Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta

ponpes-ali-maksum

Pendidikan di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak menganut pola campuran yang terintegrasi baik ke dalam sistem formal maupun nonformal. Pengajian kepesantrenan sebagai bentuk pendidikan nonformal di samping dalam rangka mempertahankan pola konvensional, juga sebagai wahana pengintensifan pendidikan dan bimbingan kepribadian antar personal dalam bentuk metode sorogan dan bandongan.

Sedangkan pendidikan pola madrasah-formal diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan juga untuk mengembangkan metode-metode belajar mengajar moderen secara klasikal dan terukur dengan tetap memasukkan muatan-muatan kepesantrenan di samping materi non-ilmu keagamaan. Berikut ini adalah profil lembaga pendidikan formal Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak :

1. Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum

Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum adalah sekolah formal setingkat SLTP  berciri-khas agama Islam dengan status Terakreditasi A. Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum memadukan program kurikulum lokal pondok pesantren dan kurikulum nasional (Depag dan Diknas)

Pengembangan bakat dan minat siswa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Ali Maksum dilaksanakan melalui kegiatan ekstra kurikuler antara lain : belajar kelompok setiap malam, pendidikan pers, majalah siswa, majalah dinding, buletin siswa, ilmiah remaja, pelatihan kepemimpinan, pidato empat bahasa, komputasi, keterampilan tata boga, Palang Merah Remaja (PMR), beladiri Pencak Silat Pagar Nusa, olah raga (sepakbola, bola voli), kesenian qasidah dan hadrah, seni baca Al-Qur’an, Muhadloroh Arabiyyah dan English Meeting dan sebagainya.

Telepon: 0274 711 5580  / 0274 376 500

2. Madrasah Aliyah Ali Maksum

Madrasah Aliyah merupakan lembaga pendidikan formal setingkat SLTA dengan akreditasi A. MA Ali Maksum menyelenggarakan pendidikan dengan 3 jurusan :

  1. Jurusan Agama
  2. Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial

Telepon: 0274 379 102

3. Lembaga Kajian Islam Mahasiswa (LKIM)

Lembaga Kajian Islam Mahasiswa merupakan lembaga pendidikan tinggi nonformal pondok pesantren yang diselenggarakan oleh Pondok pesantren Krapyak Yogyakarta khusus bagi mahasiswa (PT umum maupun PT agama) yang berminat belajar agama Islam. Mereka yang pada pagi harinya kuliah di beberapa perguruan tinggi tersebut, jika sore, malam dan pagi hari mengikuti kegiatan pengajian program LKIM untuk mendalami Agama dan pelatihan dakwah serta kepemimpinan.

Untuk menjamin kualitas pendidikan, para santri-mahasiswa LKIM dibimbing oleh dosen dan para ustad (alumnus PT dalam dan luar negeri) baik dari dalam dan luar pondok pesantren yang ahli di bidangnya, yang akan mengantarkan santri mahasiswa memiliki wawasan yang luas dalam memahami ajaran-ajaran Islam.

Telepon: 0274 411 706

4. Ma’had Aly

Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta berikhtiar menyelenggarakan pengembangan pendidikan keagamaan, maka didirikan Ma‘had Aly (Pendidikan Tinggi Pesantren) untuk menjawab dan merespon tuntutan lahirnya kader ulama yang mampu mengembangkan dan mengaktualisasikan keilmuannya serta andil dalam merespon setiap dinamika di tengah masyarakat. Ma’had Aly Krapyak Yogyakarta menjadi Lembaga pendidikan tinggi, pusat studi, dan kaderisasi ulama pesantren yang unggul dalam mewarisi tradisi tafaqquh fi ad-diin dan menebarkan islam rahmatan lilalamin. Dengan visi besar ini diharapkan mampu mencetak insan yang memiliki kapasitas keilmuan mumpuni diberbagai bidang baik keilmuan pesantren dengan konsentrasi (takhossus) pada kajian fiqh dan ushul fiqh, sekaligus mampu menumbuh-kembangkannya dalam tradisi riset dan kajian fiqh yang mendalam, utuh dan menyeluruh.

Dengan demikian, secara filosofis-sosiologis, hadirnya Ma’had Aly Krapyak diharapkan menjadi lokomotif dalam melakukan penyebaran agama dan pemahaman yang damai, toleran, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan, sekaligus menjadi garda terdepan dalam membangun pemahaman Islam yang rahmatanlil’alamin. Hadirnya Ma’had Ali yang diselenggarakan Pondok Pesantren Krapyak diharapkan dapat mengambil bagian strategis sebagai barometer tingkat peradaban pendidikan Islam yang dibanggakan.

Visi dan Misi

Visi :
Lembaga pendidikan tinggi, pusat studi, dan kaderisasi ulama pesantren yang unggul dalam mewarisi tradisi tafaqquh fi ad-diin dan menebarkan islam rahmatan lil alamin
Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pesantren dengan konsentrasi (takhossus) fiqh dan ushul fiqh, dengan kajian unggulan maqoshid syariah dan fiqh transformatif (tahawwulat).
2. Menumbuh-kembangkan tradisi riset dan kajian fiqh yang mendalam, utuh dan menyeluruh.
3. Menciptakan lingkungan dan budaya yang mendukung penempaan santri nusantara dalam aspek batiniah, kepribadian, pemikiran, dan keterampilan.
4. Mempersiapkan kader ulama yang mampu mengembangkan dan mengaktualisasikan keilmuannya serta andil dalam merespon dinamika masyarakat.
5. Mendorong penyebaran Islam rahmatan lilalamin melalui pemanfaatan teknologi informasi dan seni budaya, penguatan jaringan antar pesantren dan kerja sama antar lembaga.
Tujuan
1. Terselenggaranya pendidikan tinggi pesantren dan pusat studi fiqh dan ushul fiqh yang komprehensif dan holistik.
2. Terwujudnya generasi mutafaqqih fi ad-dinn yang unggul, piawai dan berkarakter.

Program Studi dan Gelar Akademik
Program Studi
Program Studi (Takhossus) Ma’had Aly Krapyak Yogyakarta yaitu Fiqh dan Ushul Fiqh.
Gelar Akademik
Sebutan gelar akademik Ma’had Aly Krapyak Yogyakarta mengacu kepada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku / Sarjana Agama (S.Ag).

Tenaga Pendidik
Ma’had Aly Krapyak Yogyakarta memiliki dosen/mudarris dengan kompetensi yang mumpuni dalam bidangnya. Berikut nama-nama tenaga pendidik.
1. KH. Afif Muhammad, MA
2. KH. Dr. Hilmi Muhammad, MA
3. KH. Sahiron Syamsuddin, MA., Ph.D
4. KH. Dr. Abdul Ghofur Maimun, Lc., MA
5. KH. Dr. Habib Syakur, M.Ag
6. KH. Zaky Muhammad, Lc
7. KH. Muhammad Nilzam Yahya, M.Ag
8. KH. Asyhari Abta, M.Pd.I
9. KH. Drs. Henry Sutopo
10. KH. Dr. Abdul Mustaqim, M.Ag
11. H. Widyawan, M.Sc., Ph.D
12. Ust. Dr. Aguk Irawan MN, Lc., MA
13. Ust. Dr. M Ikhsanuddin, M.Si
14. Ust. Dr. Fuad Mustafid, M.Ag
15. Ust. Andi Ardiyan M, Lc., MH
16. Ust. Nasih Burhani, MA

Telepon: 0274 411 706

5. Madrasah Tahfidzill Qur’an

Madrasah Tahfidz bertujuan membimbing santri menghafal al-Qur’an serta mendalami Ilmu-Ilmunya, memiliki moralitas dan akhlaq Qur’ani dan sekaligus diharapkan dapat mengamalkan ajaran-ajaran al-Qur’an dalam kehidupannya. Seorang santri dengan kecerdasan yang cukup, rata-rata dapat menghafal al-Qur’an antara 2 s/d 4 tahun, namun untuk menghafal al-qur’an dan memahami tafsirnya serta  mendalami ilmu-ilmunya memang diperlukan waktu lebih lama lagi.

Santri Tahfidz ini adalah adalah santri yang sudah selesai mengaji al-Qur’an binnadri (dapat membaca al Qur’an dengan fasih) dan memiliki niatan kuat untuk menghafalkan dan mendalami al-Qur’an.

Telepon: 0274 385 273

6. Madrasah Diniyah

Pendidikan khusus ilmu keagamaan, Madrasah Diniyah Ali Maksum ini didasarkan atas kebutuhan spiritual masyarakat untuk memperoleh dasar pendidikan agama Islam. Sasaran lembaga ini adalah para pelajar SD, SLTP/ SLTA yang ada di Yogyakarta ini yang bermaksud menimba ilmu agama. Oleh karena itu diselenggarakan madrasah Diniyah dengan pengelolaan khusus yang merupakan konsumsi untuk masyarakat di luar pondok pesantren.

Madrasah Diniyah Ali Maksum memulai tahun ajaran barunya bersamaan dengan tahun ajaran baru di sekolah-sekolah umum dengan menyelenggarakan jenjang pendidikan sebagai berikut :

a. Tingkat Awwaliyah (Dasar), 4 tahun ( kelas 1 – 4 )

b. Tingkat Wustho (Menengah), 2 tahun .

c. Tingkat Ulya (Atas), 2 tahun .

Telepon: 0274 386 236

7. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Plus

TPQ Plus ini merupakan salah satu lembaga di bawah Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak dalam usaha memenuhi kebutuhan masyarakat umum akan pentingnya pendidikan dan pengajaran al-Qur’an bagi anak dengan cara cepat dan tepat. Lembaga ini karenanya dikhususkan bagi anak usia TK/ SD yang berada di lingkungan pondok pesantren. Selain memperhatikan aspek psikologi anak dan penambahan pelajaran praktek ibadah, TPQ ini memiliki kekhasan, yaitu digunakannya pola pengajaran baca tulis al-Qur’an yang disesuaikan dengan kaidah Bahasa Arab. Peserta didik karenanya selain mampu membaca al-Qur’an dengan baik, juga dapat memiliki pengetahuan dasar Bahasa Arab.

TPQ Plus Ali Maksum dengan sistem tersebut dimaksudkan agar anak/siswa :

a.      Dapat membaca al-Qur’an dengan fasih.

b.      Bebas dari buta baca tulis huruf Arab.

c.      Mampu  mengamalkan ajaran ibadah dengan baik dan benar.

d.      Memiliki akhlaqul karimah dan budi pekerti

Materi Pendidikan TPQ Plus Ali Maksum meliputi : penguasaan buku pegangan Qiro’ah Muyassaroh,  hafalan surat-surat pendek, do’a sehari-hari, praktek ibadah, belajar, cerita, bermain dan menyanyi lagu-lagu Islami.

Telepon: 0274 386 236

8. SMP Ali Maksum

SMP Ali Maksum adalah sekolah berbasis pesantren dan membuka program unggulan yang didukung oleh program-program dan metode-metode pembelajaran mutakhir seperti Scud Memory, Brain Gym, Multiple Intelligences, Brain Based Learning, serta International Language Community. SMP Ali Maksum bernaung dibawah Kementrian Pendidikan Nasional.

Alamat

Yayasan Ali Maksum, Pondok Pesantren Krapyak

Jalan Kyai Haji Ali Maksum PO. Box 1192 Krapyak, Yogyakarta, Indonesia 55188

Telepon: +62 274 450 103

Email : info@krapyak.org

Website : info@krapyak.org

Baca juga : 

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.