5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Kalau Mau Sukses Berbisnis

Keputusan untuk terjun di dunia bisnis merupakan keputusan yang besar. Selain berani menghadapi ketidakpastian, keputusan tersebut juga sama saja dengan memberanikan diri menghadapi masalah dan kekurangan-kekurangan pada diri sendiri.

Untuk itu, perbaikan diri atau introspeksi sangat dianjurkan jika ingin sukses berbisnis. Nah, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari kalau mau bisnis yang kamu bangun berhasil.

1. Multitasking itu gak efektif

Melakukan dua atau tiga hal sekaligus hanya enak untuk dibayangkan. Mungkin saat ini kamu pun menganggap cara tersebut lebih efisien. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari kamu melakukan tiga aktivitas sekaligus seperti memasak, menonton tv, sambil menelepon.

Ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melakukan semuanya secara bersamaan dan mendapatkan hasil maksimal. Begitu pula dalam bisnis, sebaiknya kamu konsentrasi pada suatu pekerjaan dan meraih hasil maksimal. Dibandingkan mengambil semuanya, tetapi kualitas yang dihasilkan mengecewakan. (Baca juga:Kartu Keanggotaan Belanja, Sebaiknya Punya atau Tidak?)

2. Gak punya rencana cadangan

Kalau kamu merupakan tipe orang yang merencanakan suatu hal tanpa mempersiapkan kemungkinan terburuk dan antisipasinya. Sebaiknya tidak usah jadi pebisnis. Mengapa? Karena dalam bisnis akan banyak sekali hal-hal terjadi di luar dugaan.

Rencana matang yang sudah kamu bangun bisa tiba-tiba berubah total. Untuk itu, kamu perlu memiliki rencana cadangan atau plan b. Rencana ini bisa dipakai kapan saja, bahkan ketika baru saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Tetapi sebaiknya, susun rencana cadangan ini jauh-jauh hari.

3. Tidak mengapresiasi proses

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus tekun dan tidak kenal putus asa. Pastinya merintis bisnis dari nol akan menghadapi banyak rintangan, baik yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, hentikan pemikiran kalau kamu bisa mendapat hasil besar dalam waktu singkat.

Dalam perjalanan bisnis semuanya butuh proses. Maka dari itu, berikanlah sedikit penghargaan atas proses yang kamu lalui saat menjalani bisnis.

4. Salah pilih teman

Dalam pergaulan sebaiknya tidak pilih-pilih teman berdasarkan kelas sosial, tapi yang perlu dilakukan adalah memilih teman yang baik. Sebaiknya bergaul lah dengan mereka yang bisa memberikan pengaruh baik, bukan pengaruh buruk seperti membuatmu jadi lebih boros.

Dalam bisnis juga seperti itu. Memilih mitra atau rekan bisnis merupakan hal yang krusial. Salah-salah memilih rekan bisnis, kamu justru bisa mengalami kebangkrutan nantinya. (Baca juga: Alasan Agen Travel Adalah Profesi Terbaik Dalam Hidup)

5. Sulit untuk memutuskan

Kebiasaan buruk terakhir yang harus dihindari adalah kebiasaan sulit membuat keputusan. Maksudnya apa? Contohnya ketika kamu dan pasangan ingin pergi makan, ketika ditanyakan ingin makan apa dan di restoran mana kamu bingung menjawabnya.

Nah, hilangkan kebiasaan tersebut. Karena dalam bisnis sangat dibutuhkan keberanian untuk mengambil keputusan dan tindakan dalam waktu singkat. Kalau masih suka sulit memutuskan, jangan harap bisnismu bisa berhasil.

Sumber : cekaja.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Kosmetik Terbaik Wanita Indonesia Selengkapnya...
Hello. Add your message here.