Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi 

pondok-pesantren-al-matuq-sukabumi

Ma’had Al-Ma’tuq pada awalnya merupakan lembaga sosial di bawah binaan Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, yang menampung anak-anak yatim dari berbagai daerah di Indonesia. Diresmikan pada tanggal 2 Dzul-Qa’dah 1417 H / 11 Maret 1997 M, oleh Bupati Sukabumi dan Duta Besar Kuwait untuk Indonesia pada saat itu. Dalam perkembangan selanjutnya Pesantren Al-Ma’tuq menyelenggarakan pendidikan sendiri, dan masih dikhususkan untuk anak-anak yatim. Baru pada tahun ajaran 2007-2008 dimulai penerimaan santri-santri non yatim.

Secara administrasi pemerintahan, Pesantren Al-Ma’tuq berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, tetapi secara geografis lebih dekat ke pusat Kota Sukabumi. Jarak antara Pesantren Al-Ma’tuq dengan pusat Kota Sukabumi adalah +7 km, sedangkan dengan pusat Kabupaten Sukabumi berjarak sekitar 70 km. Dengan kondisi seperti itu, Pesantren sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi, baik dari arah Bogor dan Jakarta maupun dari arah Cianjur dan Bandung.

Pesantren Al-Ma’tuq juga memiliki letak geografis yang strategis di kaki gunung Gede dan berada di lintasan rekreasi bukit dan danau situgunung, berhadapan dengan suasana kehidupan dinamis di segitiga Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Dengan suasana desa yang asri dan udara yang sejuk, dan latar belakang pesawahan yang terhampar sejauh mata memandang, merupakan suasana yang sangat kondusif dan sangat mendukung untuk para santri berkonsentrasi menuntut ilmu.

VISI

Pesantren Salafi yang melaksanakan proses pendidikan Islam secara optimal, untuk melahirkan generasi unggul dalam aqidah,  ibadah dan akhlak secara integral, memiliki wawasan internasional, dan mampu menghadapi tantangan global.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan metode dan sarana selalu mengikuti perkembangan zaman.
  2. Menanamkan aqidah Ahlusunnah dengan pemahaman Salafusshalih.
  3. Membina ibadah yang benar dan akhlak yang mulia.
  4. Menanamkan cinta kepada Al-Qur’an, Sunnah, Bahasa Arab dan seluruh ilmu-ilmu syar’i.
  5. Membangkitkan semangat dakwah untuk memperbaiki kondisi umat Islam.
  6. Mengajarkan ilmu-ilmu umum dan bahasa Inggris sebagai wasilah untuk dakwah.
  7. Membekali peserta didikdengan keterampilan hidup agar mampu mandiri dan siap menghadapi tantangan zaman.

TUJUAN

  1. Melahirkan generasiyang menguasai berbagai disiplin ilmu terutama bidang aqidah dan syari’ah sesuai pemahaman salafus shalih.
  2. Mencetak da’i-da’i yang berkepridadian Islam dalam aqidah, ibadah, maupun akhlaq, dan memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi kendala dakwah, seta memiliki keterrampilan hidup untuk mengghadapi tantangan zaman dan persaingan global.

Hubungi Kami

Sekretariat Ma’had Al-Ma’tuq:

Jl. Kadudampit KM. 03 Desa Gunungjaya Kec. Cisaat Kab. Sukabumi

Kode Pos 43152 Telp. (0266) 229949 Fax. (0266) 221450

Email. almatuq@yahoo.com

0812.1236.4442 (Ust. Buldan/Abu Haitsam)

0857.9841.3140, 0812.1089.2546 (Ust. Gaus/Abu Balqis)

Sumber : http://almatuq.net/

***

Tafsir Al Qur’an :: Hadits Arba’in :: Minhajul Muslim :: 100 Motivasi Islam

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.