Puncak Kebahagiaan

Yuk bagikan infonya...

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Menciptakan langit, bumi dan segala apa yang ada di antara keduanya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu.” (QS. Al Buruj [85] : 9)

Dalam ayat-Nya yang lain Alloh Swt. berfirman,“..Dan cukuplah Allah menjadi saksi.” (QS. An Nisaa [4] : 79)

Masih banyak ayat-ayat Al Quran yang menerangkan bahwa sesungguhnya Alloh Maha Melihat dan Maha Menyaksikan. Tidak ada yang luput dari penglihatan Alloh Swt., baik yang kecil, yang besar, yang tersembunyi, yang terang benderang, yang jelas, yang rahasia. Alloh Swt. menyaksikan seluruhnya tak ada yang luput walau sekecil apapun.

Terang dan gelap sama saja bagi Alloh. Jauh dan dekat tidak ada bedanya bagi Alloh. Jadi jika ada orang melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi, sebetulnya ia hanya sembunyi-sembunyi dari makhluk.

Alloh Swt. berfirman, “Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui segala isi hati.” (QS. Al Mulk [67] : 13)

Oleh karena itu, puncak kebahagiaan adalah puasnya hati hanya dengan pangawasan dan penglihatan Alloh Swt. Sebaliknya, penderitaan terbesar itu adalah sibuknya hati dengan penglihatan dan penilaian makhluk.

Orang yang yakin Alloh Maha Melihat, maka ia tidak akan sibuk dengan pencitraan di hadapan makhluk. Orang yang sibuk dengan pandangan manusia, maka ia hanya akan fokus memperhatikan topeng, cangkang, dan lupa pada isi. Sedangkan hal ini sangat melelahkan, sumber kecemasan. Karena penilaian manusia itu semu dan tidak ada ujungnya.

Maka, beruntunglah orang yang sibuk hanya dengan penilaian Alloh Swt. Indah dalam pandangan Alloh akan indah pula dalam pandangan makhluk. Sedangkan indah dalam pandangan makhluk, belum tentu Alloh ridho. Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang sibuk dengan penilaian dan pandangan-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.