Inilah Keterampilan Hidup Yang Perlu Anak Tahu Sebelum Menginjak Usia 10 Tahun

Yuk bagikan infonya...

Inilah Keterampilan Hidup Yang Perlu Anak Tahu Sebelum Menginjak Usia 10 Tahun

Saat ini kemampuan teknologi memanglah sangat diperlukan oleh anak-anak kita. Namun meski pun demikian, sebagai orang tua jangan sampai lupa jika anak juga sangat perlu untuk diajarkan keterampilan hidup lain sebelum mereka menginjak usia 10 tahun. Lalu keterampilan apa saja yang pantas untuk dibekalkan untuk mereka? Dalam artikel ini penulis akan mencoba untuk menjelaskannya.

KETERAMPILAN HIDUP YANG HARUS DIBERIKAN KEPADA ANAK SELAIN TEKNOLOGI

Sebagiaian orang tua pasti tidak ingin mengajarkan anak-anak mencuci pakaiannya sendiri diusia dini. Mereka berdalih karena kasihan sebab masih kecil dan masa bermain. Padahal hal tersebut amatlah penting bagi anak anda, sebab ketika dia dewasa ketika dia hidup diperantauan akan hidup mandiri. Oleh karena itulah, kemampuan mencuci ini harus dimiliki ketika dia hidup menjadi anak rantau.

Anda sebagai orang tua bisa mengajarkan pada anak bagaimana mencuci baju yang baik dan benar, menjemur baju dan menyeterikanya sendiri.

1. Ajarkan untuk mengobati lukanya sendiri.

Biasanya ketika anak kecil terjatuh akan merasa heboh dan menangis keras-keras. Ujungnya akan meminta orang tuanya untuk mengobati lukanya tersebut. Supaya anak anda tidak selalu begitu ketika terjatuh, maka anda sebagai orang tua wajib untuk mengajarkan kepada anak anda mengobati luka sejak dini. Ajarkan hal tersebut sebelum berusia 10 tahun supaya paham dan mengerti.

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klik www.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

2. Ajarkan anak untuk membersihkan kamar mandi.

Sebaiknya anda sebagai orang tua harus selalu menanamkan hidup bersih pada anak. Sebagai contoh saja, anda harus mengajarkan anak untuk membersihkan kamar mandi. Meski pun ketika masih kecil hasilnya masih tak karu-karuan, tetapi anda perlu berikan apresiasi sebagai wujud dia telah membantu kinerja ibunya.

3. Ajarkan menulis surat.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang ini banyak anak yang menggunakan alat komunikasinya dengan teknologi, termasuk memakai social media. Sebuah penelitian ABG teknologi telah membuktikan jika 50 anak berusia enam tahun sampai Sembilan tahun lebih sering berkomunikasi dengan temannya secara online. Pada dasarnya memang tidak ada yang salah sih dengan hal tersebut, tetapi kondisi tersebut    sering membuat anak lupa bahkan tidak paham bagaimana cara menuliskan surat yang baik dan benar. Hasilnya mereka tidak mampu memahami kaidah berbahasa yang baik dan benar. Oleh karena itulah, sebagai orang tua wajib untuk memperkenalkan cara menulis surat dan memahami kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4. Ajarkan anak untuk bergaul.

Terkadang anak akan mengalami yang namanya sulit bergaul. Hal itu karena anak tersebut sering sibuk sendiri dengan aktifitas yang lain, seperti misalnya bermain game online, bermain gadget, dan terlalu asik dengan kegiatan-kegiatan social media lainnya. Anda sebaiknya sebagai orang tua mengajarkan anak untuk bergaul dengan kawan-kawan yang lain supaya ketika anak anda kelak hidup dalam perantauan bisa memiliki teman yang banyak.

5. Menyiapkan makan sendiri.

Anda sebagai orang tua harus berusaha untuk mengajarkan kepada anak anda tentang menyiapkan bekal atau makan sendiri. Hal itu harus diajarkan sedini mungkin supaya dia terbiasa. Anda bisa memulai hal yang kecil terlebih dahulu seperti mengolesi roti dengan susu, memotong roti, menggoreng telur dan memasukan bekal ke dalam wadah. Dengan begitu anak akan dapat memahami dengan sendirinya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa orang tua wajib mengajarkan keterampilan hidup sejak dini. Sebab itu sangatlah penting bagi kehidupan si kecil kelak.

Demikianlah pembahasan tentang keterampilan hidup yang patut anak tahu sebelum usia 10 tahun. Semoga dapat bermanfaat. (sayangianak)

Baca juga :

40 Cara Menjadi orang Tua yang Bijaksana (bagian 1)  

10 Artikel Parenting Pilihan


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Formasi CPNS Lulusan SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.