Lombok

suasana-pantai-kuta-mandalika-kabupaten-lombok-timur-ntb-_170129134332-264

Dengan pantai-pantai yang indah nan ajaib, Gunung Agung Rinjani dan kehidupan laut spektakuler yang menarik untuk dijelajah, pulau lombok di Nusa Tenggara Barat memiliki banyak destinasi wisata baik di darat maupun di laut. Tidak heran jika Lombok adalah destinasi terpopuler di Nusa Tenggara Barat.

Berkunjunglah ke sini untuk berselancar merasakan ombak besar di pesisir selatan. Tantang nyali Anda dengan mendaki puncak gunung vulkanik. Sewalah sepeda dan sepeda motor untuk berkeliling di sepanjang jalanan ladang padi. Dimana saja Anda ingin meghabiskan waktu, Anda tidak akan kecewa dengan kecantikan alam yang spektakuler di sini.

Resor terbesar di sini adalah Senggigi, kota pelabuhan yang berada di pesisir pelabuhan yang menyediakan pemandangan matahari tenggelam berwarna emas yang luar biasa di Bali. Pemandangan sunsetyang luar bisa ini sangat tepat dinikmati dengan secangkir minuman yang tersedia di restoran depan laut.

Pengunjung lain di Lombok memilih untuk menghabiskan waktu mereka di pulau Gili-gili, pulau tropis yang terpencil dengan pantai-pantai yang luar biasa indahnya dan lingkungan sekitar yang mewah.

Penduduk asli lombok adalah Sasak, Lombok juga rumah bagi umat Hindu Bali dan juga sejumlah orang Cina, Jawa, Bugis dan Arab.

Sejumlah orang Sasak menganut kepercayaan Islam Wektu Telu yang didefinisikann sebagai “Islam tiga waktu” merujuk pada salat mereka yang 3 kali sehari dan berbeda dengan umat Islam yang salat 5 kali sehari. Wektu Telu adalah agama yang unik yang menggabungkan tradisi dan kepercayaan Islam kuno, kepercayaan ini hanya ditemukan di Lombok Utara. Mereka yang menjalani keyakinan ini adalah penganut agama Islam tapi sekaligus menjalani ritual-ritual tradisional. Contohnya seperti upacara Nyiu yang diadakan setelah seratus hari seseorang meninggal. Keluarga orang yang meninggal mempersembahkan seperti pakaian, sikat gigi dan makanan sehingga orang yang sudah meninggal akan tenang dalam surga.

Festival Agama lainnya diperingati pada awal musim hujan (Oktober-Desember) atau musim panen (April-Mei) dengan selebrasi di desa-desa di seluruh pulau.

Budaya Sasak sangat penting untuk kekuatan dan keahlian fisik dan banyak adat lokal mereflesika kebudayaan ini. Peresehan adalah salah satu tradisi lokal yang menggabungkan pertarungan antara dua pria yang menggunakan rotan panjang dan perisai kecil berbentuk bujung sangkar dari kulit sapi.

Musik dan tarian sangat penting dalam budaya Sasak. Tarian tradisional ditarikan selama upacara-upacara penting. Tarian ini berasal dari tari perang, seperti Gendang Beleq (drum besar) sampai Cupak Gerantang yang populer yang menceritakan kisah cinta dan romansa.

Transportasi

Perjalanan udara: ada banyak penerbangan harian antara Denpasar, Bali ke Lombok, Mataram. Bandara Selaparang Lombok terletak di bagian utara Mataram.

Penerbangan yang terbang ke Lombok:

Garuda
Lion Air
Merpati
Silk Air
Batavia Air
Trans Nusa

Penerbangan ke Lombok dari Jakarta dilayani oleh Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air dan Batavia. Laion Air dan Batavia Air transit terlebih dahulu di Surabaya. Sedangkan dari Denpasar(Bali) ke Mataram(Lombok) Trans Nusa(Trigana Air), Transportasi Udara Indonesia dan Merpati bersama-sama mengoperasikan 8 penerbangan.

Penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dilayani oleh Merpati yang mengambil rute: Kuala Lumpur-Surabaya-Mataram, sedangkan Silk Air terbang dari Singapura-Mataram tiga kali seminggu. Garuda juga memiliki penerbangan dari Kuala Lumpur ke Lombok. Bandara internasional baru mungkin akan dibuka di Lombok Tengah di akhir tahun 2010.

Perjalanan laut: kapal ferry berangkat dari Padang bai (Bali) dan Lembar (Lombok) dua kali sehari. Perjalanan memakan waktu selama 4 jam. Sepeda motor dan mobil dapat dibawa dengan ferry. Jika Anda cenderung mabuk laut berhati-hatilah karena perjalanan terkadang tidak mulus.

Kapal ferry berangkat dua kali sehari antara Labuhan Lombok dan Poto Tano di Sumbawa selama satu setengah jam.

Dengan kapal cepat: Blue Water Safari mengoperasikan kapal cepat dari Bali ke Lombok, kepulauan Gili dan Pulau Lebong.

Kuliner

Beberapa tempat populer untuk berburu kuliner terletak di Senggigi. Di sini Anda bisa mendapatkan makanan dari mulai makanan Indonesia sampai masakan Barat.

Jika Anda tidak bermasalah dengan makanan pedas, cobalah beberapa makanan Lombok yang bercita rasa pedas. Ayam Taliwang adalah ayam bakar dengan sambal pedas dan dilengkap dengan sayuran.

Masakan Sasak seperti ikan air tawar dan sate juga sangat terkenal.

Berkeliling

Bentuk transportasi di pulau ini berupa bus dan bemo(minibus kecil). Terminal bus utama adalah Mandalika terletak di Bertais.

Menyewa mobil atau sepeda motor adalah cara terbaik untuk menjelajah pulau ini. Anda dapat menyewa mobil dan sepeda morot di Senggigi. Hotel dan agen perjalanan menawarkan harga yang bersaing untuk penyewaan mobil dan sepeda motor.

Jika Anda sudah menyewa sepeda motor di Bali, Anda bisa membawanya ke Lombok dengan mengunakan kapal ferry.

Untuk mendapatkan pengalaman lokal, nikmati perjalanan Anda dengan mengendarai cidomo atau andong. Jenis transportasi lokal ini munkin bukan cara tercepat untuk berkeliling tapi cara terbaik untuk menikmati pemandangan sekitar.

Grup taksi Bluebrid yang beroperasi di Lombok.

LOMBOK TAKSI & GOLDEN BIRD
Jl. Koperasi No. 102 Ampenan, Lombok Barat NTB.
Telp:+62(370)627000, 645000
Fax:+62(370)623972
E-mail : lomboktaksi@mataram.wasantara.net.id

Bali & Nusa Tenggara, Nusa Tenggara Barat (pesonaindonesiatravel)

***

Hello. Add your message here.