SPACE AVAILABLE

Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !!

“Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !! ” Demikianlah sebuah kalimat lugas dan makjleb, yang pernah disampaikan Jack Ma, bilioner pendiri imperimum online Alibaba.com.

Konon Bill Gates juga pernah bilang kalimat yang mirip : kalau Anda terlahir dalam keadaan miskin itu memang bukan salahmu. Namun kalau Anda kelak meninggal dalam keadaan miskin, maka salahkan dirimu sendiri.

Pertanyaannya : apa sih ukuran miskin itu? Dan kenapa kalau kita miskin, kita harus menyalahkan diri kita sendiri?

Ukuran miskin memang relatif, namun sayangnya, kini semua harga kebutuhan pokok dan harga rumah terus melangit. Harga sebuah rumah di pinggiran kota Bekasi Barat sudah tembus 400 – 500 jutaan.

Maka saya pernah menulis, kalau income Anda hanya 7 juta per bulan, mungkin sampai pensiun Anda akan sulit membeli rumah (yang kenaikan harganya lebih cepat dari kenaikan income Anda. Realitas yang muram nan pahit bagi jutaan keluarga muda).

7 tahun lalu saya juga pernah menulis di blog ini sebuah artikel yang menimbulkan kehebohan (karena yang komentar jumlahnya ratusan; dan di-share hingga 21 ribu kali).

Dalam artikel tersebut, saya menulis agar tidak dikategorikan miskin, maka kalau Anda punya dua anak dan hidup di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia, maka income Anda minimal harus Rp 15 juta per bulan.

Tulisan itu di-publish 7 tahun silam ketika rupiah sempat berada pada angka Rp 8500 per dollar (wah nyesek dong lihat rupiah sekarang jadi 13.000).

Meski demikian, saya merasa patokan Rp 15 juta/bulan itu rasanya tetap relevan untuk hari ini (segini saja banyak yang protes, apalagi kalau dinaikkan).

Dan seperti yang saya tulis 7 tahun silam, inilah patokan income untuk menunjukkan bahwa Anda bisa hidup dengan nyaman, dan tidak miskin.

Karena itu jika hari ini usiamu sudah 35 tahun, dan income Anda belum memenuhi patokan 15 juta/bulan, maka mungkin ada yang salah dengan strategi hidup dan action-mu. Sorry guys. You better blame your self.

Oke, namun saya ingin lebih mendedikasikan tulisan ini untuk Anda yang usianya masih 25-an tahun.

Kalau usiamu sudah 35 tahun, kamu sudah terlalu tua, dan asumsi saya, sampeyan semua sudah punya tabungan minimal 350 juta. Boleh dong punya prasangka positif

Baik. Jika usia Anda sekarang adalah 25 tahun, dengan asumsi gaji atau income-mu 5 juta per bulan – maka apakah dalam periode 10 tahun mendatang, income Anda bisa dinaikkan 3 kali lipat?

BISA. Target yang sangat achievable. Kalau gagal, agak keterlaluan. Berarti sampeyan yang memang abal-abal.

Jika Anda bekerja sebagai karyawan, berikut strateginya. Analisa apakah kantor Anda sekarang menjanjikan peluang karir yang bagus? Jika ya, bekerjalah dengan tekun, lalu tebarkan PRESTASI KERJA yang wow, dan yakinlah, karirmu akan melesat. Dalam usia 35 tahun, gajimu dengan mudah akan tembus 15 juta.

Jika potensi gaji dan peluang karir di kantormu agak muram, tetaplah bekerja dengan tekun, dan tetap tebarkan prestasi kerja yang cemerlang. Why?

Sebab prestasi yang wow itu yang akan membuat CV-mu cemerlang, dan membuat perusahaan lain tertarik meng-hiremu dengan kenaikan gaji signifikan. Inilah “mentalitas kaya” : terus bekerja dengan hebat dan tetap yakin, suatu saat jalan rezeki yang lapang akan datang menghadang.

Namun, sayangnya sejumlah karyawan punya “mentalitas miskin”. Karena merasa karirnya stuck, jadi bekerja dengan biasa-biasa saja, dan tidak kreatif membangun inisiatif kerja.

Karena prestasinya biasa saja > CV-nya menjadi tidak meyakinkan > lalu mana bisa dia pindah ke perusahaan lain yang bagus, posisi yang tajir dan dengan gaji yang jauh lebih tinggi > nasib tetap muram.

“Mentalitas miskin” membentuk lingkaran setan yang membuat nasibnya stagnan.

Oke, itu strategi untuk Anda pekerja kantoran. Sementara jika Anda punya usaha sendiri, ini strateginya.

Misalkan Anda jualan kaos premium melalui online shop. Profit bersih Rp 30.000 per kaos. Jadi untuk mendapat income Rp 15 juta per bulan, artinya Anda harus jualan 500 kaos per bulan. Target yang achievable.

Bagaimana caranya? Desain produk harus wow dan unik. Caranya? Gunakan kreativitasmu. Sebab kreativitasmu itu harganya lebih mahal dibanding sebuah Toyota Alphard. Asal tau cara berpikir kreatif ya.

Strategi lain : clothing online store-mu harus bisa dikunjungi minimal 30.000 orang per bulan (bisa-lah, blog ini saja pengunjungnya 150 ribu visitors per bulan).

Itu hanya sekedar ilustrasi strategi untuk mendapatkan income Rp 15 juta/bulan jika Anda usaha sendiri.

DEMIKIANLAH, jalan strategi yang harus Anda lakoni untuk mendapatkan income Rp 15 juta per bulan kelak pada usia 35 tahun – entah Anda bekerja sebagai karyawan atau punya usaha sendiri. Dan saat ini usia Anda masih sekitar 25-an tahun.

Pertanyaannya sekarang adalah : action apa yang harus kita lakukan agar nasib kita bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Sebab ingat : Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang, jika orang itu malas melakukan action.

Selamat berjuang kawan. Selamat bekerja keras meraih rezeki yang barokah dan melimpah.

Sumber : strategimanajemen.net

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Hello. Add your message here.