Pondok Pesantren Dayah Modern Darul ‘Ulum, Pondok Pesantren Terbaik di Aceh

dayah-modern-aceh-lite

Pesantren/Dayah Modern Darul ‘Ulum YPUI Banda Aceh didirikan oleh Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) pada tanggal 01 Juni 1990 di atas areal komplek YPUI seluas ± 48.938 m3, sebagaimana tertera dalam Sertifikat Hak Pakai Nomor : 170 Tanggal 23 Oktober 1996. Komplek Pesantren/Dayah Modern Darul ‘Ulum YPUI ini tepatnya berada di Jalan Syiah Kuala Nomor 5 Kelurahan Keuramat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Ditetapkan nama Darul ‘Ulum mengandung suatu harapan agar Komplek YPUI dapat menjadi lingkungan ilmu pengetahuan tempat lahirnya Generasi Penerus Islam yang berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas dengan landasan Iman dan Taqwa.

Proses kegiatan belajar-mengajar di Darul ‘Ulum dimulai pada Tahun Pelajaran 1990/1991 untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan jumlah santri/siswa 14 orang. Pada awalnya, Darul ‘Ulum hanya menampung santri laki-laki sampai dengan tahun ke-3 (Tahun Pelajaran 1992/1993). Kondisi ini disebabkan karena pada awal berdirinya fasilitas yang tersedia masih sangat sederhana dan terbatas, sehingga belum memungkinkan untuk menampung santri putri.

Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan Daerah Aceh umumnya dan Pesantren/Dayah Darul ‘Ulum khususnya didukung penuh dengan harapan dan keinginan masyarakat yang terus meningkat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke Pesantren/Dayah ini, maka pada Tahun Pelajaran 1993/1994 setelah fasilitas memungkinkan — meski sangat terbatas — barulah dibuka penerimaan bagi santri putri seiring dengan dibuka pula Madrasah Aliyah sebagai lanjutan dari jenjang Tsanawiyah yang telah ada.

Pada Tahun Pelajaran 1999/2000 Pesantren/Dayah Modern Darul ‘Ulum juga membuka SMP Islam Darul ‘Ulum yang secara Kurikulum tunduk pada DIKNAS, sekolah ini sesungguhnya bukanlah sekolah baru akan tetapi SMP Islam ini merupakan sekolah yang telah ada sejak semula dan berada pada satu lingkungan/komplek yang berdiri sendiri terlepas dari Pesantren/Dayah, baru kemudian pada Tahun Pelajaran 1999/2000 SMP Islam tunduk dibawah binaan Pesantren/Dayah Darul ‘Ulum YPUI Banda Aceh.

Guru dan Pembina Berdedikasi

Guru dan pembina santri merupakan lulusan S1 dan S2 dalam dan luar negeri, di antaranya: lulusan Universitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry, Dayah Darussalam Labuhan Haji, Ponpes Darussalam Gontor, Dayah Darul Huda Paloh Gadeng, Universitas Al-Azhar Mesir, dll.

Kurikulum Plus

Dayah Modern Darul Ulum menggunakan penggabungan kurikulum dari Depag, Diknas, dan Kurikulum Pengembangan Dayah Mandiri.

Qiraatul Quran wa Tajwid, Aqidah Islamiyah (Tauhid), Durus al Lughah al Arabiyah, Nahwu wa Sharaf, Al-Mumarasah al Lughawiyah, Muthala’ah, Insyak, Imlak, Mahfudhat, Fiqh, Tahfidzul Quran dan Ulumul Quran, Hadist dan Musthalahul Hadits, English, TOEFL, TOAFLE.

Laboratorium & Pustaka

Dayah Modern Darul Ulum memiliki 2 laboratorium komputer full akses internet dan gratis untuk kepentingan pendidikan santri, 4 perpustakaan dengan buku yang lengkap, dan Laboratorium sains untuk kepentingan praktikum sains.

Pembinaan Bakat Santri

Dayah Modern Darul Ulum memiliki kelompok pembinaan bakat dan minat santri sesuai dengan keinginan dan bakat yang dimiliki santri, di antaranya : Pramuka, Sanggar Seni, Kelompok Debat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Komunitas Astronomi, Sastra dan Jurnalistik, Komputer, Karya Tulis Ilmiah, Kaligrafi, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Pidato 3 bahasa, Sepak Bola, Basket, Tarung Derajat, Olimpiade Sains dan lainnya, dengan pembina khusus untuk tiap-tiap cabang.

Lokasi Strategis

Dayah Modern Darul Ulum berlokasi tepat di jantung kota, berada di dekat jalan protokol sehingga mudah diakses. Lokasi yang strategis di tengah kota, membuat akses wali santri ke dayah menjadi mudah dalam mengunjungi santri dan santri juga dapat mudah mengunjungi serta memanfaatkan berbagai fasilitas, situs pendidikan, dan situs wisata sejarah untuk umum di Kota Banda Aceh.

Pendaftaran

Pendaftaran santri baru, hanya dibuka setahun sekali pada sekitar awal bulan Maret. Informasi tentang pendaftaran akan disampaikan melalui harian Serambi Indonesia dan website DarulUlumAceh.net setiap ada penerimaan santri baru.

Pondok Pesantren Dayah Modern Darul ‘Ulum 

Jl. Syiah Kuala, Bandar Baru, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh 24415 Telepon (0651) 23452

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.