Kafila International Islamic School Jakarta, The Best Islamic Boarding School in Indonesia 

kafila

Sekilas Sejarah – Pada pertengahan tahun 2005 sejumlah pengusaha Muslim mendirikan sebuah lembaga penampungan dan pendidikan untuk anak-anak jalanan dan yatim piatu yang diberi nama Kafila School dengan pembina lembaga adalah Ir. H. Abdullah Mas’ud dan Ust. Masrur Syamhari.

Awal mulanya anak-anak binaan Kafila School yang berasal dari wilayah Jabodetabek diasuh oleh Ust. Saifullah dan Ust. Sudarisman Ahmad sebagai pembina kepribadian akhlak dan diniyah. Lalu mulai akhir Desember 2005 Ust Arifudin Dzulzadani (asal Magelang) dan tahun 2007 Ust Nur Khamdi (asal Kebumen) didatangkan untuk membantu dan meningkatkan kualitas proses kegiatan belajar siswa.

Ada 2 jenjang pendidikan, di bawah naungan Pesantren Kafila International Islamic School (KIIS) yakni MTs. Al-Kahfi dan MA Kafila. Adapun untuk estafet Kepala Madrasah dari tahun ke tahun sbb :

1. Pada tahun 2005 – 2009 oleh Ust Sudarisman Ahmad, Lc (asal Lamongan Jawa Timur)

2. Tahun 2009-2011 oleh Ust. Muhammad Qosim, S.Pd (asal Purwokerto Jawa Tengah)

3. Tahun 2010-2013 oleh Ust. Yazid Abdul Alim, Lc (asal Bandung Jawa Barat)

4. Lalu sejak tahun 2013 – saat ini, Kepala MTs dipimpin oleh Ust. Andy Sulistiyanto, S.Sos.I (asal Wonosari Yogyakarta)

5. Sedangkan Kepala MA dipimpin oleh Ust Rudi Dwi Pramono, S.Pd (asal Jakarta Timur)

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Kahfi, didirikan pada tanggal 7 April tahun 1987 oleh Yayasan Al-Kahfi, dengan piagam pendirian No. DWJ/MTs/1986/1994 oleh Departemen Agama dengan SM : 121231750001. Mulai tahun 2006 Manajemen MTs.Al-Kahfi dikelola oleh Yayasan Kafila Thoyiba. Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) KAFILA, didirikan pada tanggal 18 Juli tahun 2009 oleh Yayasan Kafila Thoyiba, dengan piagam pendirian no. KW.09.4/4/HK.00.5/741/2011 oleh Departemen Agama dengan NSM : 131231750022.

Mulai tahun pelajaran 2006/2007, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Kahfi membuat konsep baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan membuka pendaftaran untuk pendidikan formal dengan beasiswa pendidikan selama 3 tahun. Yayasan Al-Kahfi menyelenggarakan pendidikan formal secara mandiri sekaligus menyediakan pembinaan asrama bagi para siswa (Boarding School).

Nama Kafila Islamic School diresmikan pada bulan Januari 2007 sebagai identitas pesantren dengan Pimpinan Ust. Sudarisman Ahmad dan kepala MTs. Ust Abdurrahim Qurthubi. Perluasan wilayah rekruitmen siswa pada tahun 2007 mulai menjangkau daerah Gresik dan Lamongan, Jawa Timur.

Yayasan Kafila Thoyiba

Yayasan Kafila Thoyiba didirikan pada tanggal 23 Juni 2005 berdasarkan Akta Notaris No 9, Elva Arminiaty, SH, Notaris di Jakarta dan surat Keputusan Republika Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia Nomor C-1347 HT.01.02.TH 2005 tanggal Agustus 29 tahun 2005. Yayasan Kafila Thoyiba berupaya menyelenggarakan pendidikan bebas biaya yang tidak mengandalkan bantuan Pemerintah dan Donatur, dengan jalan terus mengembangkan Unit-Unit Usaha sebagai Profit Center. Diantara perusahaan-perusahaan yang menopang perjalan KIIS adalah PT.Oilrig Bina Mas Pratama (OBP), PT.Baasithu Boga Service (BBS), PT. Excelsior Strategi Mandiri, PT. Sahara Kafila, PT. Kafila Pelita Sukses (KPS), Koperasi Kafila Thoyiba dan Kafila Sport Center (KSC).

Yayasan Kafila Thoyiba memiliki visi jauh kedepan dalam membawa Kafila Islamic School sehingga nama pesantren diubah menjadi Kafila International Islamic School (KIIS) pada tahun 2008 hingga sekarang.

Implementasi ISO-9001:2008 di lingkungan Pesantren Kafila sebagai wujud komitmen perbaikan terus menerus menjadi program pengembangan utama hingga disertifikasi pada Maret 2009. Penataan organisasi di bawah kepemimpinan Ust. Sudarisman Ahmad dan Ust Arifudin Dzulzadani sebagai Management Representative (QMR) terus dilaksanakan untuk menemukan pola manajemen yang tepat.

Kemudian sejak Juli 2006, Yayasan Kafila Thoyiba yang menaungi Kafila School memutuskan untuk membuka pesantren yang menjadikan program Tahfidz Al Qur’an dan Bahasa Arab sebagai program unggulan dengan mudir Ust. Sudarisman Ahmad. MTs Al Kahfi menjadi sebuah sekolah formal bagi para santri. Pesantren ini menjaring 15 siswa dari beberapa daerah : Jakarta, Bogor, Bandung, Cilacap, Magelang dan Yogyakarta. Merekalah siswa angkatan pertama Pesantren Kafila.

Akhirnya, Madrasah Aliyah (MA) Kafila resmi berdiri pada tahun 2010 dengan kepala sekolah saat itu adalah Ust. Yazid Abdul Alim, Lc yang merangkap sebagai pimpinan Pesantren Kafila, meneruskan tongkat estafet dari Ust. Sudarisman Ahmad yang telah membidani dan mengembangkan Pesantren Kafila selama 5 tahun dan kini melanjutkan studinya di Riyadh, Saudi Arabia.

Dalam rangka mengembangkan pendidikan di KIIS dan memenuhi keinginan konsumen. Sejak tahun ajaran 2017/2018, KIIS mulai membuka 2 kelas untuk tingkat 1 MTs, baik itu kelas beasiswa maupun kelas berbayar. Hal ini, dilakukan tidak lain adalah untuk bisa memaksimal daya tampung dan potensi para siswa di KIIS demi meraih prestasi yang lebih baik dunia maupun akhirat. (Red. Andy)

Akademik

Kafila International Islamic School adalah sebuah sekolah yang berbasis pesantren putra dengan program pendidikan selama enam tahun.

Tiga ranah (core process) yang menjadi wadah pembinaan siswa berada dalam koordinasi :

Wakil Direktur Bid. Pendidikan dan Pengajaran yang bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan belajar mengajar dalam sebuah sekolah formal.

Wakil Direktur Bid. Asrama memiliki tugas mengawal siswa untuk program pembinaan dalam kehidupan sehari-hari

Wakil Direktur Bid, Al Qur’n mendesain program tahfidz untuk siswa sehingga diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam bidang hafalan Al Qur’an.

Alamat

Jl. Raya Bogor Km.22 No. 22 Rambutan Ciracas, Jakarta Timur, 13830

Tlp. (021) 8400762

Website : http://kafila.sch.id/

Baca juga : 

Inilah Kosmetik Terbaik Pilihan Wanita Indonesia, Harga Mulai Rp1.400 Selengkapnya...
Hello. Add your message here.