Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016

Belum lama ini Forbes merilis daftar orang terkaya di seluruh dunia. Indonesia pun kembali “menyumbangkan” taipan termasyur ke dalam daftar tersebut. Sejumlah nama masih bertahan pada posisi teratas sejak tahun lalu. Pun, terdapat juga nama-nama baru yang masuk dan mengisi jajaran 10 orang terkaya di Indonesia. Tahun ini posisi teratas masih ditempati oleh adik kakak Michael dan Budi Hartono.

Penasaran, siapa saja penduduk Indonesia yang namanya masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes? Simak selengkapnya di sini.

1. Budi Hartono

Lagi dan lagi, Budi Hartono kembali menduduki posisi teratas dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Peringkatnya dalam daftar orang terkaya di dunia adalah ranking 141. Posisinya naik satu tingkat ketimbang tahun lalu. Di usianya yang sudah mencapai 75 tahun tak lantas membuat kekayaan Budi Hartono menurun. Justru, pundi-pundinya kian bertambah berkat melambungnya harga saham yang mereka miliki di Bank Central Asia. Selain dari BCA, kekayaan Budi Hartono juga datang dari Djarum Group, perusahaan keluarga yang memproduksi rokok kretek terbesar di Indonesia.

2. Michael Hartono

Sama seperti adiknya, Budi Hartono, sang kakak Michael Hartono juga masih menempati posisi kedua dari 10 orang terkaya di Indonesia. Tahun ini, Michael menempati peringkat 146 orang terkaya di dunia. Bersama sang adik, Michael juga memegang aset berharga di Bank Central Asia. Hal lain yang menyumbang pendapatan besar Michael adalah dari industri rokok kretek yang merupakan perpaduan cengkeh, tembakau dan bahan lainnya.

3. Chairul Tanjung

Pemilik CT Corp ini naik satu peringkat dalam 10 orang terkaya di Indonesia. Sebelumnya Chairul Tanjung berada di peringkat empat. Sementara dalam jajaran orang terkaya di dunia, pengusaha berjuluk anak singkong ini berada di urutan 286. CT Corp milik Chairul Tanjung menjalankan sejumlah bisnis penting di Indonesia. Mulai dari perbankan, media, gaya hidup, hiburan hingga perkebunan. CT memegang sejumlah waralaba terkenal seperti Wendy’s, Versace, Mango dan Jimmy Choo Indonesia. Ia juga dikenal memiliki taman hiburan megah, Trans Studio.

4. Sri Prakash Lohia

Peringkat kekayaan Sri Prakash Lohia turun satu tangga dibanding tahun lalu. Sumber kekayaan pria keturunan India ini datang dari perusahaan tekstilnya yang berada di 18 negara, yakni Indorama Group. Indorama memulai bisnisnya dalam pembuatan benang pintal pada 1976. Kini mereka lebih bergerak pada produk industri termasuk polietilen, polypropylene yang digunakan untuk thermoplastic dan sarung tangan medis.

5. Bachtiar Karim

Pengusaha yang menduduki peringkat 527 orang terkaya di dunia ini sangat suskes di sektor perkebunan sawit. Bachtiar Karim mendirikan kantor pusatnya, PT Musim Mas di Medan, Sumatera Utara. Musim Mas merupakan perusahaan minyak sawit yang terbesar dan menjadi penyuplai untuk banyak bisnis. Jaringan distribusinya bahkan telah mencapai ke 80 negara. Musim Mas baru saja bergabung dengan  Indonesian Palm Oil Pledge. Perusahaan itu menandatangani perjanjian pada 2015 dengan perkebunan kelapa sawit Malaysia.

6. Mochtar Riady

Pengusaha dan CEO Lippo Group ini menduduki peringkat 6 dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Lippo Group yang saat ini yang kini dijalanlan anaknya James dan Stephen membawahi berbagai bidang usaha, antara lain di perbankan, properti, dan rumah sakit. Keberadaan Lippo Group sendiri bermula dari dioperasikannya Lippo Bank. Dari Lippo Bank inilah akhirnya Lippo Group tumbuh pesat, bahkan hingga merambah ke luar negeri.

7. Tahir

Beliau adalah pemilik Mayapada Group dan juga pemilik lisensi Forbes Indonesia. Pada tahun 2015, ia menjual saham Bank Mayapada senilai lebih dari 150 juta dolar. Hasilnya ia belikan dua bangunan, satu di Indonesia dan satu lagi di Jepang. Tercatat ia juga masih memiliki setengah miliar saham di bank dan bisnis properti lain di Indonesia dan Singapura. Tahun ini Tahir menduduki daftar 10 orang terkaya di Indonesia, sebelumnya ia tidak berada pada daftar tersebut.

8. Murdaya Poo

Murdaya Poo adalah orang terkaya ke-8 di Indonesia. Di dunia, ia menjadi orang terkaya ke-959 dengan kekayaan mencapai US$ 1,9 miliar atau setara Rp 25,2 triliun. Murdaya juga tercatat sebagai pemilik Jakarta International Expo yang merupakah salah satu venue konvensi dan pameran terbesar di Jakarta.

9. Peter Sondakh

Peter Sondakh adalah nama besar di balik kesuksesan Rajawali Group. Beliau bukan hanya konglomerat yang sukses menjalankan usaha di sektor pertambangan dan perkebunan saja. Ia juga membangun St Regis, sebuah superblock serba guna di Jakarta yang akan selesai awal 2016 ini.

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy merupakan pengusaha sukses yang bergerak di industri teknologi dan media. Salah satu perusahaannya yang terkenal adalah PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Pada 2015, Emtek memperluas usahanya dengan membeli 20 persen saham Bobobobo.com, sebuah perusahaan yang menjual produk gaya hidup. Ia juga memegang distribusi eksklusif Compaq Indonesia.

Sumber : www.aturduit.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Pasang Iklan di Website Ini +6285773713808
Hello. Add your message here.