Mendidik Anak di Era Digital Memiliki Tantangan yang Tidak Mudah. 9 Hal ini Mempersiapkan Anak Memasuki Era Digital

Yuk bagikan infonya...

Mendidik Anak di Era Digital Memiliki Tantangan yang Tidak Mudah. 9 Hal ini Mempersiapkan Anak Memasuki Era Digital

Membesarkan anak di era digital memiliki tantangan yang lebih besar daripada era sebelumnya. Jika dulu, orang asing hanya bisa ditemui di luar pintu pagar, kini mereka dapat dengan mudah menemui anak-anak anda melalui layar komputer atau gadget. Karena itu, anda sebagai orang tua dapat melakukan hal-hal di bawah ini sebelum membuka pintu dunia digital kepada mereka.

1. MEMPERSIAPKAN DIRI ANDA

Ya, langkah ini sangat penting. Berhati-hatilah dalam mengekspresikan ketidak sukaan anda mengenai apa yang anak anda sukai. Ini berlaku baik untuk website, games, maupun aplikasi apapun. Jika anda bersikap tenang namun tegas, anak anda akan merasa nyaman dan terbuka. Ingatlah bahwa apa yang menarik bagi anda dan anak anda bisa sangat berbeda. Dan, jika anda bereaksi sangat negatif dengan aplikasi atau website yang tidak anda anggap aman, mereka akan lebih memilih untuk menyembunyikannya. Setelah anda mendapat kepercayaan anak anda, akan sangat mudah mengajaknya berdiskusi kemudian.

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klik www.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

2. KENALKAN DENGAN KONSEKUENSI MENGAKSES INTENET

Internet memang memberikan banyak keuntungan. Namun, dunia maya ini juga memiliki celah yang bisa membahayakan keselamatan anak anda. Ketahuilah bahwa riset yang dilakukan Departemen Kehakiman AS menemukan bahwa 70% anak mengalami kejadian tidak menyenangkan melalui internet yang diakses di rumah. 25% diantaranya bahkan mengalami pelecehan seksual tanpa diketahui orangtuanya. Selain itu, internet juga membuka akses cyber bullying, terbukanya materi-materi yang tidak layak dilihat anak, hingga kekerasan seksual. Membicarakan konsekuensi-konsekuensi ini kepada anak akan membuat mereka menyadari bahwa hal-hal tersebut memang nyata. Berikan juga contoh-contoh yang terjadi di sekitar anda atau diskusikan yang anda lihat di berita. Ajari bahwa ini bisa terjadi pada siapapun yang tidak waspada.

3. AJARI DENGAN KONSEP ORANG ASING DI DUNIA MAYA

Mungkin anda pernah mengajari anak-anak mengenai konsep ini. Tapi, konsep orang asing di internet sangat berbeda dengan dunia nyata. Di internet, siapapun bisa menjadi apapun, dengan memalsukan identitasnya. Mereka bisa menampilkan diri sebagai malaikat sampai idola anak. Dengan identitas tersebut, mereka akan mencoba meyakinkan si anak bahwa ia bukan orang asing. Berbekal hal itu, ia bisa mendapatkan apapun dari mulai informasi hingga si anak itu sendiri. Hal inilah yang harus diajarkan kepada anak. Mulailah memberikan pengertian untuk sangat berhati-hati dalam membagi informasi penting melalui internet.

4. GUNAKAN KOMPUTER ATAU GADGET DI RUANG KELUARGA

Menggunakan komputer atau gadget di ruangan yang sering dilalui atau ditempati akan membuatnya lebih aman untuk diakses. Anak-anak pun dapat lebih terkontrol dalam hal durasi pemakaian dan apa saja yang dilakukannya. Selain memasang pengaman teknis seperti filter internet, pengawasan dari orang tua adalah yang terbaik. Biasakan pula untuk bertanya dan berdiskusi mengenai kegiatan yang ia lakukan di depan komputer.

5. PAHAMI TEKNOLOGI DAN INTERNET

Pelajari segala hal yang berhubungan dengan internet, dari mulai penggunaan email, password, aplikasi hingga kode chatting yang sering digunakan anak jaman sekarang. Meskipun anak anda sangat canggih dalam urusan teknologi, mereka tetap membutuhkan bantuan anda untuk mengaksesnya dengan aman. Maka, jangan pernah berasumsi bahwa anak anda tahu lebih banyak dari anda. Karena, seperti halnya melindungi mereka di dunia nyata, anda juga perlu melakukannya di dunia maya.

6. BERDISKUSI MENGENAI CARA MENGAKSES INTERNET DENGAN AMAN

Sekali lagi, anak anda memerlukan perlindungan anda. Inilah yang harus selalu anda tekankan sebelum membiarkannya mengakses internet. Jika perlu, ajari dia cara mengamankan diri dengan sangat teknis. Contohnya, perbolehkan ia untuk langsung menutup laptop jika tiba-tiba keluar gambar yang tidak layak dilihat. Atau, ia bisa memutuskan sambungan pesan instan dan memblokir jika lawan bicaranya meminta ia berpose untuknya. Tekankan bahwa hal tersebut bukan salah mereka. Yang harus anda fokuskan adalah cara anak anda mengatasi situasi yang berbahaya.

7. TEGAKKAN ATURAN DALAM MENGAKSES INTERNET ATAU MENGGUNAKAN GADGET

Sama seperti bermain di dunia nyata, dunia maya pun perlu aturan untuk menjaga anak anda tetap aman. Aturan-aturan tersebut dapat berupa durasi penggunaan komputer atau gadget, kapan dan dimana mengaksesnya, hingga perjanjian untuk tidak membuka identitas diri kepada siapapun, tidak berkomunikasi dengan orang yang dianggap tidak nyaman, dan menghormati pengguna dunia maya yang lain. Diskusikan pula konsekuensi yang diambil jika mereka melanggarnya.

8. BUATLAH DAFTAR APLIKASI ATAU WEBSITE YANG ANDA SETUJUI

Pastikan anda selalu menjaga komunikasi mengenai penggunaan dunia maya. Dengan melakukan hal ini, anak anda akan terbiasa berbicara secara terbuka mengenai website apa yang akan ia kunjungi atau aplikasi yang ingin ia unduh. Selain itu, buat pula daftar website atau aplikasi yang aman untuk ia gunakan dan jelaskan alasannya. Ingat, keterbukaan sangatlah penting untuk mendapatkan informasi yang cukup dari anak anda.

9. PERIKSA SEGALA AKTIFITASNYA

Razia memang terdengar kuno, tapi cukup ampuh untuk mengetahui apa yang anak anda sembunyikan. Katakan kepada anak anda bahwa anda melakukannya karena memang tidak ada privasi dengan penggunaan internet. Namun, jangan gunakan ini sebagai ancaman. Pelajari cara menjelajah komputer atau gadget anda karena bisa saja anak anda menyembunyikannya dengan baik. Teruslah mengkinikan kemampuan dan pengetahuan anda sambil melakukan hal kuno ini secara berkala. (sayangianak)


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.