10 Besar Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Yuk bagikan infonya...

pilot

Pilot Pesawat / Google

Memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji yang tinggi? Setiap orang pasti mendambakan hal ini, tidak terkecuali masyarakat di Indonesia. Tinggi-rendahnya gaji seseorang biasanya ditentukan oleh jenis profesi yang diambil dan jumlah pengalaman yang dimilki. Di Indonesia sendiri ada 10 jenis profesi yang memiliki rata-rata gaji tertinggi, berikut daftarnya untuk profesi dengan gaji tertinggi.

1. Pilot Pesawat Komersial

Menjadi seorang pilot memang tidaklah mudah. Sekolah penerbangan yang mahal dan tuntutan akan jam terbang yang tinggilah yang membuat seorang pilot pesawat komersial bergaji tinggi. Berdasarkan survey gaji pokok pilot di tahun 2017, maskapai Air Asia menggaji pilotnya dengan rata-rata Rp 47,5 juta per bulan. Sementara maskapai pelat merah yakni Garuda Indonesia membayar jasa para pilot dengan gaji Rp 36 juta per bulan, kemudian Lion Airlines sebesar Rp 10 juta. Di samping maskapai komersial, Pelita Air Service, perusahaan yang melayani carteran pesawat dan helicopter menggaji pilotnya sebesar Rp 25,5 juta.

2. Ahli Teknik Perminyakan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaji para staf perusahaan minyak memiliki rata-rata yang cukup tinggi di Indonesia, sehingga banyak orang memimpikan untuk bekerja di perusahaan minyak. PT. Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional memberikan rata-rata gaji untuk fresh graduate minimal Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per bulan. Apalagi jika bekerja di perusahaan minyak internasional seperti Chevro. Seorang fresh graduates gajinya bisa mencapai Rp 15 juta. Sementara di Total Oil Indonesia, fresh graduates digaji sekitar Rp 12 juta per bulan. Untuk level menengah dan senior, dalam sebulan mengantongi penghasilan Rp 70 juta hingga Rp 100 juta. Sebenarnya di Indonesia sendiri, gaji seorang ahli perminyakan termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia, yang menggaji ahli perminyakan mereka hingga Rp 500 juta.

3. Human Resources Manager

Pada tahun 2017 seorang manajer HRD (Human Resources Department) memiliki penghasilan di atas Rp 30 juta. Berdasarkan data dari job-like, beberapa perusahaan menggaji HRD Manager dengan angka fantastis. Misalnya di Kalbe Farma, gaji HRD Manager berkisar Rp 32,5 juta, sementara di PT. Indofood gajinya adalah Rp 55 juta setiap bulan. Angka tersebut sebanding dengan beban kerjanya, karena ia bertugas mengepalai sebuah departemen yang fungsinya merekrut dan memberdayakan sumber daya manusia terbaik demi kelangsungan perusahaan.

4. Dokter Spesialis

Gaji sebagai seorang dokter spesialis di Indonesia memang tidak memiliki standar yang sama apalagi jika membandingkan dokter spesialis yang praktek di rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Seorang dokter spesialis di RS pemerintah rata-rata hanya mendapatkan Rp10 juta per bulan dan ini sudah termasuk gaji pokok, insentif, dan jasa kunjungan pasien. Berbeda dengan dokter spesialis di RS swasta yang bisa mencapai minimal Rp 50 juta per bulannya.

5. Ahli Pertambangan

Hampir sama dengan para ahli perminyakan, profesi ahli pertambangan juga menjanjikan gaji selangit bagi para pegawainya. Risiko serta tingkat kesulitan saat bekerja membuat ahli geologi digaji tinggi. Fresh graduates di industri ini bisa digaji Rp 6 juta – Rp 8 juta. Sementara untuk level menengah dan senior, gajinya bisa mencapai Rp 30 juta per bulan. Hal ini wajar karena untuk menjadi seorang ahli geologi yang cakap di bidangnya dibutuhkan pendidikan dan pengalaman yang cukup lama.

6. Ahli Teknik Informatika

Dengan kecanggihan teknologi dan dunia digital yang semakin berkembang di Indonesia zaman ini, maka akan semakin banyak dibutuhkan sumber daya manusia dan tenaga ahli yang handal. Seorang Country Manager dalam industri teknik informatika rata-rata bisa mengantongi pendapatan sekitar Rp 125-250 juta per bulan. Sementara seorang software developer atau software engineer bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 15-35 juta per bulan dengan pengalaman kerja lebih dari dua tahun. Sedangkan, untuk pemula saja minimal bisa mengantongi gaji Rp 5-Rp 7 juta sesuai tingkat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

7. Ahli Konstruksi

Tenaga ahli konstruksi juga menjanjikan gaji yang tinggi. Bidang infrastruktur semakin berkembang pesat dan membuktikan bahwa industri ini menjanjikan bagi lulusannya. Industri ini adalah lahan basah yang cukup menggiurkan, karena seorang project manager akan diberi gaji minimal sebesar Rp 30 juta hingga Rp 70 juta setiap bulannya. Tentunya, seorang project manager mengemban tugas berat karena harus memiliki kemampuan membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget. Untuk propinsi DKI Jakarta saja, berdasarkan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum Indonesia pada bulan Maret 2013, ahli konstruksi dengan pendidikan S1 (fresh graduate) tanpa pengalaman bisa mendapat gaji sebesar Rp 20 juta, sedangkan untuk ahli konstruksi dengan latar belakang pendidikan S3 yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun bisa mencapai lebih dari Rp 60 juta per bulan.

8. Manajer Pemasaran

Menjadi seorang manajer pemasaran merupakan sebuah profesi yang vital, kenapa? Karena manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengelola sistem pemasaran meliputi strategi dan analisis pasar. Untuk itu berdasarkan survei dari Kelly Services, rata-rata seorang manajer pemasaran mendapatkan gaji sebesar Rp 60 juta per bulan.

9. Direktur Keuangan

Bekerja di industri keuangan bisa mengantongi pendapatan fantastis. Penghasilan dan risiko tugas yang diemban memang sepadan, karena butuh individu yang jujur, tekun dan teliti. Maka itu, direktur keuangan akan memperoleh peghasilan berkisar Rp 300 juta per bulan. Sementara pada posisi General Manager setidaknya memperoleh penghasilan sebesar sekitar Rp 60-80 juta per bulan.

10. Chief Executive Officer

Ini merupakan jabatan tertinggi dalam struktur pejabat korporat (eksekutif) dan posisi ini umumnya ditunjuk oleh dewan direksi sebuah perusahaan. Rata-rata seorang CEO di Indonesia bisa mendapat gaji sebesar Rp 1 milyar per tahunnya. Ini pun termasuk yang paling kecil jika dibandingkan dengan CEO dari perusahaan asing.

Sebagai tambahan salah satu profesi lainnya yang memiliki gaji tinggi di Indonesia tidak lain adalah:

11. Anggota DPR

Di Indonesia, gaji anggota DPR bisa dibilang relatif tinggi, bahkan mendapat peringkat ke-4 terbesar di dunia. Seorang anggota DPR memiliki gaji pokok sebesar Rp 15 juta yang kemudian masih ditambah berbagai mencapai tunjangan sehingga total gaji mereka bisa mencapai Rp 46 juta per bulan atau Rp 554 juta per tahunnya. Sebuah nilai yang sangat fantastis untuk orang-orang yang hanya duduk mewakili suara rakyat Indonesia.

Sumber : aturduit.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.