SPACE AVAILABLE

Darul Huffadh Bone – 7 Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia

pondok-darul-huffadz-77

Didorong oleh rasa tanggungjawab terhadap kelangsungan penyiaran risalah Rasulullah SAW, rasa cinta agama, nusa dan bangsa, rasa berkawajiban menunaikan tugas suci untuk menegakkan kalimat Allah dengan tidak mengharapkan sesuatu selain ridho-Nya, kesadaran terhadap kebutuhan umat islam akan pemimpin dan ulama yang cakap dan jujur, serta usaha untuk ikut serta mensukseskan pembangunan nasional.

Dengan bekal keikhlasan serta keistiqomahan Ayahanda tercinta Al-Ustadz Lanre Said, rela berjuang dan berkorban dengan penuh kesabaran dan tawakkal, untuk tetap bertahan membangun sebuah wadah sebagai tempat pendidikan umat dalam kemasan Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al Qur’an.

Melalui lemaga inilah beliau mencoba mewarnai peradaban dunia sebagaimana Rasulullah SAW mewarnai zaman Jahiliyah menuju jalan Islamiyah. Dengan membangun Jiwa Keikhlasan, Jiwa Kesederhanaan, Jiwa Kemandirian, jiwa Ukhuwah Islamiyah dan jiwa berdisiplin, melalui program program dan langkah yang disusun secara sistematis dan kondusif.

Pondok ini didirikan oleh Ust. Lanre Said pada tanggal 7 Agustus 1975 M atau 29 Rajab 1395 H pada pukul 07.00 di awali dengan 7 santri di kampung Tuju-Tuju, Kec. Kajuara, Kab Bone. Lembaga Pesantren yang awalnya hanyalah pengajian biasa secara resmi menjadi Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darul huffadh yang diresmikan oleh Bupati Bone, H.A.M Amir, pada tahun 1993. Lembaga ini berdiri tanpa panitia dan donatur.

Program Tahfidz

Menghafal Al-Qur’an adalah aktifitas inti yang dijalankan oleh pesantren. Seluruh santri setiap saat dihadapkan oleh kalam Ilahi untuk dihafal secara keseluruhan 30 juz, dibawah bimbingan langsung Bapak Pimpinan.

Majlis Tahfidzul Qur’an (MTQ) merupakan lembaga tahfidziyah di Pondok Pesantren Darul Huffadh yang dipadukan dengan Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah. Majlis ini bersamaan dengan berdirinya pondok ini yaitu pada tanggal 7 agustus 1975 di desa tuju-tuju.

Dua lembaga ini (MTQ dan KMI) wajib diikuti oleh seluruh santri yang bernaung dibawah naungan Darul Huffadh. MTQ mendidik dan mengasuh santri agar menjadi hafidz yang berkualitas tinggi, sedangkan KMI mencetak generasi yang paham akan ajaran syariat islam yang berasaskan Al-Qur’an dan Hadits Shohih. Diantara sekalian banyak kurikulum yang diajarkan di KMI adalah sebagai penopang dan penunjang dalam menghapal Al-Qur’an dengan mudah. Bagi mereka yang betul-betul menghapal dengan baik akan mempermudah mereka mengeluarkan Al-Qur’an sebagai dalil atas apa yang mereka pelajari di KMI. Pendiri Pondok Pesantren Darul Huffadh, Ustadz H.Lanre Sa’id dalam salah satu tujuannya mendirikan pondok ini adalah memberantas but abaca tulis Al-Qur’an dan mencetak para hafidz yang berbobot dan berkualitas tinggi.

Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah     

KMI merupakan salah satu muatan akademis di PPDH dengan jenjang 6 tahun bagi tamatan SD/MI dan 4 tahun untuk tamatan SMP/Sederajat. Program studi di KMI ini, dimaksudkan untuk mempermudah santri dalam mengkaji dan memperlancar hapalan mereka melalui beberapa mata pelajaran yang berpokok pada Bahasa Arabdan Bahasa Inggris secara meningkat yang sekaligus dijadikan sebagai bahasa resmi/wajib percakapan sehari-hari bagi seluruh santri dimana saja mereka berada untuk menumbuh kembangkan cinta kepada bahasa Al-Qur’an disamping Bahasa Inggris untuk membuka cakrawala keilmuan yang kian maju dengan pesatnya.

KMI yang berdiri pada tahun 1993 telah mendapatkan pengakuan ijazah dari AL-Azhar University Mesir. Dengan hal ini dapat memudahkan alumni Pondok Pesantren Darul Huffadh melanjutkan studinya di universitas tersebut.

Alamat : Desa Tarasu, Kec. Kajuara, Tuju-Tuju, Tarasu, Kajuara, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan 92776

Telepon : (0482) 2426216 

Sumber http://www.darulhuffadh.or.id/   

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.