Mujahadah Meraih Ihsan

Yuk bagikan infonya...

Mujahadah Meraih Ihsan

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya kepada Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mendengar setiap bisikan hati, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang senantiasa dilimpahi hidayah-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Siapakah orang yang pasti paling berbahagia? Tiada lain adalah orang yang dicintai oleh Alloh Swt., Penguasa, Pemilik, Penggenggam langit, bumi dan segala apa yang ada. Dialah Dzat Yang Maha Baik, Maha Penjaga, Maha Pelindung, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dicintai manusia belum tentu bahagia. Karena manusia sama sekali tidak punya apa-apa, sama-sama sekedar nebeng di dunia. Tapi, dicintai Alloh Swt. dijamin untung dan bahagia. Lantas siapakah orang yang paling dicintai Alloh? Dialah orang yang ‘ihsan’. Penyebutan bahwa Alloh mencintai orang yang bersifat ihsan di dalam Al Quran lebih banyak daripada penyebutan kecintaan Alloh terhadap orang dengan sifat lainnya.

Apa itu ihsan? Rosululloh Saw. bersabda, “Yaitu engkau beribadah kepada Alloh seolah-olah engkau melihat-Nya, dan apabila engkau tidak bisa (beribadah seolah-olah) melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.” (HR. Muslim)

Alloh Swt. berfirman, “..Sesungguhnya Alloh selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. Ali ‘Imron [4] : 1)

Orang yang memiliki sifat ihsan senantiasa terpelihara tingkah laku, perkataan bahkan hingga setiap niat dalam hatinya. Jikalau ada sesuatu yang keliru, ia sesegera mungkin beristighfar memohon ampun kepada Alloh dan memperbaikinya. Mengapa demikian? Karena ia selalu ada dalam kesadaran dan keyakinan bahwa Alloh Maha Mengetahui setiap kejadian sekecil apapun.

Orang yang ihsan senantiasa merasa dekat dengan Alloh dan selalu mengharapkan cinta-Nya. Dan, inilah karakter orang yang oleh Alloh banyak disebutkan di dalam Al Quran, sangat Alloh cintai. Semoga kita tergolong hamba-hamba yang sangat dicintai Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. [smstauhiid]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Program Warisan Rp 1 Miliar Selengkapnya...
Hello. Add your message here.