Labuan Bajo

labuan-bajo

Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Saat matahari terbenam, Labuan Bajo menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan secara dramatis menciptakan efek yang ajaib, seajaib apa, Anda harus datang dan menyaksikannya sendiri.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Komodo dan Flores, hotel berbintang semakin bertambah. Di Labuan Bajo Anda akan menemukan agen perjalanan, operator selam, perahu motor, liveaboards untuk membawa Anda ke Taman Nasional Komodo, atau pergi menyelam di perairan yang masih murni. Di Labuan Bajo Anda juga bisa menyewa mobil untuk membawa Anda berkunjung ke pedalaman Flores, Gunung Kelimutu dan Maumere.

Untuk akomodasi, ada banyak pilihan di Labuan Bajo, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang direkomendasikan adalah Puri Sari Beach Hotel.

Kegiatan

Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang menghadap ke pelabuhan ini. Kebanyakan masih kosong, Anda bisa merebahkan tubuh di atas pasir sambil menikmati cahaya matahari menyirami tubuh Anda, atau coba juga kegiatan lainnya seperti: berjemur, menyelam atau snorkeling.

Pulau Bidadari memiliki pantai yang indah untuk berjemur, snorkeling dan menyelam. Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga menarik untuk kegiatan snorkeling dan menyelam. Selain itu, pulau Serayu juga memiliki pasir putih dan karang yang indah.

Berbelanja

Anda dapat membeli suvenir di toko-toko suvenir di Labuan Bajo, khususnya di Jalan Yos Sudarso. Di sana, Anda dapat menemukan kain ikat lokal dan kain songket tenun, dan patung kayu komodo. Pedagang asongan juga menjual kalung budidaya mutiara yang gagal, yang dirangkai menjadi suvenir yang indah.

Transportasi

TransNusa bekerja sama dengan Aviastar mengoperasikan penerbangan sebanyak dua kali setiap harinya dari Denpasar (Bali) ke Labuan Bajo, berangkat dari Bali pukul 08.00 dan tiba di Labuan Bajo 12.00 siang. Penerbangan memakan waktu sekitar 1 jam. Sementara mulai 27 Mei, Batavia Air telah memulai penerbangan harian mereka dari Denpasar-Labuan Bajo pukul 09.00 dan kembali dari Labuan Bajo pukul 10.45.

TransNusa juga memiliki 3 penerbangan mingguan dari Bali ke Maumere menggunakan Jet Ba3-146 dengan kapasitas 82 kursi. Selain itu TransNusa juga terbang dari Bali ke Ende dan Kupang (Timor) ke Ruteng pada hari Rabu, Jumat dan Minggu, dan Kupang (Timor) – ke Labuan Bajo setiap hari. TransNusa juga melayani Kupang – Larantuka.

Batavia Air telah mulai beroperasi dari Surabaya-Denpasar-Kupang-Maumere-Kupang menggunakan pesawat jenis B737-200. Penerbangan ke Maumere 4 kali seminggu pada hari Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu.

Merpati melayani penerbangan dari Kupang ke Maumere dan Garuda Indonesia hanya melayani Jakarta-Kupang.

Kuliner

Hotel biasanya memiliki restoran sendiri. Restoran Gardena (di Hotel Gardena), misalnya, adalah restoran favorit para pengunjung. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan Eropa dan Indonesia. Restoran ini terkenal dengan ikan asam manisnya (Kerapu atau ikan tuna) dan pemandangannya yang menakjubkan saat matahari terbenam. Restoran lainnya antara lain adalah Paradise Bar dan Lounge (dekat Golo Hilltop), Arto Moro, dan Matahari (Paradise dan Matahari memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah).

Berkeliling

Anda dapat menyewa mobil dari bandara Labuan Bajo untuk berkunjung ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi Anda, saat ini harga yang ditawarkan berkisar Rp500,000,00 per hari. Hotel dapat membantu Anda mendapatkan mobil sewaan.

Untuk mobilitas Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia, tetapi hanya beroperasi sampai 21:00. Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti ke Taman atau Rinca, kapal motor dan kapal cepat tersedia di pelabuhan.

Tips

Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. Namun Anda dapat membeli perlengkapan ini di supermarket di kota atau dari toko hotel.

#Bali & Nusa Tenggara #Nusa Tenggara Timur #Pesonaindonesiatravel

Hello. Add your message here.