Mutiara Hadits : Anjuran Berba’iat kepada Rasulallah SAW

islamic-background2

Dari Ubadah bin Shamit semoga Allah meridhainya, dia berkata: “Dulu kami berba’iat kepada Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam untuk selalu patuh, dalam keadaan duka maupun suka, dalam keadaan lapang maupun sempit, untuk saling mendahulukan diantara kami, untuk tidak membrontak pada pemimpin kecuali telah jelas dan nampak bahwa dia melakukan kekufuran yang nyata yang mana kamu memiliki bukti dihadapan Allah, dan agar kami selalu berkata dengan benar dimana pun kami berada, dan agar kami tidak merasa takut kepada celaan orang yang mencela karena menegakkan agama Allah”. HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

  • Al-Usr maksudnya adalah dalam keadaan kesusahan, fakir miskin.
  • Al-Yusr artinya adalah dalam keadaan suka cita, gembira.
  • Al-Mansyath artinya kesukaan hati untuk beramal.
  • Al-Makrah artinya benci adapun maksudnya adalah ketika jiwa sedang benci akan tetapi dipaksa untuk melakukannya.
  • Saling mendahulukan maksudnya Yaitu lebih mendahulukan kebutuhan saudara yang lain dari pada dirinya sendiri sebagaimana yang di gambarkan Allah dalam firmanNya: “Dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin), atas diri mereka sendiri, Sekalipun mereka dalam kesusahan“. (QS al-Hasyr: 9).
  • Mencabut ketaatan artinya saling menarik, dan saling membantah sedangkan yang di maksud adalah berpaling dari pemerintah dan berusaha menggulingkan kepemimpinannya.
  • Celaan orang yang mencela maksudnya yaitu orang yang perpaling, suka mengkritik, dan suka mencela.
  • Didalam hadits ini menunjukkan atas di syari’atkannya membai’at atau berjanji setia kepada seorang pemimpin muslim, yaitu dengan memenuhi janji kepada mereka dengan ta’at dan menyerahkan urusan kepadanya, selama hal itu bukan perbuatan kekufuran yang keluar dari agama. Dan di dalam hadits ini juga menunjukkan anjuran selalu memaafkan pada sisi-sisi yang ada pada pemerintah dengan menasehati mereka dan juga selain mereka, dan selalu mengarahkan di setiap waktu dan tempat.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.