Manfaat Mengetahui Siyasah (Politik Islam)

Yuk bagikan infonya...

perang-badar

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa syariat Islam yang diterapkan dalam berbagai sendi kehidupan dan berbagai disiplin ilmu ialah bertujuan untuk memberikan kemaslahatan manusia dunia dan akhirat.

Begitupun dalam fiqih siyasah yang telah dirumuskan para ulama dengan berlandaskan pada Al-Quran dan as-Sunah serta usaha ijtihad mereka. Dengan demikian, mempelajari dan mengetahui fiqih siyasah dengan berbagi objek kajiannya memiliki manfaat yang tidak sedikit dengan alasan sebagai berikut.

Pertama, seseorang yang mengetahui dan menguasai fiqih siyasah akan dapat hidup sesuai dengan aturan syariat yang telah ditetapkan.

Kedua, fiqih siyasah merupakan kajian yang dapat memberikan respons positif terhadap perubahan dalam suatu masyarakat sebagai jawaban atas kemajuan teknologi dengan tidak melunturkan identitas Islam.

Ketiga, dalam sejarah dan perkembangannya, fiqih siyasah mengembangkan dua orientasi, orientasi dalam melestarikan nilai lama yang baik dan menggali serta menerapkan nilai baru yang lebih baik dalam kehidupan ini.

Keempat, dalam masalah tertentu, Fiqih siyasah hadir sebagai sebuah solusi yang dapat ditawarkan dalam meredam perbedaan pendapat yang muncul sehingga dapat diambil jalan tengahnya.

Kelima, Fiqih siyasah merupakan pengetahuan yang penting bagi seorang muslim, karena fiqih siyasah mempunyai hubungan yang erat dan tak dapat dipisahkan dengan disiplin ilmu lainnya. #darulilmi

Artikel terkait : 

Baca juga : 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.