SPACE AVAILABLE

13 Peluang Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis dengan modal kecil yang sering dikerjakan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

A. Bisnis Offline Dari Rumah

Ada banyak sekali peluang bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat. Walaupun begitu kita harus mempertimbangkan market yang ada di sekitar kita, apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana? Berikut ini adalah beberapa jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan:

1. Membuka Jasa Menjahit

Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, terutama mereka yang memiliki tubuh yang agak gemuk atau terlalu kurus. Nah, mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.

Selain untuk membuat pakaian baru, jasa menjahit sering juga dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu besar, atau sekedar memasang atribut tertentu di pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak sekali orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya sedang hits, namun saat akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, untuk mengecilkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari jasa penjahit yang bisa mengecilkan pakaian tersebut.

2. Bisnis Kuliner

Kalau Anda memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan bisnis ini. Usaha ini sangat cocok untuk orang yang menyukai tentang dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Perlu diketahui juga bahwa #bisnis kuliner adalah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Mengapa? Karena kuliner atau makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Walaupun saat ini telah banyak kita temukan berbagai jenis usaha kuliner, tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner lain dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil lho. Dan bila Anda tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli #bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba makanan camilan. Salah satu bisnis franchise makanan ringan yang bisa Anda pertimbangkan adalah waralaba tahu jeletot.

3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Memulai bisnis jual pulsa saat ini sebenarnya cukup mudah dan murah, hanya dengan modal awal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini, bisa dikerjakan di mana saja dan siapa saja. Bila Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network, organisasi di mana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka bisnis jual pulsa bisa sangat menguntungkan lho karena kita bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di network, organisasi, dan kampus.

Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik butuh keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena saat ini persaingan jual pulsa elektrik sudah cukup ketat. Dan untuk memulai, maka Anda harus mendaftar menjadi agen jual pulsa elektrik di beberapa Distributor pulsa elektrik, seperti: Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com, Centerpulsa.com, dan lain-lain.

Ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya adalah:

a. Mendaftarlah menjadi agen pulsa pada distributor pulsa terpercaya

b. Jangan mengambil untung terlalu besar

c. Jangan berikan kesempatan orang untuk nge-bon pulsa

d. Promosi dengan memperhatikan etika, baik itu melalui media sosial ataupun media lain

e. Pertahankan memberikan pelayanan yang baik pada semua pelanggan

4. Bisnis Membuka Les Private/ Kursus

Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain keahlian kita tersebut bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.

Uniknya, sekarang menjalankan bisnis les private atau kursus ini bisa dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar.com.

Jadi, Sekolahpintar.com menjadi media penghubung antara guru dan murid yang ingin belajar secara online. Materi pelajarannya dalam bentuk video yang bisa langsung ditonton oleh para murid. Selain itu, murid dan guru pun bisa berinteraksi tanya-jawab bila ada materi yang ingin dibahas lebih detail.

Nah, bagi Anda yang punya ilmu atau keahlian khusus tentunya ini adalah sebuah peluang bisnis yang sangat bagus, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, dan upload materi pelajaran. Yang pasti kita harus menghubungi pihak Sekolahpintar.com, karena seluruh materi pelajaran yang akan dijual di sana harus atas seijin mereka. Kalau Anda tertarik, bisa mencoba menjadi guru private online di Sekolah Pintar.

5. Membuka Warung atau Toko Sembako

Memang bisnis membuka warung/ toko sembako (sembilan bahan pokok) sangat potensial karena pasti akan terus dibutuhkan masyarakat. Namun, bisnis ini sudah cukup banyak yang menjalankannya, karena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang kita miliki.

Kita juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjalankan model bisnis ini karena tidak semua orang cocok dalam menjalankan usaha warung sembako. Model bisnis ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian, dan membutuhkan keberadaan pemilik usaha terus-menerus, sehingga mau tidak mau Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako bisa berjalan dengan baik.

6. Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya keterampilan dan kreativitas dalam mengolah gambar dan desain. Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya.

Untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang besar. Bahkan Anda bisa mulai berbisnis tanpa modal materiil dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.com, Sribu.com, Sribulancer.com, Projects.co.id, dan lainnya.

Di Ciptaloka.com misalnya, Anda bisa menjual jasa print kaos dengan desain khusus yang sudah Anda ciptakan. Jadi, orang bisa memesan kaos dengan desain tertentu melalui Anda, lalu setelah customer membayar pesanan, Anda bisa memesan kaos dengan desain Anda tersebut melalui Ciptaloka. Dengan cara seperti ini, tentunya akan sangat membantu mereka yang belum punya modal untuk membangun perusahaan percetakan tapi ingin segera berbisnis.

7. Bisnis Membuka Jasa Laundry

Bisnis laundry akan sangat laris bila berlokasi di dekat kampus, kost-kostan. Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di-laundry. Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

Ada beberapa informasi yang harus kita perhatikan bila ingin sukses di bisnis laundry;

a. Perhatikan target market. Sebelum membuka usaha jasa laundry kita harus tahu dulu siapa target market yang akan sering menggunakan jasa laundry yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan jasa laundry adalah mahasiswa, pekerja kantoran yang masih bujangan. Tapi tidak menutup kemungkinan pelanggan berasal dari segmen yang berbeda, misalnya ibu rumah tangga.

b. Modal adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Bukan hanya modal materiil tapi juga pengetahuan tentang bisnis laundry, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.

c. Lokasi usaha laundry juga menjadi faktor penentu keberhasilan di bisnis ini. Usahakan membuka bisnis laundry di lokasi yang cukup ramai, misalnya di sekitar perkantoran, perumahan, asrama, atau kost-kostan.

d. Memilih dan membina karyawan juga tidak bisa disepelekan. Bila Anda akan mempercayakan operasional bisnis laundry kepada karyawan, pastikan bahwa karyawan tersebut telah memiliki pengetahuan yang cukup baik.

e. Yang terakhir adalah proses pemasaran dan promosi. Selain menggunakan media offline untuk promosi (misalnya banner, brosur, pamflet), pertimbangkan juga untuk melakukan promosi via internet (misalnya promosi di Facebook).

B. Bisnis Online Dari Rumah

Bisnis online sangat cocok bila dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya kita punya toko yang menjual furniture cantik, nah kita bisa menjual furniture kita itu secara online, dan tentunya pasarnya akan semakin luas karena bisnis Anda bisa dijangkau lebih banyak orang via internet. Namun, bila kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis secara online.

Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal kecil:

1. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Ini adalah model bisnis yang sangat banyak dijalankan oleh internet marketer baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Untuk menjalankan bisnis afiliasi, kita tidak harus memiliki produk, tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui blog, social media, email marketing, dan lain-lain. Kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual. Produk yang dijual pun bermacam, ada produk berbentuk fisik, berbentuk digital, dan juga berbentuk membership.

Keunikan dari bisnis afiliasi ini adalah, kita tidak perlu repot mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk, packing produk, dan pengiriman produk. Kita hanya perlu mempromosikan link khusus yang didapatkan dari vendor (pemilik produk). Jika link tersebut di-klik oleh seseorang dan orang tersebut melakukan pembelian dari link affiliate milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Untuk program afiliasi lokal yang saya rekomendasikan adalah;

A. Produk Fisik

a. Lazada.com

b. Bhineka.com

c. Blibli.com

B. Produk Digital

a. Ratakan Marketplace

2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)

Memiliki sebuah #toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis online shop bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Dan bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai bisnis online shop tentunya Anda harus punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online, tutorialnya bisa kita dapatkan di internet. Setelah lanjutnya adalah mencari produsen produk atau mitra kerjasama yang memberikan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra, kita bisa mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut.

Ada beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk diajak kerjasama;

a. Cakning.com

b. Suplier.id

c. Komisian.com

3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal

Membangun blog/ website bisa menjadi salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone menjadi indikator bahwa media blog/ website ke depannya akan semakin banyak trafik, tentunya sesuai dengan niche blog/ website yang dibangun. Inilah yang bisa kita jadikan peluang bisnis dengan modal kecil.

Coba perhatikan halaman website yang linknya sering bertebaran di Facebook dan Google (misalnya Merdeka.com, Kompas.com, Alodokter.com, Viralnova.com, Cerpen.co.id, dan lain-lain) di dalam halaman website itu kita bisa melihat adanya iklan Google Adsense. Kebanyakan blog dan website portal ini me-monetize websitenya dengan program PPC (pay per click), khususnya Google Adsense.

Program PPC ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu model bisnis jaringan iklan adalah dengan mengikuti program PPC (pay per click) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulbloger, dan lain-lain. Selain iklan PPC, model bisnis iklan yang lain adalah iklan mandiri, yaitu dengan cara menawarkan space iklan pada blog Anda dengan harga yang sudah ditentukan.

Penghasilan dari blog/ website yang memasang iklan PPC maupun iklan mandiri tidak bisa dianggap remeh lho. Banyak sekali blogger dan pemilik website yang mendulang uang dari iklan di blognya, mulai dari puluhan juta rupiah, ratusan juta rupiah, hingga miliaran rupiah. Salah satu blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blognya adalah Linda Ikeji. Blogger asal Nigeria ini diperkirakan mendapatkan milliaran rupiah per bulan dari blognya.

4. Menjadi Penulis Lepas

Saat ini cukup banyak lho freelancer yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada beberapa tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak orang berprofesi sebagai penulis lepas? Masih berhubungan dengan model bisnis online di point 3, yaitu bisnis online dengan membangun blog/ website portal. Biasanya blog/ website yang sudah mulai banyak visitor akan membutuhkan tenaga penulis artikel untuk mengupdate konten. Semakin banyak konten yang dibangun, maka peluang untuk mendapatkan trafik juga akan semakin besar. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas sering dicari oleh para pemilik blog/ website.

Namun, Anda harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang pemilik blog/ website yang hanya mau membayar penulisnya dengan rate yang sangat rendah. Rate yang rendah tersebut membuat para penulis tidak bersemangat untuk menciptakan konten yang baik. Tentukanlah rate yang Anda inginkan sejak awal, sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas tulisan Anda.

5. Menjual Jasa Web Developer

Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya adalah jasa membuat website/ blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer. Peluang usaha yang satu ini menurut saya sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk bisnis mereka.

Tentunya untuk menjadi seorang web developer dibutuhkan skill yang mumpuni agar mampu menciptakan sebuah blog/ website yang profesional. Sebenarnya untuk membuat website tidak terlalu sulit, kita bisa menggunakan platform WordPress dengan tema yang sesuai dengan niche website. Namun, bila Anda ingin menjadi web developer yang sebenarnya, maka Anda perlu belajar dasar-dasar pembuatan website yang baik. Tempat belajar membuat website yang saya rekomendasikan adalah BabaStudio.

6. Bisnis MLM Online

Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik, pastikan #bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk dan sistem yang bagus dan menguntungkan.

Sebenarnya masih ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah tapi sayangnya saya tidak bisa menuliskan semuanya di artikel singkat ini. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa walaupun bisnis atau usaha yang dijalankan hanya dengan modal kecil bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga. Buktinya adalah usaha kenalan saya itu, dia tidak punya produk sendiri, dengan modal yang kecil dia menjalankan bisnis dropship, tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa, bahkan lebih besar dari gaji seorang manajer Bank. Visi dan misi, semangat dan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus tentu akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan bisa saja melebihi harapan kita. Semoga artikel ini menginspirasi Anda.

Sumber : maxmanroe.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Hello. Add your message here.