak mampu. Adapun bagi siswa – siswa Sekolah Cahaya Rancamaya yang berprestasi baik dibidang akademis maupun non-akademis akan mendapatkan kesempatan bea-siswa berupa studi lanjut ke luar
  8. SATSAT (Scholastic Assesment Test) adalah test penilaian standar yang dipakai untuk masuk ke perguruan tinggi di luar terutama di Amerika Serikat. SAT dimiliki dan dikembangkan oleh yayasan College Board di Amerika Serikat dengan asumsi bahwa SAT bisa menilai kemampuan kesiapan siswa untuk melanjutkan studi lanjut di perguruan tinggi.Durasi tes SAT adalah selama 3 jam 45 menit dengan nilai dari 600 – 2400. Kombinasi hasil tes dibagi menjadi 3 bagian yang setiap bagiannya bernilai 800 poin (Matematika– Membaca Kritis – Menulis ) dan semua materi dalam bahasa Inggris

    SAT menilai sejauh mana si pengambil tes bakat menganalisis dan problem solving yang dipelajari di sekolah mereka yang mereka butuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi. Tipikal pengambil test SAT adalah lulusan SMA khususnya College Board menyatakan bahwa kombinasi penggunaan test SAT dan nilai rata2 sekolah menyediakan indikator yang lebih baik mengenai kesuksesan di perguruan tinggi

    Program ini bertujuan untuk memberikan pelajaran tambahan bagi siswa dan sebagai syarat untuk bisa mendapatkan bea siswa sekolah di luar khususnya di Amerika Serikat dan, Turki

  9. Academic ConsultationUntuk memberikan wawasan kepada para siswa tentang dunia pendidikan seperti pemilihan universitas maupun fakultas yang sesuai dengan minat dan bakat siswa sehingga para lulusan Sekolah Cahaya Rancamaya bisa mendapatkan universitas yang berkualitas dan sesuai dengan harapan siswa, orang tua maupun sekolah.
  10. Project and Science FairMelalui para gurunya yang berpengalaman dan inspiratif, para siswa Sekolah Cahaya Rancamaya diarahkan untuk mampu berpikir kritis, melakukan penelitian dan menghasilkan produk ilmiah. Di bawah bimbingan para pendidik dari universitas ternama yang ada di Indonesia, para siswa dibimbing untuk membuat proyek-proyek yang dapat berguna bagi masa depan bangsanya. Melalui kegiatan ini, para siswa memungkinkan untuk mengembangkan pengetahuan, percobaan-percobaan, dan pengalamannya.Kegiatan pameran sains bertujuan:
    1. Harmonisasi pengetahuan yang didapat siswa di kelas dengan penerapan praktisnya.
    2. Membudayakan siswa Sekolah Cahaya Rancamaya melakukan praktek langsung terhadap materi yang diterima di kelas.
    3. Melatih siswa Sekolah Cahaya Rancamaya melakukan presentasi terhadap ilmu yang dikuasainya dibidang sains.
    4. Memberikan pemahaman tentang berbagai hal dibidang sains baik bagi para siswanya maupun masyarakat umum.
    5. Membumikan sains ke dalam kehidupan kita.

    Dalam kegiatan tersebut mereka mempraktekkan secara langsung berbagai pengetahuan yang mereka miliki dan membagi pengalamannya kepada para siswa – siswi dari sekolah lain dan masyarakat umum.

COUNSELING

  1. Counseling Program
    1. Class Teacher System (Walikelas – Siswa – Pembina Asrama)Ada 3 penanggung jawab untuk satu siswa yaitu wali kelas akademik, wali kelas konseling dan pembina asrama. Mereka seperti keluarga kedua yang dapat bertindak sebagai ayah, ibu dan kakak yang akan menjaga siswa tersebut 24 jam selama di sekolah dan asrama.
    2. Parents Visit ProgramYaitu program kunjungan orang tua siswa ke rumah masing – masing siswa dengan tujuan silaturahmi dan kerja sama dengan orang tua tersebut untuk siswa serta mengenal lebih dekat antara sekolah – orang tua dan siswa. Program ini bukan hanya kepada siswa yang bermasalah tapi merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun 2 kali yaitu pada semester 1 dan semester 2.
    3. Character BuildingBerkepribadian muslim merupakan konsekuensi keimanan seseorang yang memeluk Islam dalam kehidupannya. Kepribadian muslim seseorang tampak pada pola pikir; sikap dan tingkah laku yang berstandarkan kepada Agama Islam. Oleh karena itu, pembinaan mengenai pembentukan karakter ini sangat diutamakan baik di sekolah maupun di Asrama.
    4. One to One Students CounselingSetiap wali kelas konseling mempunyai kewajiban terhadap seluruh siswa di kelasnya masing – masing untuk bertemu satu per satu dengan wali kelas tersebut. Kegiatan bertujuan untuk mengetahui lebih dekat dan lebih akrab dan lebih privaci sehiingga siswa akan dapat menyampaikan semua permasalahan baik yang besar maupun kecil kepada pembina maupun wali kelasnya.
    5. Students CampProgram ini dilaksanakan setiap tahun dua kali yaitu semester 1 dan semester 2 setelah ujian bersama dengan tujuan untuk refreshing dan persiapan lebih fokus dan fresh untuk menghadapi semester selanjutnya.
  2. OSIS Program
    1. Celebration DaysIni merupakan salah satu program OSIS yang dilaksanakan ketika ada hari – hari besar nasional dan internasional seperti HUT RI tanggal 17 Agustus dan Hari Anak International.
    2. Reading CampIni juga merupakan program OSIS yang bertujuan untuk membiasakan minat membaca buku kepada para siswa. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dua kali di tempat – tempat yang menyenangkan seperti di tempat wisata sekaligus untuk penyegaran kembali.
    3. ClubsPemahaman adanya multiple intellegence (keberagaman kecerdasan) dalam diri peserta didik mendapatkan tempat di sekolah kami. Keberagaman kecerdasan mereka yang teraktualisasikan dalam bentuk bakat dan minat diwadahi dalam bentuk kegiatan klub. Sekolah mempersiapkan semua kebutuhan visual, psikomotorik, dan eksperimental. Sesuai dengan pilihan peserta didik, sekolah menyediakan sarananya, seperti: kesenian, olah raga, teknologi, sains, bahasa, budaya, agama, sosial, danlainnya.
    4. Study TourKegiatan pendidikan di SCR tidak hanya terbatas pada ruang kelas yang ada di sekolah, tetapi terbuka luas di dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilaksanakanya itu wisata studi. Kegiatan ini selain memberikan nuansa refreshing, membuka wawasan para siswa terhadap dunia internasional, mereka juga mendapat kesempatan menjadi duta social dan budaya dari Indonesia dinegara-negara yang mereka kunjungi. Selain itu, juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa asing yang mereka pelajari dan menambah wawasan budaya para siswa.
  3. Kegiatan Sosial
    1. Idul Adha – KurbanSebagai bentuk keteladanan dan rasa kasih sayang terhadap sesama, sekolah memberikan ruang untuk menumbuhkembangkan sikap para siswa dalam kegiatan Idul Adha dan pembagian daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan.
    2. RamadhanDi bulan Ramadhan, sekolah mengadakan kegiatan-kegiatan kebersamaan dalam bentuk acara pembagian paket buka puasa dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Dengan kegiatan ini diharapkan muncul rasa berbagi dan saling tolerasi diantara sesama
    3. Bantuan YatimSekolah memberikan kesempatan bagi para siswa untuk belajar bagaimana saling membantu dengan teman-teman mereka yang memiliki nasib tidak lebih baik daripada yang siswa rasakan… Nilai-nilai dari kegiatan tersebut akan memberikan nilai lebih bagi siswa dalam kepedulian sosial
    4. Bantuan BencanaBencana atau musibah adalah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba. Disaat ada orang lain merasakan hal tersebut, para siswa melalui sekolah memiliki rasa tanggung jawab untuk membantu meringankan beban para korban bencana dengan mengumpulkan bantuan dalam berbagai bentuk uang, makanan, selimut dan lainnya.
  4. Dormitory Program
    1. Belajar MandiriUntuk melengkapi kegiatan belajar di dalam kelas sekaligus melatih tanggung jawab diri para peserta didik terhadap tugasnya sebagai seorang pelajar, SCR mengadakan kegiatan belajar mandiri khusus bagi mereka yang tinggal di asrama. Kegiatan ini diadakan pada pagi dan malam hari. Dengan bantuan para Pembina, para siswa kembali menelaah, memahami dan mempersiapkan materi pelajaran yang telah dan akan diberikan oleh bapak/ibu guru di kelas.
    2. TausyiahSetiap hari ada 3 kali tausyiah sehabis sholat Shubuh, Dhuhur dan Isyak yang diisi oleh para siswa sebagai sarana untuk menyampaikan ilmu yang didapat di sekolah dan asrama. Hal ini juga bertujuan untuk membiasakan para siswa untuk berbicara di depan umum dan melatih kepercayaan diri.
    3. Tahsin dan TahfidzUntuk mengoreksi bacaan tajwid dan makhrojnya para siswa maka diadakan program Tahsin di asrama. Sedangkan untuk program Tahfidz atau hafalan Al-Qur’an disesuaikan dengan kemampuan menghafal masing – masing siswa dan diharapkan selama 3 tahun di sekolah Cahaya Rancamaya tercapai target hafalan Al-Qur’an 15 Juz.
    4. Kajian Al-Qur’an dan HadistSetiap hari Sabtu dan Ahad diadakan kajian Al-Qur’an dan Hadist yang dipandu langsung oleh ustadz yang ahli dibidangnya sehingga diharapkan para siswa dapat memahami Al-Qur’an dan Hadist dengan baik dan dapat melaksanakannya dalam kehidupan sehari – hari.
    5. Bahasa sehari-hariBahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan di asrama dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar para siswa memiliki dasar kuat untuk belajar agama mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan/sains.

Address

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.