Istiqomah Membawa Tenang

Yuk bagikan infonya...

Subhaanalloh. Maha Suci Alloh yang tak pernah tidur. Sungguh tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya Alloh yang Maha Memberi Hidayah kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Semoga Alloh mengkaruniakan kepada kita istiqomah. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, air menetes, lembut, kecil, tapi istiqomah, setetes demi setetes, maka batu yang keras pun menjadi cekung bahkan berlubang. Ini adalah sunnatulloh, bahwa istiqomah itu adalah kekuatan. Istiqomah itu mengundang karomah, kemuliaan.

Para kekasih Alloh Swt. itu cirinya ada dua. Pertama, adalah yakin. Dan yang kedua, adalah istiqomah. Orang yang istiqomah akan mendapat banyak keutamaan. Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Tuhan kami adalah Allah”, kemudian mereka istiqomah, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS. Fushilat [41] : 30)

Jadi dari ayat ini  kita bisa benar-benar yakin bahwa orang-orang yang istiqomah hanya menyembah kepada Alloh Swt., tanpa mempersekutukannya sedikitpun dengan sesuatu apapun, maka Alloh akan mengkaruniakan kepadanya derajat kekasih Alloh. Dan, Alloh akan menurunkan malaikat kepadanya yang kemudian buahnya adalah ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan.

Makanya orang yang istiqomah itu, berada di dalam situasi seberat apapun, sesulit apapun, dia bisa tetap tenang. Ketenangan ini tidak bisa diminta kepada manusia, tidak bisa dibeli, bahkan tidak bisa dirampok. Karena ketenangan itu adalah milik Alloh Swt. dan Alloh yang akan memberikannya kepada hamba-hamba-Nya yang terpilih.

Alloh Swt. berfirman, “Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath [48] : 4)

Orang yang istiqomah tidak akan takut pada urusan-urusan duniawi, karena yang ia takutkan hanyalah takut Alloh tidak ridho kepadanya. Orang yang istiqomah tidak akan gelisah oleh urusan dunia dan seisinya, karena baginya dunia ini tak ada artinya selain sekedar tempat singgah belaka. Tak ada yang lebih berharga baginya selain Alloh Swt.

Ketika seorang hamba Alloh sudah memiliki pendirian dan sikap yang mantap seperti ini, maka in syaa Alloh hatinya tak mudah goyah oleh bisikan-bisikan syaitan. Langkahnya akan mantap menempuh jalan yang Alloh ridhoi. Ia akan tetap kokoh meski berbagai ujian datang bertubi-tubi. Ujian-ujian malah akan menjadikan dirinya semakin kuat dalam keistiqomahan. Jika sudah demikian, in syaa Alloh, Alloh yang akan mendatangkan kepadanya berbagai pertolongan, kemudahan, kecukupan dan ketenangan

Saudaraku, semoga kita termasuk kepada golongan hamba Alloh yang senantiasa berupaya untuk istiqomah. Wallohua’lam bishowab. 

Ditulis oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Formasi CPNS untuk SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.