Mutiara Hadits : Hak-hak Sesama yang Harus Dijaga

islamic-background18

Dari Ibnu Abbas semoga Allah meridhai keduanya, dari Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau berkata: “Bukan termasuk dari kami orang yang tidak menghormati yang lebih tua dan tidak menyayangi yang lebih kecil serta orang yang tidak memerintah pada kebaikan dan mencegah perbuatan munkar”. HR Ahmad, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban dalam shahihnya.

  • Yang dimaksud dengan sabdanya: ‘Bukan termasuk dari kami’, adalah bukan termasuk orang yang mengikuti jalan kami secara sempurna.
  • Maksud dari perkataanya: ‘Orang yang tidak menghormati orang yang lebih tua’, yaitu tidak menunaikan haknya dengan memuliakan dan menghormati mereka.
  • Arti dari sabdanya: ‘Tidak menyayangi yang lebih kecil’, ialah berlaku lemah lembut kepada yang lebih kecil yaitu dengan membimbing dan mengajarinya, karena menghormati orang yang lebih besar, dan menyayangi orang yang lebih kecil, kemudian memerintahkan pada suatu kebaikan serta mencegah dari kejelekan termasuk sunnah para Nabi dan Rasul, sehingga barangsiapa yang enggan mengikuti petunjuk mereka maka mereka di katakan tidak termasuk meniti jalan para Nabi dan Rasul secara sempurna. Dan di dalam hadits ini menunjukkan atas keutamaan orang yang berbudi pekerti yang luhur seperti berakhlak yang mulia dan agung, serta adanya ancaman bagi yang berpaling dari itu semuanya.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi

Cendana Prime Bintaro Rumah Mewah Harga Murah
Hello. Add your message here.