Sempurnanya Kebaikan Alloh

Yuk bagikan infonya...

islamic-motives-corporate-art-task-force-copy

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang tiada tuhan selain Dia. Tiada yang patut untuk disembah dan dijadikan sandaran pertolongan selain Dia. Dialah Alloh, Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang menciptakan langit, bumi dengan segala apa yang ada di antara keduanya. Tiada yang sia-sia dari segala ciptaan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita mendambakan bisa menjadi orang baik. Bukan karena ingin mendapat pujian orang lain, bukan karena ingin dipandang oleh orang lain sebagai orang baik. Kita ingin menjadi orang baik karena Alloh Maha Baik, Ath Thoyyib, menyukai kebaikan dan mencintai hamba-hamba-Nya yang berbuat baik.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairoh, semoga Alloh ridho kepadanya, Rosululloh Saw. bersabda,  “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Alloh adalah baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Alloh memerintahkan kepada kaum mukminin sebagaimana perintah kepada para rosul, “Wahai sekalian rosul, makanlah yang baik-baik dan beramal sholehlah, sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.” (QS. Al Mu’minun [23]:51)

Dan Alloh Ta’ala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari rezeki yang Kami berikan kepada kalian.” (QS. Al Baqoroh [2] : 172)

Abu Hurairoh melanjutkan, “Kemudian Nabi menceritakan keadaan seseorang yang melakukan perjalanan panjang, rambutnya kusut, wajahnya berdoa, menengadahkan tangan ke langit dan berkata, “Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku..” Sedangkan makananya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, diberi asupan gizi dari yang haram, maka bagaimana bisa diterima doanya?!” (HR. Muslim)

Jadi, kita harus mencari kedudukan di sisi Alloh dengan amal kebaikan sesuai yang Alloh perintahkan. Alloh adalah Ath Thoyyib, Dzat Yang Maha Baik. Thoyyib itu sendiri artinya bersih dari kekotoran dan jauh dari hal-hal yang kotor. Alloh Swt, benar-benar Maha Baik.  Tidak ada perbuatan Alloh yang jelek. Setiap hukumnya adalah baik. Setiap perintah-Nya adalah baik. Setiap larangannya adalah baik. Bahkan ancaman-Nya pun sesungguhnya untuk kebaikan, seperti Alloh menciptakan neraka, itu adalah untuk kebaikan kita.

Alloh menciptakan makhluk-Nya juga secara baik. Dalam sebaik-baik bentuk menurut Alloh Swt. Kalaupun ada yang terlahir tidak memiliki organ tubuh secara lengkap, ada yang tidak memiliki kaki, atau tidak memiliki tangan, atau tidak memiliki salah satu organ lainnya, sesungguhnya ini sudah sebaik-baik bentuk menurut ilmu Alloh Swt. Dan perencanaan Alloh adalah Maha Sempurna dan balasan-Nya pun sempurna.

Tidak ada yang buruk dari Alloh, dilihat dari sisi manapun. Kalaupun kita merasa ada yang buruk, maka pasti keburukan itu pasti datang dari kita. Bisa karena buruk penyikapan kita, atau buruk persangkaan kita, buruk hati kita, atau buruk pikiran kita. Jadi kalau ada sesuatu hal yang membuat kita menderita, pasti karena diri kita sendiri yang buruk.

Maka saudaraku, marilah kita senantiasa terus memperbaiki diri kita. Perbaiki kondisi hati, pikiran, tutur kata, perbuatan dan ibadah kita kepada Alloh Swt. InsyaaAlloh kebaikan Alloh akan sangat kita rasakan, bagaimanapun keadaan kita. Wallohua’lam bishowab. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Formasi CPNS Lulusan SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.