Daarut Tauhiid, Pondok Pesantren Terbaik di Bandung  

daarut-tauhiid
Inti aktivitas di Daarut Tauhiid adalah di bidang pendidikan, dakwah dan sosial. Namun sebagai sebuah pesantren, maka pesantren Daarut Tauhiid terdapat beberapa keunikan atau kekhasan dibandingkan pesantren lain pada umumnya.
Secara legal-formal Yayasan Daarut Tauhiid didirikan dengan akta notaris Nomor: 8, tanggal 4 September 1990, dibuat oleh Wiratni Ahmadi, SH.  Notaris di Bandung, dan telah diubah dengan akta Notaris Nomor : 17, tanggal 22 April 2004, yang dibuat oleh Dr. Wiratni Ahmadi, SH.  Notaris di Bandung, tentang pendirian Yayasan Daarut Tauhiid. Dalam hal ini dapat dipahami bahwa Yayasan Daarut Tauhiid merupakan badan hukum pengelola Pesantren Daarut Tauhiid.

Sebagaimana pesantren lain pada umumnya inti aktivitas di Daarut Tauhiid adalah di bidang pendidikan, dakwah & sosial. Namun sebagai sebuah pesantren, maka pada pesantren Daarut Tauhiid terdapat beberapa keunikan atau ke-khas-an dibandingkan Pesantren lain pada umumnya. Salah satu diantaranya adalah tingginya intensitas aktivitas [usaha] ekonomi di dalam lingkungan Pesantren Daarut Tauhiid. Tingginya intensitas aktivitas [usaha] ekonomi tersebut dapat dirasakan baik sejak awal masa pendirian maupun hingga saat ini.

Setidaknya ada 2 faktor atau kondisi yang dapat digunakan untuk menjelaskan keunikan di atas, yaitu semangat wirausaha dan prinsip kemandirian. Semangat wirausaha merupakan sebuah keniscayaan yang melekat pada diri KH. Abdullah Gymnastiar [Aa Gym] selaku pendiri dan pemimpin sentral di Pesantren Daarut Tauhiid. Di sejumlah literasi kita dapat menemukan cerita perjalanan hidup beliau yang diantaranya diliputi dengan terjadinya proses tumbuh kembang jiwa wirausaha pada diri beliau. Jiwa itulah yang kemudian menjelma menjadi sebuah semangat wirausaha yang mewarnai corak Pesantren Daarut Tauhiid yang beliau pimpin secara langsung. Di sisi lain, dapat kita pahami pula bahwa semangat kemandirian adalah sebuah cita-cita dan idealisme para pendiri Pesantren Daarut Tauhiid agar tumbuh kembang Pesantren Daarut Tauhiid dan keseluruhan aktivitasnya didasarkan kepada kemampuan diri, bukan atas ketergantungan kepada bantuan atau sokongan dari pihak lain. Sehingga diharapkan akan muncul independensi dan keleluasan dalam berkreasi. Tentu pada idealisme tersebut tidak dinafikan adanya peluang kemitraan dan kerjasama dengan sebanyak-banyaknya pihak. Dalam hal ini maka semangat wirausaha dan semangat kemandirian adalah sebuah paket yang saling menunjang satu sama lain. Kemandirian dapat terwujud karena adanya aktivitas wirausaha.

Selajutnya aktivitas [usaha] ekonomi ini kemudian dapat pula dipandang sebagai bagian dari atau bahkan nilai tambah bagi garapan Pesantren Daarut Tauhiid di bidang pendidikan, dakwah dan sosial yang terelaborasi pada satu konsep tata nilai yang disebut Manajemen Qolbu [MQ]. Konsepsi dasar MQ meliputi 4 komponen, yaitu: Ma’rifatullah, Manajemen Diri, Entrepreneurship, dan Leadership. Tata nilai MQ inilah yang kemudian menjadi dasar dan filosofi bagi organisasi Pesantren Daarut Tauhiid yang dikenal dengan rumusan statement “Menuju Generasi Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar”.

Berangkat dari dasar pemikiran di atas, maka kelembagaan Pesantren Daarut Tauhiid secara evolutif terus mengalami perubahan dan penataan. Hal tersebut ditandai dengan pendirian Koperasi Pondok Pesantren [Kopontren] DT pada tahun 1994 dan MQ Corporation atau PT Manajemen Qolbu pada tahun 2002. Pendirian kedua badan usaha tersebut menjadikan aktivitas usaha/ekonomi yang semula dilakukan secara langsung oleh Yayasan [secara kelembagaan] maupun oleh sebagian pengelola/karyawan Yayasan [secara perorangan] menjadi lebih tertata.

Sekalipun secara legal formal -sesuai acuan hukum positif yang berlaku- ketiga organisasi di atas [Yayasan DT, Kopontren DT & MQ Corporation] merupakan organisasi yang terpisah, namun antar organisasi tersebut satu sama lain memiliki ikatan/kaitan yang sama, yaitu Aa Gym. Sehingga dapat dikatakan bahwa sekalipun secara legal-formal terpisah, namun secara kultural dapat dikatakan bahwa Kopontren DT dan MQ Corp adalah bagian dari civitas Pesantren Daarut Tauhiid.

Untuk diketahui, secara formal kedudukan Aa Gym di Yayasan Daarut Tauhiid adalah sebagai Ketua Pembina. Sedangkan di Kopontren DT sebagai Penasihat, dan di MQ Corp saat ini sebagai salah satu pemegang saham mayoritas dan duduk di Dewan Komisaris. Kondisi kelembagaan di atas sebenarnya kerap “membingungkan” publik. Karena pada umumnya publik kerap mencampuradukan ke 3 organisasi di atas sebagai Pesantren Daarut Tauhiid secara formal.

Di tubuh organisasi Yayasan Daarut Tauhiid sendiri -mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku-, maka terdapat 3 organ Yayasan Daarut Tauhiid, yaitu: Pembina, Pengawas, dan Pengurus. Sedangkan berdasarkan struktur organisasi Yayasan Daarut Tauhiid per tahun 2016, maka di bawah koordinasi Pengurus Yayasan Daarut Tauhiid terdapat 7 [tujuh] Lembaga.

VISI YAYASAN DAARUT TAUHIID
Menjadi Pesantren Virtual yang berlandaskan Tauhiid untuk melahirkan Generasi Ahli dzikir, Ahli Fikir dan Ahli Ikhtiar.

MISI YAYASAN DAARUT TAUHIID

  • Menyelenggarakan Pendidikan Formal dan Pendidikan Non Formal untuk melahirkan Santri yang bersih Tauhiid dan memiliki kemampuan Entrepreneurship–Leadership.
  • Mendakwahkan nilai-nilai Tauhiid dengan konsep Manajemen Qolbu.
  • Menyelenggarakan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Potensi ZIS Menuju Masyarakat Mandiri.
  1. SEKRETARIAT YAYASAN DAARUT TAUHIID
  • Bagian Administrasi dan Keuangan
  • Bagian Riset, Pengembangan, Audit dan Standarisasi Program
  1. LEMBAGA SDI DAN UMUM
  • Sekretariat Lembaga SDI & Umum
  • Bagian SDI & Umum
  • Bagian Markom dan Humas
  • Bagian Sarana
  • Bagian Asset Manajemen
  • Bagian KAMTIB
  1. LEMBAGA DPU DAARUT TAUHIID

Lembaga Amil Zakat Nasional dan merupakan Lembaga Nirlaba yang bergerak di bidang penghimpunan dan pendayagunaan dan zakat, infaq dan shadaqah.

  1. LEMBAGA PUSBANG WAKAF DAARUT TAUHIID

Bergerak dibidang Penghimpunan dan Penyaluran Dana Wakaf Khususnya untuk pengembangan Pesantren Daarut Tauhiid.

  1. LEMBAGA PESANTREN DAARUT TAUHIID

Bergerak dibidang Pendidikan dan Dakwah [Menyelenggarakan Pendidikan Non Formal, meningkatkan pemahaman dan pembinaan keagamaan, melaksanakan syiar keagamaan, yaitu dakwah Islamiyah dan konsultasi keagamaan].
Unit-unit di Pesantren Daarut Tauhiid

  1. DKM Daarut Tauhiid
  • Kajian Bulanan:
  1. Program Ramadhan
  2. Perayaan Hari Besar Islam
  • Bagian Program Khusus
  1. Pelatihan Pengurusan Jenazah
  2. Pelatihan Manajemen Masjid
  3. Pesantren Itikaf Ramadhan
  • Bagian Pelayanan
  1. Pelayanan Aqiqah
  2. Pelayanan Mualaf
  3. Pelayanan Akad Nikah
  4. Pelayanan Peminjaman Aula/ruangan Masjid
  5. Pelayanan Infaq & Wakaf untuk Masjid
  6. Pelayanan Warga Sekitar Daarut Tauhiid
  1. Daarut Tarbiyah Daarut Tauhiid

Program – programnya :

  • Program Pesantren Akhlak Plus Wirausaha [APW] lama pendidikan 4 [empat] bulan.
  • Program Pesantren Mahasiswa  [PPM] lama pendidikan 1 [satu] tahun.
  • Dauroh Qolbiyah [DQ] lama pendidikan 1 [satu] bulan.
  • Program Pesantren Masa Keemasan [PMK] lama pendidikan 40 [empat puluh] hari, pendidikan pesantren untuk khusus usia 50 [lima puluh] tahun keatas.
  • Program Materi Keislaman.

  1. Baitul Qur’an Daarut Tauhiid
  • Program Tahfidzul Quran Beasiswa dan Reguler
  • Program Bimbingan Baca Quran
  • Program Bimbingan Murotal Quran
  • Program Santri Tahfidz Non Mukim dan Bin-Nadzor

[Program Tahfidz [setoran Hafalan] dan Bin-Nadzor [setoran bacaan] al-Quran yang memfasilitasi kepada para pecinta Al Quran yang memiliki aktifitas yang padat tetapi memiliki keinginan yang kuat untuk membaca dan menghafal Al Quran.

  1. LEMBAGA PENDIDIKAN DAARUT TAUHIID

Bergerak dibidang Pendidikan [Menyelenggarakan Pendidikan Formal] dan terdapat 3 unit dibawahnya terdiri dari:

  1. PG dan TK. Khas Daarut Tauhiid
  • Bertauhiid untuk melahirkan Generasi Muslim yang taat melalui pembelajaran yang terintegrasi dalam semua aspek  perkembangan anak.
  • Berdzikir dalam setiap kesempatan melalui pembiasaan berakhlak mulia agar senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.
  • Cerdas berfikir dan bertindak secara Islami melalui pengembangan kognitif dan afektif menggunakan metode aktif learning.
  • Kreatif dengan stimulus otak kiri dan kanan melalui prinsif bermain sambil belajar.
  • Mandiri secara konsep diri dan lingkungan melalui penerapan, pembiasaan agar anak tidak bergantung pada orangtua sesuai tingkat kematangannya.
  1. Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School  [SMP-DTBS]
  • Menyelenggarakan pendidikan Islam terpadu yang menyatukan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.
  • Memberdayakan sikap peserta didik untuk lebih mengenal, menghayati dan menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mendorong peserta didik untuk senantiasa berfikir ilmiah, kreatif dan eksploratif.
  • Menumbuh kembangkan kepedulian pada sesama melalui pendekatan emotional intelligence dan spiritual intelligence

3.       Sekolah Menengah Kejuruan Daarut Tauhiid Boarding School [SMK-DTBS]
–          Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, unggul, mampu bekerja mandiri, dan dapat mengisi lowongan pekerjaan sesuai kebutuhandibidangnya.
–          Membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan Teknologi Informasi dengan mengembangkan karakter baik dan karakter kuat, sehingga tercapai peserta didik yang gigih, ulet tangguh, disiplin yang disertai ketawaduan, jujur,iklhlas dan berbuat karena Allah semata.
–          Membekali peserta didik dengan nilai-nilai tauhiid dan nilai-nilai luhur dalam Islam lainnya agar mampu berbuat yang terbaik dikemudian hari sehingga mampu mandiri ataupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.
–          Kurikulum
1.        Bidang Keahlian : Teknologi Informasi
2.       Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
3.       Substansi Pendidikan:  Substansi atau materi yang diajarkan di SMK disajikan dalam bentuk berbagai kompetensi yang dinilai penting dan perlu bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan sesuai dengan zamannya. Kompetensi dimaksud meliputi kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan pekerja yang kompeten, sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan oleh industri/dunia usaha/asosiasi profesi.

Kompetensi Keahlian SMK DTBS :

  • Teknik Komputer  dan Jaringan [TKJ]
  • Akuntansi

Program Unggulan SMK DTBS : Tahfidz dan Tahsin Al-Quran.

  1. LEMBAGA STRATEGIS DAARUT TAUHIID

Unit dibawahnya:

  1. KBIH Daarut Tauhiid.

Program :

  • Bimbingan Manasih Haji
  • Bimbingan Manasik Umroh
  1. SSG Daarut Tauhiid.

Program :

  • Diklat SSG Regular [lama pendidikan 4 bulan]
  • Diklat SSG Lanjutan [lama pendidikan 3 bulan]

1.  Diklat Pembentukan Pelatih.
2. Diklat Santri Lingkungan Hidup [SALIH].
3. Diklat Santri Penanggulangan Bencana [SATGANA].
4. Pembinaan Pasca Diklat.
Di wilayah [6 wilayah kota bandung], 3 wilayah luar Bandung.

  • Diklat Karakter BAKU [5 – 7 hari]
    1.  Diklat untuk lembaga/Instansi/kelompok/perorangan.
  • Diklat untuk Internal Daarut Tauhiid [lama pendidikan 3 – 7 hari].
    1.  Diklat Santri Karya Baru
    2.  Diklat Sanri Baru
  1. Klinik Daarut Tauhiid.

Layanan Kesehatan/Medis baik untuk Internal Santri maupun untuk Masyarakat Umum.

  1. Kantor Daarut Tauhiid Jakarta.
  2. Kantor Daarut Tauhiid Eco Pesantren

Alamat 

Jl Gegerkalong Girang No. 67 Bandung 40154 – Jawa Barat – Indonesia

Telp : (022) 2007950 : (022) 2003238

Fax : (202)2003238 : CP. 0813 663 17363

Website : http://daaruttauhiid.org/

Baca juga : 

 

Hello. Add your message here.