SPACE AVAILABLE

Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang – 20 Pondok Pesantren Modern Terbaik

pondok-pesantren-al-khoirot-malang

Pondok Pesantren Al-Khoirot didirikan oleh KH. Syuhud Zayyadi pada 1963. Beliau merupakan bagian dari keluarga besar Bany Itsbat (Bani Isbat) dengan silsilah nasab sampai ke salah satu Walisongo (Sunan Drajad / Sunan Ampel / Sunan Giri).

PPA awalnya merupakan lembaga pengajaran Islam dengan format salaf (tradisional) murni dengan sistem pengajian sorogan dan wethonan / bandongan. Pada tahun 1966, madrasah diniyah (madin) Annasyiatul Jadidah didirikan. Madin ini menitikberatkan pada pendidikan ilmu agama dengan sistem klasikal dari kelas 1 sampai kelas 6 ibtidaiyah. Pada tahun 1977, madrasah tsanawiyah mulai dirintis oleh Kyai Syuhud, Namun sekolah ini hanya bertahan kurang dari setahun karena terkendala oleh banyak hal.

Pada tahun 2009, sekolah formal kembali didirikan tidak hanya MTS (Madrasah Tsanawiyah) tapi juga MA (Madrasah Aliyah) dengan nama MTS dan MA Al-Khoirot. MTS dan MA Al-Khoirotmendapat sambutan cukup baik dari masyarakat baik di lingkungan sekitar maupun dari kawasan lain di Indonesia baik dari dalam Pulau Jawa maupun dari luar Jawa.

Keunikan dari MTs dan MA Al-Khoirot adalah siswanya diwajibkan belajar di dalam pondok pesantren. Tidak boleh sekolah dari luar. Begitu juga sebaliknya, santri harus menjadi siswa MTS dan MA kecuali bagi yang sudah lulus SLTA atau mau memfokuskan diri pada program Tahfidz Al-Quran. Intinya, santri harus menjadi siswa dan siswa harus menjadi santri. Sehingga peserta didik betul-betul mengalami transformasi total baik dalam keilmuan maupun perilaku ketika mereka lulus dari MTS MA, maka mereka juga diharapkan lulus dari Madrasah DiniyahPesantren Al-Khoirot.

Pada tahun 2012, PPA membuka program baru menghafal Al-Quran (Tahfidzul Quran) dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang Qurani tidak hanya dalam keilmuan tapi juga dalam perilaku.

Lokasi 

Pondok Pesantren Al-Khoirot berlokasi di desa Karangsuko yang berada di antara kota Kepanjen (7 km ke arah timur) dan Gondanglegi (5 km ke arah barat), kabupaten Malang. Transportasi yang tersedia adalah angkutan kota (angkot) dan ojek. Klik link di atas untuk lebih detail.

Telepon 

Alamat kontak nomor telpon yang dapat dihubungi bagi yang ingin menanyakan lokasi pesantren atau informasi lebih detail. No Telpon Putra: Ali Mahfudz: 082333735161; Husain: 0857-0000-1029; Edy Purwanto: 0856-4315-3185 No. Telpon Putri: 085815000572 dan 081555327272

Aqidah 

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) bersistem salaf dan modern dengan aqidah Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) Asy’ariyah, madzhab fiqih Syafi’iyah dengan afiliasi kulturan Nahdlatul Ulama (NU) yang toleran. PPA BUKAN pesantren Salafi Wahabi (Sawah) atau Muhammadiyah.

Website : http://www.alkhoirot.com/

Baca juga : 

Inilah 20 Pondok Pesantren Modern Terbaik dan Terbesar Di Indonesia

Ingin Hafal Al Qur’an? Inilah 7 Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia yang Bisa Menjadi Rujukan

5 Kunci untuk Menguak Rahasia SUKSES SEJATI dalam Kehidupan Anda

10 Esai Inspiratif tentang Pengembangan Diri dan Motivasi

Kompilasi Tafsir Al Quran

Hello. Add your message here.